Akibat Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Air memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Air adalah zat gizi yang berperan sebagai pengatur suhu tubuh, katalisator, penyedia elektrolit  dalam tubuh dan juga sebagai pelarut. Selain itu, air juga berfungsi untuk mengeluarkan racun tubuh lewat keringat dan urine, membantu pencernaan agar lebih lancar dan menjaga kesegaran tubuh.

mengapa-banyak-minum-air-putih-dianjurkan-saat-diet

Setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda. Meskipun begitu, orang dewasa diharuskan untuk minum air putih 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter sehari. Kekurangan asupan air dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan salah satunya yaitu sakit ginjal. Namun tak hanya itu, masih ada banyak masalah kesehatan yang bisa Anda alami karena kurang minum air.

Berikut adalah Akibat Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan.

Mengganggu fungsi ginjal

Kurang minum air putih dapat mengganggu fungsi ginjal pada tubuh Anda. Fungsi air putih pada ginjal adalah mencegah pembentukan batu ginjal dan membuat batu ginjal mudah luruh bersama urine yang kita keluarkan setiap harinya. Ini berarti air putih sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit batu ginjal.

Menyebabkan infeksi kandung kemih

Karena kurang minum air putih, bakteri dalam kandung kemih akan sulit dikeluarkan. Hal ini akan menyebabkan kandung kemih rentan terhadap infeksi. Gejala infeksi kandung kemih yaitu nyeri saat buang air kecil, demam dan juga mungkin terdapat darah dalam urine. Mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya dapat membantu bakteri keluar dari saluran kandung kemih. Sehingga mengurangi resiko infeksi pada jaringan tersebut.

Mengganggu fungsi otak

Kurangnya air pada tubuh kita akan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat membahayakan otak kita karena kekurangan cairan dapat menyebabkan cairan yang ada di otak menurun dan asupan oksigen yang menuju ke otak pun berkurang. Sehingga hal ini dapat membuat otak tidak berkembang dan tidak aktif.

Membuat kulit kusam

Selain berguna untuk kesehatan, air putih juga sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit. Jika seseorang kurang minum air putih, kulitnya akan tampak kusam. Ini dikarenakan aliran darah kapiler di kulit tidak berlangsung secara maksimal.

Nah, sekarang sudah tahu bukan apa saja Akibat Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan, maka dari itu jangan malas untuk minum air putih setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan terhindar dari gangguan kesehatan tersebut. Semoga bermanfaat :)

loading...