5 Manfaat Kulit Pisang

By Categories : Kecantikan

Manfaat kulit pisang masih sedikit orang yang mengetahuinya. Buah pisang biasa dikenal sebagai buah pencuci mulut yang sangat digemari oleh semua penikmatnya. Buah ini sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan karena mengandung banyak serat. Buah pisang mengandung banyak nutrisi, di antaranya adalah kalium, kalsium, karbohidrat, vitamin C, vitamin B6, mineral dan kalori.

Selain memiliki daging buah yang nikmat, kulit buah pisang ternyata sangat bermanfaat untuk kecantikan. Sama seperti daging buahnya, kulit pisang juga kaya akan vitamin, serat dan mineral. Selain itu, kulit pisang juga memiliki sifat anti jamur, menghasilkan antibiotik dan memiliki zat pemutih alami.

Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan

Ada banyak sekali manfaat buah pisang untuk perawatan kecantikan. Selain mudah untuk membuatnya, merawat bagian tubuh terutama wajah menggunakan kulit pisang juga aman dan tidak menimbulkan efek samping. Tak heran bahan alami tersebut lebih banyak dipilih selain karena aman juga harganya cukup terjangkau. Berikut beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui dari kulit buah pisang.

Mengobati Jerawat

Manfaat pertama yang perlu Anda ketahui adalah kulit pusang baik untuk mengobati jerawat. Kulit pisang yang mengandung antioksidan sangat ampuh dalam mengatasi jerawat. Ini karena kulit pisang mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin B6, zat besi, magnesium. Kandungan antijamur pada kulit pusang sangat ampuh untuk mengatasi minyak berlebih, mengatasi iritasi dan rasa gatal yang ditimbulakn karena jerawat.

Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada kulit yang berjerawat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk menghilangkan jerawat  di wajah anda dan sebaiknya perawatan ini dilakukan pada malam hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Masker Wajah Alami

Manfaat kulit pisang selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai masker wajah alami. Seperti yang anda ketahui, kulit pisang mengandung antioksidan dan zat pemutih. Jika anda menginginkan kulit cerah dan bebas dari jerawat Anda bisa melakukan perawatan dari masker kulit pisang. Berikut adalah caranya oleskan kulit pisang bagian dalam pada wajah hingga serat-seratnya menempel pada wajah biarkan semalaman kemudian pada esok hari bilas dengan air hangat.

Memutikan Gigi

Selain wajah, gigi juga perlu mendapatkan perawatan. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi. Cobalah untuk menggunakan kulit pisang sebagai alternatif. Kulit pisang mengandung mangan, magnesium, dan potassium yang baik untuk memutihkan lapisan email pada gigi. Caranya sangat mudah yaitu gosokkan kulit pisang bagian dalam seperti hal nya Anda menggosok gigi. Lakukan gerakan melingkar selama 2 menit, setelah itu Anda berkumur dan lanjutan mengsosok gigi seperti biasa. Anda dapat melakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan gigi yang lebih putih.

Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka yang ada ditubuh Anda misalnya kaki atau lengan pastinya akan mengurangi rasa percaya diri dan dapat merusak penampilan. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menempelkan atau menggosokkan kulit pisang pada bekas luka yang Anda miliki secara teratur.

Mengobati Rasa Gatal Akibat Serangga

Rasa gatal setelah digigit serangga akan menjadi hal yang tidak nyaman. Selain gatal kulit juga akan berubah warna menjadi kemerahan. Jika Anda tak mau hal ini terjadi manfaatkan kulit pisang untuk mengobati rasa gatal dengan cara mengoleskan kulit pisang bagian dalam ke area kulit yang terkena serangga.

UV Protection

Manfaat kulit pisang selanjutnya adalah sebagai UV protection. Kulit pisang mengandung zat yang dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet. Caranya adalah menggosokkan kulit pisang pada area kelopak mata. Namun sebelum melakukannya, jemur kulit pisang terlebih dahulu beberapa saat. Selain itu, penggunaan kulit pisang secara teratur juga terbukti ampuh dapat menurunkan risiko katarak.

Pencegahan Memar dan Iritasi Kulit

Kulit pisang mengandung mineral dan antioksidan alami yang baik untuk meremajakan kulit. Selain itu, kulit pisang juga baik untuk mengatasi iritasi atau menghilangkan memar pada kulit bagian luar. Caranya adalah dengan menempelkan kulit buah pisang di area kulit yang terluka lalu biarkan hingga semalaman. Di pagi harinya Anda bilas menggunakan air hingga bersih.

Mengobati Kutil

Kutil merupakan daging tumbuh seperti halnya jerawat dan dapat menjadi besar. Meski tidak terlalu berbahaya, jika dibiarkan maka sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat menggunakan kulit buah pisang. Caranya juga cukup mudah, ambil buah pisang lalu potong sesuai ukuran kutil. Setalah itu, Anda tempelkan pada bagian tersebut menjelang tidur sambil menggosoknya selama beberapa menit. Agar hasilnya lebih maksimal maka Anda dapat melakukannya setiap hari selama 2 minggu.

baca juga : manfaat bawang putih untuk kecantikan dan jerawat

Itulah beberapa manfaat kulit pisang yang wajib Anda ketahui. Selain untuk kecantikan kulit buah pisang juga bermanfaat untuk kesehatan.

Tags:gambar kulit pisang, kulit pisang, cara menghilangkan bekas luka dengan kulit pisang, manfaat kulit pisang untuk bekas luka, menghilangkan jamur kulit dengan kulit pisang, manfaat kulit pisang untuk menghilangkan bekas luka, manfaat kulit pisang untuk luka, manfaat kulit pisang untuk kulit kaki, kulit pusang mengandung com, kulit pisang menghilangkan bekas luka, kulit pisang apa yang bisa hilangin bekas luka, kandungan kulit pisang untuk memghilangkan bekas luka, cara menghilangkan bekas luka dengan pisang, cara membersihkan bekas luka dengan kulit pisabg, apakah kulit pisang dapat menghilangkan bekas luka