5 Manfaat Udang bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Udang merupakan hewan laut yang sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Udang diolah menjadi aneka ragam olahan sea food atau makanan laut. Rasanya yang khas menjadi ciri dari hewan yang juga hidup di air tawar. Udang tidak hanya lezat ketika dikonsumsi, tetapi juga memiliki banyak nutrisi bagi kesehatan tubuh. Bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, sebaiknya jangan terlalu banyak dan sering mengonsumsi udang.

Manfaat Udang bagi Kesehatan

Ini dikarenakan berdasarkan penelitian yang ada bahwa hasil laut yang satu ini memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Contoh macam olahan dari udang yang menjadi daya tarik orang di antaranya seperti udang bakar saus pedas manis, udang saus asam manis, udang bakar saus madu, dan banyak lagi. Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat udang bagi kesehatan, simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut 5 Manfaat udang bagi Kesehatan

Mengurangi Resiko Kurang Darah (Anemia)

Udang mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu vitamin yang terkandung dalam udang yaitu vitamin B. Tidak hanya vitamin B saja tetapi terpecah menjadi beberapa bagian vitamin B seperti vitamin B6, B12, Niasin, Kolin, dan juga asam pantotenis. Salah satu kegunaan dari vitamin-vitamin B ini adalah untuk mencegah dan mengurangi resiko anemia atau kekurangan darah. Oleh sebab itu mengonsumsi udang bagi seseorang yang tidak alergi baik untuk mencegah anemia.

Membantu Memperkuat Tulang

Mengonsumsi udang menjadi jalan untuk memperkuat dan membuat kesehatan tulang terjaga. Hasil laut yang kaya akan manfaat ini mengandung senyawa seperti fosfor, dalam dunia medis zat fosfor berfungsi untuk membantu proses pembentukan tulang. Selain membantu pembentukan tulang, fosfor juga berperan aktif dalam membantu agar gigi tetap kuat. Dengan begitu pencegahan pengeroposan tulang bisa dicegah ketika usia muda dengan mengonsumsi makanan sehat termasuk udang serta menghindari minum-minuman beralkohol dan bersoda.

Mampu Melindungi Kulit dari Proses Penuaan Dini

Setiap orang tentu tidak ingin mengalami penuaan dini pada kulit. Terdapat banyak cara yang bisa mencegah resiko dari penuaan dini salah satunya adalah mengonsumsi udang. Udang mengandung senyawa karotenoid yang disebut dengan astaxanthin yang berfungsi untuk melindungi kulit dari proses penuaan dini.

Sebagai Sumber Omega 3

Manfaat udang bagi kesehatan yang selanjutnya adalah sebagai sumber omega 3. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa dalam 4 ons udang terdapat kandungan sekitar 50% EPA dan juga terkandung DHA dengan persentase 50% juga. EPA dan DHA merupakan jenis anggota dari omega 3 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung serta menjaga sistem kerja saraf agar tetap sehat.

Sebagai Pencegah Penyakit Kanker pada Tubuh

Penyakit kanker dapat dicegah dengan berbagai cara seperti menghindari asap rokok, mengonsumsi makanan sehat, menghindari minuman beralkohol, dan banyak lagi. Namun perlu Anda ketahui jika mengonsumsi udang juga membantu pencegahan kanker. Ini dikarenakan udang mengandung mineral selenium yang merupakan zat untuk pencegah penyakit kanker.

Nah itulah tadi 5 manfaat udang bagi kesehatan yang  harus Anda ketahui. Baca juga Manfaat cokelat hitam untuk kesehatan.

Tags:manfaat udang untuk wanita