Bahan Kosmetik Berbahaya yang Harus Diwaspadai

By Categories : Kesehatan

Sudah menjadi rahasia umum jika para wanita menginginkan kulit yang bersih, putih dan tentunya tanpa noda. Dengan memiliki wajah yang seperti itu tentunya hal ini dapat menunjang penampilan seseorang semakin cantik dan menarik. Berawal dari keinginan setiap orang ingin memiliki kulit yang putih dan bersih ini mendorong para pengusaha komsmetik untuk menjual berbagai macam produk kecanitkan di pasaran.

Bahan Kosmetik Berbahaya

Semakin banyaknya permintaan, hal ini memberikan dorongan kuat para pedagang untuk bermain curang, yaitu dengan cara membuat produk kecanitkan dengan bahan yang sangat berbahya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah bahan kosmetik berbahaya yang harus diwaspadai.

Kandungan kosmetik berbahaya yang wajib Anda ketahui

  • Merkuri atau air raksa

Bahan kosmetik berbahaya yang pertama adalah merkuri atau air raksa. Seperti yang Anda ketahui merkuri merupakan salah satu bahan kosmetik berbahaya yang paling sering digunakan untuk campuran kosmetik. Penggunaan merkuri dapat menyebabkan kulit menjadi semakin sensitif, bewarna kemerahan dan juga bisa mengelupas. Tak hanya itu saja penggunaan merkuri dalam jangka panjang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti gagal ginjal, kanker pada kulit dan bahkan kerusakan pada otak.

  • Asam retinoat atau tretinoin

Sama halnya dengan merkuri, asam retinoat juga sering ditambahkan pada krim pencerah wajah. Meskipun memiliki efek dapat membantu kulit menjadi lebih cerah, halus dan sehat, akan tetapi penggunakan krim yang mengandung bahan ini dapat menyebabkan iritasi khususnya pada kulit sensitif. Tak hanya itu saja, bahan ini juga sangat berbahaya jika digunakan oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan cacat pada janin.

  • Rhodamin B

Pada umumnya rhodamin B digunakan sebagai bahan pewarna untuk tinta, tekstil dan juga kertas. Lantas apa jadinya jika pewarna tekstil ini digunakan untuk pewarna kosmetik? Penggunaan bahan sintetis ini pada produk kecantikan dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan pada tubuh seperti, gangguan saluran pencernaan, kanker, dan juga hati atau liver.

  • AHA dan BHA

Bahan kosmetik berbahya selanjutnya adalah AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Butylated Hydroxyanisole). Kedua bahan tersebut sering dijumpai pada krim pencerah wajah karena keduanya memiliki kemampuan untuk membantu proses regenerasi sel-sel kulit dan mencerahkan kulit. Namun penggunaan kedua bahan ini untuk kulit sensitif dalam jangka panjang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

  • Alumunium

Tak hanya digunakan untuk perkakas rumah tangga saja, senyawa yang merupakan golongan jenis logam ini pun sering digunakan pada produk antiperspiran dan produk antiseptik. Penggunaan produk yang mengandung alumunium dalam rentang waktu yang cukup lama dapat memicu penyakit alzheime atau kemunduran fungsi dan kinerja otak serta juga kanker.

Nah itulah beberapa bahan kosmetik berbahaya yang wajib Anda waspadai. Baca juga artikel terkait tentang Tips mendeteksi kosmetik berbahaya.