Akibat Kekurangan Vitamin C Dalam Tubuh

By Categories : Kesehatan

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah segala penyakit menyerang tubuh. Pada umumnya setiap orang menganggap bahwa kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sariawan dan bibir pecah-pecah. Namun tak hanya itu saja, menurut penelitian para ahli kekurangan vitamin dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah neurologis, fisiologis dan juga psikologis.

Tak hanya itu saja, para ahli juga menyatakan bahwa para perokok dan pecandu alkohol kehilangan 25% vitamin C dalam darah dibandingkan seseorang yang tidak merokok. Secara teoritis, tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 1.000 mg dalam setiap harinya. Oleh karena itu pastikan Anda memenuhi vitamin C agar terhindari dari beberapa penyakit. Tahukah Anda apa saja akibat kurang vitamin C dalam tubuh selain sariawan? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Kekurangan Vitamin C

Akibat Kekurangan Vitamin C yang Perlu Anda Tahu

Mudah Sakit

Seperti yang Anda ketahui salah satu kegunaan dari vitamin C adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, jika tubuh kurang asupan vitamin C ini akan menurunkan sistem imun tubuh sehingga tubuh akan lebih rentan terhadap penyakit, seperti batu dan flu, semam, meriang, infeksi pada organ tubuh, pusing, serta penyakit lainnya. Selain itu, seseorang yang kurang asupan vitamin C juga dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

Kulit Mudah Memar

Akibat yang kedua adalah kulit mudah memar. Biasanya seseorang yang hanya mengalami luka ringan namun penyembuhannya sangat lama, ini dapat diindikasikan bahwa seseorang tersebut menderita kurang vitamin C dalam tubuhnya.

Nyeri Sendi

Nyeri pada tungkai atau nyeri pada sendi merupakan hal biasa yang sering dialami oleh seseorang yang sering melakukan kerja berat. Jika tubuh dalam keadaan normal tentunya hal ini akan segera sembuh. Namun bagaimana jika tubuh sedang kurang vitamin C? Hal ini akan menyebabkan nyeri pada sendi yang sangat kronis dan menyakitkan.

Anemia

Anemia adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Sehingga ini akan membuat tubuh penderita sering mengalami mudah lelah, capek, pucat bahkan pingsan. Selain itu, anemia juga dapat disebabkan karena kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh.

Pendarahan Pada Gusi dan Juga Luka

Akibat yang selanjutnya adalah kekurangan vitamin C dapat menyebabkan pendarahan hebat pada luka atau pun gusi, gingivitis serta gigi tunggal. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan kolagen yang diperlukan untuk membangun dan merawat jaringan gusi dan gigi. Tak hanya itu, luka yang parah juga dapat menyebabkan pendarahan di dalam sendi yang dapat menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan.

Mengganggu Psikologis

Seseorang yang kurang vitamin C tentunya memiliki kondisi tubuh yang tidak baik. Sehingga hal ini menyebabkan seseorang lebih mudah mengalami perubahan suasa hati seperti mudah emosi, gampang marah dan rentan terhadap stres atau depresi.

Kulit Kering

Kulit kering dan tidak sehat juga dapat mengindikasikan bahwa tubuh sedang kurang vitamin C. Selain kering, iri jika kulit yang sedang kurang vitamin C antara lain kulit terasa kasar, bersisik, terdapat kerutan pada sela-sela jari kaki serta adanya guratan putih pada kulit ketika menggaruk kuku. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya Anda mengonsumsi makanan kaya vitamin C, menggunakan lotion yang dapat melembabkan kulit serta hindari kulit terpapar sinar matahari secara langsung.

Luka Sulit Sembuh

Akibat kurang vitamin C selanjutnya adalah menyebabkan luka sulit sembuh. Tak hanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga bermanfaat untuk membentuk kolagen. Kolagen sendiri merupakan suatu zat yang dapat membantu penyembuhan luka pada seseorang. Dan ketika tubuh kurang vitamin C, maka fungsi kolagen di dalam tubuh akan sulit terbentuk, akibatnya luka akan sulit kering dan sembuh.

Pendarahan Internal atau Haemorhages

Tak hanya pendarahan pada gusi ataupun luka, kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh juga dapat memicu pendarahan internal, salah satunya yaitu pendarahan pada bagian mata. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan mata memerah, katarak dan juga kelopak mata berdarah.

Sumber Vitamin C Terbaik

Laantas bagaimana cara memperoleh dan mencukupi asupan vitamin C dalam setiap harinya? Tak perlu repot mencari asupan vitamin C, karena Anda bisa memperolehnya dari buah-buahan seperti jeruk, kiwi, jambu, mangga, apel, pepaya, alpukat. Beberapa buah tersebut merupakan sumber terbaik vitamin C yang dapat Anda konsumsi setiap harinya. Selain itu, mengonsumsi sayur serta suplemen yang kaya vitamin C juga dapat membantu Anda untuk memenuhi asupan vitamin C per harinya.

Nah itulah beberapa akibat kekurangan vitamin C dalam tubuh. Baca juga artikel terkait mengenai Akibat kelebihan vitamin C.

loading...
Tags:akibat kekurangàn vitamin C, kekurangan vitamin c, penyakit kekurangan vitamin c, akibat kurang vitamin c, kekurangan vitamin c mengakibatkan, orang yang kekurangan vitamin c mengganggu kesehatan pada, kurang vitamin c berakibat, kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan, kurang vitamin c, penyakit akibat kekurangan vitamin c, kekurangan vit c, penyakit kekurangan vit c, kekurangan fitamin c, penyakit kurang vitamin C, dampak kekurangan vitamin c