Bahan Tradisional untuk Mengobati Masuk Angin pada Anak

By Categories : Kesehatan

Selain orang dewasa, para anak-anak pun dapat mengalami masuk angin. Dalam dunia medis, istilah masuk angin tidak pernah dikenal dan tidak pernah ada. Oleh karena itu, masuk angin tidak dapat dikategorikan sebagai penyakit melainkan sebuah tanda adanya penyakit dalam tubuh, seperti maag, flu, cacingan dan lainnya. meskipun begitu, masyarakat pada umumnya lebih sering menyebutnya dengan istilah masuk angin.

Bahan Tradisional untuk Mengobati Masuk Angin pada Anak

Masyarakat pun percaya bahwa masuk angin dapat disebabkan oleh oleh kurang istirahat, terkena hujan, begadang malam dan lainnya. Jika anak Anda mengalami hal ini, Anda dapat membuat obat tradisional untuk pertolongan pertama. Berikut adalah bahan tradisional untuk mengobati masuk angin pada anak.

Cara mengobati masuk angin pada anak secara alami

Temulawak

Yang pertama adalah dengan cara menggunakan temulawak. Khasiat temulawak untuk kesehatan tubuh sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Cara membuat ramuan tradisional dari temulawak pun mudah yaitu hanya dengan menyiapkan 30 gram temulawak, 20 gram jahe, daun lidah buaya 85 gram dan juga kencur 25 gram. Kemudian rebus bahan-bahan tersebut hingga mendidih. Saring dan minumlah air rebusan dua kali secara teratur.

Minyak kayu putih

cara mengobati masuk angin pada anak yang kedua adalah dengan cara menggunakan minyak kayu putih. Caranya campurkan satu sendok makan minyak kayu putih dengan minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran minyak tersebut pada perut anak. Jika orang dewasa terkena masuk angin, dapat menggunakan obat tradisional ini sebagai minyak kerok.

Daun pepaya

Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, daun pepaya juga berguna untuk mengobati masuk angin. Caranya membuat ramuannya pun sangat mudah yaitu hanya dengan merebus dua lembar daun pepaya. Kemudian konsumsilah air rebusan tersebut. Mengonsumsi rebusan daun pepaya secara teratur dapat meringankan serta mengobati masuk angin.

Bawang merah dan air kapur sirih

Selanjutnya adalah dengan cara menggunakan bawang merah dan air kapur sirih. Cara membuatnya pun cukup simpel yaitu campurkan beberapa butir bawang merah dengan air kapur sirih, agar dapat merata, Anda dapat meremas-remasnya. Setelah itu Anda dapat mengoleskan bahan campuran tersebut pada perut, punggung, tengkuk dan kaki untuk meringankan masuk angin.

Madu dan bawang putih

Untuk mengobati masuk angin pada anak selanjutnya, Anda harus mempersiapkan madu, tiga siung bawang putih dan juga gula batu. Caranya, kupas dan haluskan bawang putih kemudian campurkan bahan-bahan tersebut. Aduk hingga rata dan saring. Keesokan harinya, Anda dapat mengonsumsinya. Lakukan cara ini secara teratur hingga sembuh.

Bubuk jahe

Caranya, seduh bubuk jahe kering dalam gelas. Kemudian berikan ramuan tersebut pada penderita 1 hingga 2 kali perhari. Selain menggunakan bubuk jahe, Anda pun dapat menggunakan beberapa ruas jahe, geprek jahe tersebut dan kemudian seduh dengan menggunakan air hangat.

Nah itulah beberapa bahan tradisional untuk mengobati masuk angin pada anak. Baca juga artikel tentang Manfaat daun cincau untuk kesehatan.

loading...