Akibat Kekurangan Vitamin D bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang mungkin tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, jika berbicara tentang vitamin D pastinya ini akan berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan tulang. Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, Anda juga dapat mendapatkan vitamin ini hanya dengan berjemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari yang kaya akan vitamin D adalah sinar matahari dari pukul 06.00 hingga 09.00 pagi.

 

Maka jangan heran jika para bayi akan diajak berjemur pada pagi hari. Hal ini bertujuan agar perkembangan dan pertumbuhan tulang bayi tersebut lebih baik. Sebaiknya hindarilah berjemur diatas jam 11.00 karena pada saat itu, radiasi sinar matahari sangatlah tinggi dan dapat menyebabkan kanker kulit. Sebelumnya kita sudah membahas tentang sumber dan manfaat vitamin D untuk kesehatan. Lalu apa yang terjadi saat tubuh kekurang vitamin D? Berikut penjelasannya!

kekurangan vitamin D

Osteoporosis

Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin D yang Perlu Anda Ketahui

Osteoporosis

Akibat kurang vitamin D yang pertama adalah mudah terkena osteoporosis. Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang para manula. Hal ini disebabkan karena kurangnya kepadatan serta kualitas tulang akibat kurang vitamin D. Jika hal ini tidak segera diatasi, tentunya hal ini akan menyebabkan hal yang lebih buruk lagi, seperti patah tulang.

Kanker prostat

Yang kedua adalah dapat menyebabkan kanker prostat. Pada umumnya kanker sering menyerang kaum pria. Seseorang yang kurang vitamin D dapat menyebabkan menyebabkan kanker prostat. Pernyataan ini juga dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh The National Cancer Institute yaitu seorang laki-laki memiliki resiko yang lebih besar terkena kanker prostat lima kali lebih besar apabila kurang vitamin D.

Depresi

Selanjutnya adalah dapat menyebabkan depresi. Sebuah peneltian The British Journal of Psychiatry menyatakan bahwa tubuh yang kekurangan asupan vitamin D memiliki resiko yang lebih besar terkena depresi. Hal ini dikarenakan saat kekurangan vitamin D, tubuh akan mengalami penurunan fungsi di daerah hippocampus, di mana daerah tersebut berfungsi untuk mengatur suasana hati seseorang.

Penyakit jantung

Seperti yang Anda ketahui, salah satu manfaat vitamin D adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Saat tubuh kurang vitamin D tentunya ini akan membuat kekebalan tubuh semakin menurun dan dapat menyebabkan tubuh rentan terhadap penyakit salah satunya yaitu penyakit jantung. Pernyataan ini juga dibuktikan para peneliti di American College of Cardiologi yaitu seseorang yang memiliki kadar vitamin D yang rendah dalam tubuh, dapat meningkatkan 32% terkena penyakit arteri koroner.

Kanker

Sebenarnya kurang vitamin D bukanlah suatu hal yang menyebabkan  kanker. Akan tetapi kadar vitamin D yang rendah dapat membuat pasien kanker harapan hidupnya lebih rendah. Hal ini pun sudah dijelaskan dalam penelitian dalam jurnal of Clinical Endocrinologi & Metabolism. Penderita kanker yang dapat bertahan hidup lebih lama berkat asupan vitamin D yang cukup adalah seseorang yang menderita limfoma.

Diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 yang lalu menemukan bahwa seorang anak yang mengalami obesitas memiliki kadar vitamin D  yang rendah dan hal ini akan meningkatkan risiko mengalami diabetes tipe 2 ketika dewasa. Sedangkan seorang dewasa yang memiliki kadar vitamin D yang rendah, kemungkinan besar ia akan terserang penyakit diabetes tipe 2 menjadi 57%.

Multiple Sclerosis

Akibat kekurangan vitamin D selanjutnya adalah multiple sclerosis. Penyakit ini merupakan peradangan yang terjadi pada otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit yang satu ini paling banyak menyerang seseorang yang hidup dengan sedikit terpapar sinar matahari.

Rheumatoid arthritis

Seseorang yang kurang vitamin D juga sering dikaitkan dengan rheumatoid arthritis atau yang biasa disebut dengan radang sendi. Sebuah penelitian yang dilakukan pada bulan Januari 2012 lalu menunjukkan bahwa 75 % bayi-bayi yang meninggal dunia ditemukan akibat kurang vitamin D.

Sumber vitamin D alami

Umumnya ada beberapa makanan kaya vitamin D, seperti susu, yoghurt, telur, jus buah segar, daging dan masih banyak lagi. Namun tak hanya itu saja sumber alami vitamin D juga dapat Anda temukan di sinar matahari.

Tahukah Anda bahwa sinar matahari dapat menyediakan 90 persen vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh. Ketika sinar ultraviolet menyentuh kulit, maka produksi vitamin D diaktifkan. Banyak orang yang menggunakan tabir surya ketika akan keluar rumah. Namun tahukah Anda jika hal ini dapat membuat Anda kekurangan vitamin ini.

Untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, Anda harus berjemur 10 sampai 15 menit secara teratur. Akan tetapi kemampuan tubuh dalam membuat vitamin D akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu, seseorang yang berusia lebih dari 65 tahun disarankan mengonsumsi suplemen vitamin D 10 mg dalam setiap harinya.

Nah itulah beberapa akibat kekurangan vitamin D bagi kesehatan. Selain itu, vitamin D juga dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti demensia, osteomalasia, riketsia, alzheimer, pneumonia dan lainnya.

loading...
Tags:akibat kekurangan vitamin d, kekurangan vitamin d menyebabkan penyakit, kekurangan vitamin D mudah terserang, penyakit tulang akibat kekurangan vit d