Akibat Menahan Kencing Terlalu Lama

By Categories : Kesehatan

Berdasarkan penelitian menahan kencing terlalu lama dapat menyebabkan berbagai permasalahan serius. Hal ini sering tidak disadari bagi sebagian orang. Proses buang air kecil pada manusia menandakan bahwa tubuh bekerja secara normal dan baik. Oleh sebab itu sangat tidak disarankan sekali untuk menahan kencing atau buang air kecil terlalu lama. Di samping itu proses buang air kecil ini juga bisa digunakan sebagai tolak ukur kesehatan tubuh melalui warna dari urin. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja akibat menahan kencing dalam jangka waktu lama, silahkan ikuti pembahasannya di bawah ini!

akibat menahan kencing terlalu lama

Berikut Akibat Menahan Kencing Terlalu Lama

Mengganggu Proses Pencernaan pada Tubuh

Salah satu akibat dari menahan kencing adalah mengganggu proses pencernaan pada tubuh. Hal ini dikarenakan apabila menahan kencing terlalu lama akan mengganggu serta merusak proses pencernaan pada tubuh, sehingga kurang maksimal. Oleh sebab itu ketika kencing jangan ditahan dalam waktu lama, agar cepat tuntas dan tidak tertunda-tunda apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Mengganggu Organ Pencernaan

Akibat menahan kencing terlalu lama yang kedua adalah mengganggu organ pencernaan pada tubuh. Tidak hanya mengganggu proses pencernaan menjadi kurang lancar, ternyata menahan kencing dalam jangka waktu lama juga dapat menyebabkan terganggunya organ pencernaan pada tubuh. Organ-organ tersebut di antaranya seperti ginjal, kandung kemih, dan juga saluran kencing akan terganggu fungsinya.

Menyebabkan Batu Ginjal

Akibat menahan kencing terlalu lama berikutnya menyebabkan batu ginjal. Batu pada ginjal dapat terbentuk jika urin menumpuk secara berlebih akibat dari menahan kencing terlalu lama. Proses pengerasan pada urin diakibatkan oleh kandungan Kristal garam yang kemudian menumpuk menjadi banyak. Dengan adanya batu ginjal akan terjadi infeksi pada organ ginjal, rasa perih ketika buang air kecil, sulit buang air kecil, dan timbul rasa nyeri pada bagian ulu hati.

Timbulnya Infeksi pada Kandung Kemih

Selanjutnya adalah timbulnya infeksi pada bagian kandung kemih. Urin adalah sisa dari pencernaan yang mengandung banyak bakteri yang tentunya tidak baik bagi kesehatan jika menumpuk pada tubuh terlalu lama. Infeksi pada kandung kemih disebabkan oleh bakteri yang menempel terlalu banyak. Infeksi dapat diketahui dengan tanda muncul rasa nyeri pada saat buang air kecil, volume buang air kecil yang lebih sedikit, serta adanya rasa nyeri pada bagian bawah perut.

Menyebabkan Gagal Ginjal

Yang kelima adalah menyebabkan gagal ginjal pada tubuh. Gagal ginjal ini dikarenakan kotoran yang ada pada urin menumpuk dalam tubuh. Kotoran yang seharusnya dikeluarkan justru tertimbun dan menumpuk akibat dari tertahan dalam waktu yang lama. Ketika gagal ginjal sudah terjadi maka kinerja ginjal akan kurang maksimal dengan berkurangnya kemampuan dalam menyaring kotoran, siklus pencernaan yang kacau, serta makin buruk.

Nah itulah tadi akibat menahan kencing terlalu lama yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Akibat kurang minum air putih bagi kesehatan.

loading...
Tags:terlalu lama menahan urin