Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh semua makhluk hidup salah satunya yaitu manusia. Karena akibat kurang tidur memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh, sebaiknya Anda mulai memperbaiki kualitas tidur Anda. Pada umumnya tidur memiliki berbagai manfaat, seperti mengistirahatkan pikiran dan tubuh setelah seharian bekerja dan ketika pada pagi hari tubuh akan segar dan fresh.

Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi insomnia secara alami, yaitu dengan cara membuat jadwal tidur. Cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi insomnia. Namun yang perlu Anda ketahui saat tubuh kurang tidur, tentu saja ini akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah akibat dari kurang tidur bagi kesehatan tubuh.

Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah akibat kurang tidur bagi kesehatan

Obesitas

Akibat dari kurang tidur yang pertama adalah obesitas. Selain dapat menyebabkan tubuh melar dan tidak menarik, obesitas atau kegemukan merupakan salah satu faktor penyebab dari berbagai macam penayakit. Hal ini dikarenakan saat Anda terjaga pada malam hari tentu saja hasrat atau nafsu makan akan meningkat, sehingga ini akan membuat Anda makan dan ngemil dalam setiap malamnya. Yang perlu Anda ketahui makan dan ngemil di malam hari dapat mengakibatkan obesitas.

Baca juga bahaya tidur menggunakan kipas angin

Menurunkan sistem kekebalan tubuh

Yang kedua adalah dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Saat sistem imun tubuh menurun tentu saja ini akan membuat tubuh lebih rentan terhadap serangan penyakit seperti flu, batuk dan penyakit lainnya. Oleh karena itu mulailah untuk mengatur jadwal tidur Anda agar memiliki kualitas tidur yang baik.

Meningkatkan resiko diabetes

Akibat dari kurang tidur selanjutnya adalah dapat meningkatkan resiko diabetes. Selain disebabkan oleh obesitas, diabetes juga dapat disebabkan karena kurang tidur. Hal ini dikarenakan saat kurang tidur, ini akan menyebabkan resistansi insulin yang cukup tinggi. Jika hal ini terjadi maka tubuh tidak akan mampu menggunakan hormon insulin dengan baik. Sehingga hal ini akan meningkatkan resiko diabetes.

Menyebabkan depresi

Sebuah penelit dari Iniversitas Pennsylvania melaporkan bahwa seseorang yang tidur kurang dari 5 jam setiap harinya dalam satu minggu dapat menyebabkan kelelahan mental, marah, sedih dan juga stres. Bahkan insomnia  sangat berhubungan erat dengan gejala awal depresi. Tak hanya itu saja, sebuah studi pada tahun 2007 yang lalu dengan melibatkan 10.000 orang menyatakan bahwa seorang yang mengidap insomnia 5 kali lebih rentan mengalami depresi.

Penyakit jantung dan stroke dini

Akibat kurang tidur selanjutnya adalah dapat menyebabkan penyakit jantung dan juga stroke dini. Gangguan tidur yang sudah sangat kronis dapat menyebabkan gangguan pada fungsi jantung sepeti gagagl jantung. Tak hanya itu saja kurang tidur secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi serta stroke.

Kulit menjadi tak sehat

Tahukah Anda bahwa kulit merupakan salah satu cara untuk mengukur kesehatan tubuh? Jika kulit tidak sehat, pucat, kering dan keriput bisa saja hal tersebut menandakan kesehatan tubuh yang kurang baik. Salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan kulit tak sehat adalah kualitas tidur yang buruk. Bagi wanita yang memiliki kebiasaan ini biasanya akan terlihat lingkaran hitam pada mata. Hal ini disebabkan karena tubuh mengeluarkan hormon stres yaitu hormon kortisol lebih banyak. Berlebihnya hormon kortisol dapat merusak kolagen, sehingga kulit akan terlihat tidak sehat.

Gangguan kemampuan dalam belajar

Seorang pelajar atau mahasiswa yang kurang tidur juga dapat menyebabkan kurangnya kemampuan kognitif seseorang. Ini karena kurang tidur akan membuat otak sulit berkonsesntrasu dan tidak bisa memiliki ingatan yang baik.  Oleh karena itu, hindarilah begadang akan kualitas tidur Anda tetap baik.

Memicu tekanan darah tinggi

Akibat selanjutnya adalah dapat memicu tekanan darah tinggi. Kurang tidur yang Anda alami menyebabkan pembuluh darah tidak bekerja dengan baik, akibatnya kinerja jantung menjadi tidak optimal dan dapat memicu penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Seperti yang Anda ketahui darah tinggi merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat memicu penyakit lainnya.

Menyebabkan halusinasi

Kurang tidur juga dapat menyebabkan sistem saraf tidak bekerja dengan baik. Akibatnya seseorang akan mudah berhalusinasi. Seseorang yang menderita penyakit lupus halusinasi yang ia derita akan menjadi lebih parah. Hal ini tentu saja harus dihindari karena ada beberapa gejala halusinasi yang berbahaya, seperti mudah marah, ketakutan tanpa sebab dan bahkan dapat membuat orang melakukan bunuh diri.

Baca juga bahaya menyalakan lampu saat tidur

Menyebabkan diabetes tipe 2

Hubungan penyakit diabetes dengan kurang tidur adalah karena  seseorang yang begadang biasanya akan membutuhkan lemak dan karbohidrat agar tubuh tetap sear. Kebiasaan inilah yang menyebabkan seseorang yang begadangdapat memicu kenaikan kadar gula dalam darah, terutama diabetes tipe 2.

Demikianlah ulasan mengenai akibat kurang tidur bagi kesehatan tubuh.