Akibat Kelebihan Mengonsumsi Vitamin C Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Vitamin C adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yang memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mengurangi resiko serangan jantung dan berbagai penyakit lainnya. Maka dari itu jika seseorang mengalami kekurangan vitamin C akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu sangat dianjurkan sekali jika seseorang dapat mengonsumsi vitamin C setiap hari. Tapi, yang harus Anda ketahui walaupun vitamin C sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik bagi kesehaan tubuh. Nah begitu juga dengan mengonsumsi vitamin C secara berlebihan.

Akibat Kelebihan Mengonsumsi Vitamin C

Kelebihan mengonsumsi vitamin C dapat menimbulkan beberapa penyakit dalam tubuh. Adapun penyakit yang dapat menyerang kesehatan seseorang yang kelebihan vitamin C adalah sebagai berikut ini!.

Akibat Kelebihan Mengonsumsi Vitamin C yang Perlu Anda Ketahui

Dampak dari kelebihan megonsumsi vitamin C adalah banyak sekali menyebabkan berbagai penyakit yang tetunya harus Anda ketahui. Biasanya secara umum bagi orang yang mungkin tidak pernah mengonsumsi vitaimin C dengan dosis yang tinggi, ketika mengonsumsi berlebihan maka tubuh akan ditandai dengan merasa pusing, muntah, perut kembung, kram usus, terdapat gangguan pencernaan seperti diare, merasa mudah lelah dan lain sebagainya. Memang dampak dari pengonsumsi vitamin C secara berlebihan sangatlah banyak. Maka untuk tidak semakin memperparah kondisi kesehatan mereka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ataupun suplemen vitamin C sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan.

Selain itu bagi seseorang yang telah memiliki riwayat masalah pada organ ginjal sangat dilarang untuk mengonsumsi vitamin C secara berlebihan karena dapat memberatkan kinerja ginjal. Jika urin semakin banyak mengandung viamin C dan dikeluarkan secara terus-menerus akan meningkatkan terbentuknya batu ginjal yang akan semakin memperparah kondisi penyakit ginjal sebelumnya.

Kelebihan vitamin C juga bisa menyebabkan insomnia (sulit tidur). Apalagi bagi seseorang yang sedang dalam kondisi hamil sangat dilarang sekali untuk mengonsumsi vitamin C secara berlebihan, karena dapat memicu terjadinya keguguran yang disebabkan oleh tekanan progesteron. Namun berbanding sebaliknya dengan seseorang yang memiliki penyakit kelebihan zat besi, dimana kondisi tersebut justru sangat dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C sebanyak-banyaknya karena dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh dengan cepat.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai akibat dari kelebihan vitamin C. Untuk cara mengatasi kelebihan vitamin C adalah dengan banyak mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Selain itu juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengadung air seperti melon, semangka dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga artikel menarik lainnya Buah yang mengandung vitamin E.