Akibat Kekurangan Vitamin K Bagi Tubuh

By Categories : Kesehatan

Vitamin merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kesehatan tubuh seseorang. Terdapat beberapa jenis vitamin diantaranya vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E dan juga vitamin K. Untuk vitamin K itu sendiri dibagi menjadi dua yaitu phylloguinone yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan menaquinone yang berasal dari produksi bakteri usus namun hanya dengan jumlah yang kecil.

Menurunkan Kepadatan Tulang

Vitamin K itu sendiri sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan protein-protein yang dapat mengendalikan pendarahan atau proses pembekuan dalam darah. Selain itu vitamin K juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan jaringan-jaringan tubuh lainnya. Adapun penyebab yang memicu terjadinya kekurangan vitamin K itu sendiri adalah karena pola makan yang kurang diperhatikan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas vitamin K banyak terdapat dalam sayuran dan daging-dagingan. Supaya tidak kekurangan asupan vitamin K, mulai dari sekarang cobalah untuk dapat memperhatikan asupan makan yang seimbang dan tentunya bergizi.

Berikut Akibat Kekurangan Asupan Vitamin K

Menurunkan Kepadatan Tulang

Akibat kekurangan asupan vitamin K yang pertama adalah menurunnya kepadatan tulang. Hal ini dikarenakan vitamin K merupakan suatu senyawa protein yang sangat berperan untuk proses penyerapan kalsium dan menetralisasi tulang sehingga kepadatan tulang pun akan terjaga. Maka dengan semakin terpenuhinya vitamin K kepadatan tulang pun akan semakin meningkat. Dan itupun sebaliknya jika kurang vitamin K, akibatnya adalah kepadatan tulang menagalami penurunan dan menyebabkan tulang keropos..

Memperburuk Kondisi Penderita Kanker

Menurut sebuah penelitian, bahwa semua jenis vitamin dapat bermanfaat untuk menekan pertumbuhan kanker dan salah satunya adalah vitamin K. Bagi seseorang yang menderita kanker sangat disarankan untuk mengonsumsi segala makanan yang memiliki kandungan vitamin K untuk menekan pertumbuhan sel kanker tersebut.

Penyakit Hemoragik pada Bayi

Akibat kekurangan vitamin K selanjutnya adalah menyebabkan penyakit hemoragik pada bayi yang baru lahir. Hal ini dikeranakan ibu bayi ketika masa kehamilan dan menyusui tidak menyukupi kebutuhan vitamin K dengan baik. Adapun penyakit hemoragik itu sendiri adalah penyakit yang ditandai dengan darah mengalami sukar untuk membeku terutama pada organ dalam bayi di antaranya pada otak hingga saluran percernaan.

Menghambat Proses Pembekuan Darah

Akiba kekurangan asupan vitamin K berikutnya adalah menghambat proses pembekuan darah. Vitamin K itu sendiri merupakan suatu zat yang mampu memodifikasi protein dalam tubuh dimana protein ini sangat membantu untuk membuat sel-sel darah saling melekat dan membeku dengan cepat. Jika mengalami kekurangan asupuan vitamin ini, maka akan menghambat terjadinya pembekuan darah.

Pendarahan Hebat saat Menstruasi

Akibat kekurangan dari asupan vitamin K selanjutnya adalah pendarahan hebat saat menstruasi. Pendarahan hebat saat menstruasi sering disebut dengan nama menorrhagia. Hal ini ditandai dengan kekurangan lebih dari 40 ml darah saat menstruasi. Umumnya ketika haid, seorang wanita tidak akan kehilangan darah lebih dari 40 ml per siklusnya. Akan tetapi ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi ini, seperti kelebihan hormon esterogen, penyakit ovarium, polop, kanker hingga akibat kurang vitamin K.

Mudah Sekali Memar

Berikutnya adalah dapat menyebabkan kulit memar. Seperti yang kita ketahui seseorang yang kurang asupan vitamin K pastinya memiliki protombin yang sedikit sekali. Sehingga ketika seseorang mengalami benturan atau goresan pada kulit, maka darah yang keluar tubuh akan sulit membeku dan pendarahan pun akan sulit untuk dihentikan.

Pendarahan

Kekurangan vitamin K juga dapat menyebabkan pendarahan. Selain mimisan, pendarahan juga terjadi pada gusi dan juga urine yang mengandung darah.

Daftar makanan sumber vitamin K terbaik

  • Sayuran

Yang pertama adalah sayuran. Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran kaya akan nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. beberapa sayuran yang mengandung vitamin K antara lain, kembang kol, bayam, selada, asparagus, brokoli, kubis, kentang dan juga sawi.

  • Buah-buahan

Selain sayuran, buah-buah merupakan salah satu makanan sumber vitamin yang baik untuk tubuh, mulai dari buah alpukat, anggur, blueberry dan juga buah kiwi. Selain kaya akan vitamin K, buah alpukat mengandung vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit, sedangkan buah kiwi, anggur dan blueberry kaya akan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah diserang penyakit.

  • Hati sapi

Sumber vitamin K lainnya adalah hati sapi. Makanan yang satu ini dapat ditemukan dimana saja baik di pasar tradisional ataupun di supermarket. Dalam 100 gram hati sapi mengandung 7 mcg vitamin K. Akan tetapi jangan terlalu sering mengonsumsi jeroan ini, karena dapat memicu asam urat.

  • Kacang polong dan kacang kedelai

Kacang polong atau kacang ercis ini mengandung vitamin K 5 mcg setiap 100 gramnya sedangkan kacang kedelai mengandung 47 mcg vitamin K per 100 gramnya.

Itulah akibat kekurangan vitamin K yang perlu Anda ketahui.

loading...
Tags:akibat kekurangan vitamin k, kekurangan vitamin k, penyakit kekurangan vitamin k, dampak kekurangan vit k, dampak kekurangan dan kelebihan vitamin k bagi tubuh, apa yg terjadi jika tubuh kekurangan vitamin K, apa akibat kekurangan vitamin k dalam tubuh manusia?, apa akibat kekurangan vitamin k dalam tubuh manusia, akibat tubuh kekurangan vitamin k, akibat kekurangan vitamin k bagi tubuh, penyebab kurang vit k