Alat Untuk Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini

By Categories : Kesehatan

Kanker payudara merupakan penyakit yang sangat mematikan dan tidak sidikit para wanita sangat dikhawatirkan dengan adanya jenis penyakit ini. Karena setiap wanita sangat beresiko terkena penyakit kanker payudara. Saat ini kanker payudara telah banyak mengancam jutaan jiwa wanita di dunia. Hal itu sungguh sangat memperihatinkan, karena terkait dengan penyebab penyakit ini pun belum ditemukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini telah ditemukan cara yang mungkin dapat Anda lakukan sendiri dan sangat mudah untuk dapat mendeteksi kanker payudara sejak dini.

Mendeteksi kanker payudara sejak dini sangatlah baik dengan cara SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Untuk melakukan SADARI tersebut sangat baik jika dilakukan setelah masa menstruasi berakhir. Dengan tujuan untuk menjaga kesehatan payudara dari serangan penyakit yang sangat mematikan tersebut yaitu kanker payudara.

Mendektesi Kanker Payudara

Untuk mendeteksi kanker payudara dapat dilakukan sendiri seperti cara yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya yaitu ciri-ciri dan pencegahan kanker payudara. Selain itu untuk lebih efektifnya, Anda bisa langsung menggunakan peralatan yang telah tersedia di rumah sakit. Apa saja alat yang digunakan untuk mendetesi kanker payudara secara dini? Berikut penjelasannya.

Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Uji Payudara Klinis UPK

Alat UPK atau uji Payudara Klinis ini merupakan alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi kanker payudara. Alat ini bekerja untuk mengidentifikasi kelainan bentuk dari payudara, ukuran dan tekstur payudara. Pada wanita usia 20-40 tahun disarankan untuk melakukan mengecekan dengan menggunakan alat UPK maksimal 3 tahun sekali.

Mammografi

Setelah menjalani pemeriksaan UPK pada usia 20-40 tahun, maka selanjutnya bisa dengan cara menggunakan pemeriksaan mommografi sekali dalam setahun selama kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Alat mommografi ini merupakan scanning yang menggunakan sinar x yang berfungsi untuk mendeteksi kelainan dalam bentuk terkecil yang sering disebut dengan mikroklasifikasi. Dengan teknik ini keakuratan mencapai 90% dalam mendeteksi kanker payudara.

Ultrasonografi (USG)

USG payudara merupakan pendeteksian dengan menggunakan alat gelombang suara. Dengan alat ini berfungsi untuk mendeteksi dan membedakan benjolan yang terdapat dalam payudara merupakan tumor atau kista. Biasanya untuk lebih akuratnya alat USG ini sering kali dikombinasikan dengan alat mommografi supaya dapat langsung mendeteksi adanya kanker payudara atau tidak.

Demikian penjelasan mengenai alat mendeteksi kanker payudara sejak dini. Semoga dengan artikel ini Anda semakin lebih waspada terhadap resiko kanker payudara yang mungkin dapat Anda alami sewaktu-waktu. Maka mulailah dari sekarang untuk dapat mendeteksi adanya kanker payudara dengan berbagai alat seperti yang sudah dijelaskan di atas. Baca juga Tips menjaga kesehatan payudara.

loading...
Tags:alat pendeteksi kanker, alat alat deteksi dini kanker payudara, bentuk alat pendeteksi kangker payudara, bagaimana alat pemeriksa payudara, alat yang di gunakan SADARI, alat untuk mendeteksi penyakit ca mamae, alat untuk mendeteksi kanker payudara, alat pendeteksi dini kanker di tubuh, alat pemeriksa kanker payudara, alat mendeteksi kanker payudara, alat deteksi kanker payudara, alat deteksi dini kanker payudara, alat atau pemeriksaan untuk payudara, alat atau cairan alami pendeteksi adanya kanker, alat alat kesehatan untuk melihat benjolan pada tumor payudara