Aneka Menu Sahur Sehat Agar Bisa Tahan Lapar Hingga Buka Puasa

Menu sahur sehat paling banyak dicari oleh banyak orang. Sebab tak hanya mendapatkan pahala saja, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi baik pada saat buka dan sahur tentu saja dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

Menu Sahur Sehat yang Dapat Anda Konsumsi Selama Bulan Ramadhan

Kali ini akan menjelaskan mengenai rekomendasi beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk santap sahur agar lebih kenyang lebih lama hingga buka puasa.

Aneka Menu Sahur Sehat
Aneka Menu Sahur Sehat

Ketika bulan Ramadhan tiba, frekuensi tidur dan jam makan pastinya akan berubah. Dan tak jarang ada banyak sekali orang yang melewatkan makan sahur dengan alasan malas bangun dan lebih mementingkan tidur.

Tak hanya itu saja, karena tidak kuat menahan rasa kantuk banyak orang yang mengonsumsi makanan instan dan makanan cepat saji untuk santap sahur.

READ  Tips MakeUp Natural untuk Wajah Berminyak

Namun hal ini justru dapat menjadi boomerang bagi diri sendiri. Sebab malas makan sahur dan tidak mengonsumsi makanan sehat saat sahur dapat menyebabkan masalah serius seperti maag, asam lambung naik, sembelit hingga GERD.

Sebab tidak makanan sahur atau mengonsumsi makanan instan seperti mie instan ketika sahur dapat membuat Anda lemas di siang hari. Oleh karena itu pastikan Anda mengonsumsi makanan bernutrisi ketika sahur agar bisa kuat puasa seharian. Umumnya ada beberapa makanan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama, yaitu makanan yang kaya lemak dan protein.

Meskipun begitu, Anda pun tidak perlu makan banyak saat sahur supaya tahan puasa seharian. Karena mengonsumsi makanan berlebihan justru dapat membuat berat badan berlebih hingga perut terasa begah dan kembung.

Nah bagi Anda yang ingin kenyang lebih lama ketika puasa namun tidak menambah berat badan, Anda bisa memilih salah satu makanan berikut ini sebagai pendamping santap sahur ataupun sebagai menu utama.

Menu Sahur Sayur Sop

Yang pertama adalah sayur sop. Tak hanya cocok dimakan ketika buka puasa saja, sayur sop juga dapat Anda jadikan sebagai referensi menu sahur yang sehat dan bergizi. Campuran rempah-rempah dan aneka sayuran pada sop memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan terutama untuk menjaga kesehatan pencernaan.

READ  Cara Ampuh Membersihkan Karang Gigi

Seperti yang Anda ketahui sayuran campuran sop ini mengandung serat dan air yang dapat melancarkan pencernaan.

Sehingga mengonsumsi makanan ini dapat menghindarkan Anda dari masalah pencernaan. Tak hanya itu saja, menghirup kuah sop dengan suhu yang masih panas juga dapat mengurangi nafsu makan berlebih. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Menu Sahur  Quinoa

Quinoa atau kinoa adalah serealia semu yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Makanan ini juga dapat Anda konsumsi sebagai pengganti nasi.

Menu sahur dari quinoa
Menu sahur dari quinoa

Dalam satu cangkir quinoa mengandung2,5 gram serat dan 8 gram protein. Kandungan serat yang ada pada quinoa akan diolah secara perlahan oleh tubuh sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Tak hanya dapat membuat kenyang lebih lama, quinoa juga bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar glukosa dalam tubuh sehingga dapat menghindarkan Anda dari penyakit diabetes serta dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Menu Sahur Telur

Menu sahur sehat selanjutnya adalah telur. Mengonsumsi satu butir telur saat sahur juga dapat memenuhi asupan protein yang baik dalam tubuh. Selain itu telur juga kaya akan kolin yang dapat membantu proses metabolisme lemak.

Namun untuk mengontrol kadar kolesterol dan kalori pastikan Anda tidak mengonsumsi kuning telur secara berlebihan. Namun jika ingin makan telur lebih banyak, Anda bisa memilih putih telurnya karena 0 kalori dan kolesterol.

READ  Cara Make Up Mata Sipit Agar Terlihat Besar

Menu Sahur Buah Alpukat

Berikutnya adalah alpukat. Siapa yang tidak tahu alpukat? Setiap orang pastinya sudah mengetahuinya, sebab buah ini seringkali dimanfaatkan untuk jus. Namun tak hanya jus saja, Anda pun bisa mengonsumsinya secara langsung sebagai pencuci mulut ketika setelah santap sahur.

Alpukat mengandung serat dan lemak sehat yang dapat membuat Anda mudah kenyang dan tahan lapar. Bagi Anda yang sedang berdiet, tak ada salahnya untuk menyantap buah alpukat ketika sahur. Menurut penelitian dari Loma Linda University, mengonsumsi setengah buah alpukat dapat mengurangi keinginan untuk makan.

Menu Sahur Bayam

Sayur bayam mungkin juga dapat Anda jadikan sebagai menu sahur ataupun menu berbuka puasa yang sehat dan bernutrisi. Hal ini dikarenakan bayam kaya akan protein dan mineral penting seperti asam folat, zat besi, magnesium, mangan dan beberapa vitamin A, B, C dan E. Jika tidak, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai salad untuk menu penutup saat santap sahur.

Menu Sahur Gandum

Sama seperti nasi merah, gandum juga kaya akan karbohidrat komplek yang dapat melepaskan glukosa secara perlahan untuk dicerna. Sehingga dengan mengonsumsi sereal atau roti gandum saat sahur tak hanya dapat membuat kenyang lebih lama gandum juga dapat mengontrol gula darah.

Demikianlah ulasan mengenai menu sahur sehat agar kenyang lebih lama selama puasa.