8 Tips Memilih Makanan Sehat Dan Bergizi Untuk Tubuh

By Categories : Kesehatan

Makanan adalah salah satu sumber yang harus dipenuhi dalam tubuh. Jika asupan makanan yang kita makan kurang bergizi maka tubuh akan mudah sakit dan kesehatan akan sering terganggu. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh, maka kita harus memilih makanan sehat dan bergizi untuk dikonsumsi. Ada banyak sekali tips memilih makanan sehat dan bergizi yang bisa kita makan. Namun sebaiknya makanan sehat dan bergizi yang wajib kita makan adalah makanan yang akan memberikan energi untuk tubuh. Makanan sehat dan bergizi memiliki kandungan nutrisi lengkap didalamnya, baik dalam bentuk serat, mineral, vitamin, dan yang lainnya. Nah untuk menemukan bahan makanan sehat dan bergizi yang baik untuk tubuh, berikut akan diberikan beberapa tips dalam memilihnya.

Tips Memilih Makanan Sehat

Cara Memilih Makanan Sehat Dan Bergizi Untuk Tubuh

Tubuh yang sehat pasti akan bisa melakukan semua aktivitas dengan lancar. Kesehatan tubuh ini tentu tidak akan jauh dengan asupan makanan yang dimakannya. Dengan mengambil beberapa tips memilih makanan sehat dan bergizi sebagai cara untuk melakukannya, maka Anda akan bisa melakukannya dengan mudah. Di dalam tubuh yang sehat pasti memiliki kandungan nutrisi yang cukup di dalamnya. Dan untuk memilih jenis makanan sehat dan bergizi, Anda bisa memilihnya dari sayur, buah atau kacang-kacangan.

Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai tips dalam memilih makanan sehat dan bergizi untuk tubuh, berikut akan diberikan langkah memilihnya yaitu di antaranya.

  1. Jika menyukai makanan sejenis kemasan, seperti makanan cemilan, minuman yang berkaleng atau jajanan aneka snack yang dijual di pasaran. Maka sebelum membeli pastikan bahwa Anda sudah melihat tanggal dari kadaluarsa yang ada dibalik kemasan makanan dan minuman yang dipilih tersebut. Karena jika makanan semacam ini sudah kadaluarsa dan terlebih juga banyak mengandung bakteri maka akan dapat memicu terjadinya penyakit didalam tubuh Anda.
  2. Menghindari jajanan pasar yang berwarna mencolok, baik itu menggunakan pewarna berbahaya atau campurannya. Dan akan lebih baik jika kita konsumsi jenis makanan yang tidak berwarna atau berbahan pengawet.
  3. Untuk konsumsi makanan dari sayuran dan buah, tips memilih makanan sehat dan bergizi dari jenis tersebut adalah pilihlah yang terbuat dari bahan organik. Karena jenis makanan organik ini akan lebih sehat, dan tentunya tidak akan mengandung bahan kimia seperti bahan pestisida yang mampu merusak sel-sel didalam tubuh jika makanan tersebut dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan yang akan kita makan. Jika dilihat memang jenis makanan organik akan lebih mahal, akan tetapi tidak ada salahnya jika untuk digunakan sebagai investasi kesehatan
  4. Dan jika harga dari bahan makanan yang organik tidak terjangkau dengan Anda, maka sah-sah saja jika Anda memilih untuk mengkonsumsi makanan berbahan non-organik. Akan tetapi minimal untuk memilihnya, makanan yang mengandung kadar pestisidanya lebih maka bisa Anda gunakan cara mencuci sayuran dan buah di bawah air yang mengalir, dan dikupas kulit dari buah-buahannya sebelum Anda memakannya.
  5. Memilih jenis bahan makanan dari lokal ketimbang dengan makanan impor, maka itu adalah tips memilih makanan sehat yang tepat. Karena jika makanan impor yang telah dikirim dari jarak yang sangat jauh pastinya memiliki kadar kandungan O2 yang jauh lebih sedikit, dan pastinya itu juga dilakukan penyuntikan dengan menggunakan bahan kimia supaya makanan lebih tahan lama. Dan pastinya makanan impor tersebut tidak sehat untuk tubuh
  6. Jika menyukai bahan makanan dari daging sapi atau daging ayam, Anda harus bisa memasak hingga matang. Karena jika daging sapi/ ayam masih setengah matang maka daging akan mengandung parasit toksoplasmosis, lalu bakteri salmonella atau sejenis mikroba lainnya yang mampu menyebabkan terjadinya berbagai masalah dari kesehatan, terutama pada pencernaan dan berakibat diare dan keracunan
  7. Kurangi jenis makanan olahan dari bahan daging, seperti sosis, daging asap, dan nugget. Senyawa nitrat yang didalamnya ini digunakan sebagai bahan pengawet produk ini, dan jika digunakan dengan jumlah yang berlebihan maka akan berubah menjadi senyawa kimia lain, yang mampu masuk dan mengganggu kelancaran dari aliran darah didalam tubuh
  8. Pilihlah jenis makanan yang memiliki mengandung banyak akan vitamin dan mineral jika dibandingkan dengan bahan makanan yang mengandung gula dan lemak yang jahat. Karena kedua sumber nutrisi ini yaitu vitamin dan mineral merupakan zat yang memang berperan aktif dalam meningkatkan pertumbuhan akan sel dan jaringan, serta mampu digunakan untuk mempertahankan imun didalam tubuh

Nah dengan mengikuti beberapa tips memilih makanan sehat dan bergizi di atas, pastinya tubuh Anda akan memiliki kekebalan dan terhindari dari berbagai macam penyakit. Namun selain jenis makanan di atas, Anda juga harus menyeimbangi dengan memperbanyak minum air putih, olah raga dan melakukan rileksasi supaya pikiran dan jiwa Anda menjadi tenang dan nyaman.

Description: Tips memilih makanan sehat dan bergizi Anda bisa melakukan beberapa langkah termudah dengan cara melakukan 8 langkah di atas untuk memilih bahan makanan yang sehat. Baca juga artikel mengenai Makanan yang perlu dihindari untuk menjaga kesehatan.

loading...
Tags:cara makan makanan yang bergizi, bagaimana cara memilih makanan dan minuman yang sehat, bahan makanan