Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Makanan dengan cita rasa pedas masih banyak digemari kebanyakan orang. Makanan dengan cita rasa pedas memang menjadi tantangan dan daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Makanan pedas identik dengan cabai merah, cabai rawet, maupun cabai hijau yang dicampurkan sebagai bahan pemberi rasa pedas.

bahaya makanan pedas

Perlu diketahui bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan pedas dampak berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu bagi Anda pecinta makanan dengan cita rasa pedas, sebaiknya jangan terlalu sering untuk mengonsumsinya, karena memiliki dampak buruk dan bahaya bagi kesehatan tubuh seperti berikut ini.

Berikut Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas

Dapat Menyebabkan Sakit Perut

Bahaya makanan pedas untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah dapat menyebabkan sakit pada perut. Sakit pada perut dapat disebabkan oleh makanan dengan cita rasa pedas. Nah oleh sebab itu bagi Anda yang suka mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya jangan terlalu sering jika tidak ingin terjadi sakit perut berlebihan.

Dapat Menyebabkan Diare

Selain menyebabkan sakit perut terlalu sering mengonsumsi makanan pedas juga dapat menyebabkan diare pada seseorang. Diare menjadi masalah serius yang tidak ingin dialami oleh setiap orang. Diare dapat menguras cairan tubuh yang dapat menyebabkan dehidrasi. Nah oleh karena itu jika tidak ingin diare sebaiknya jangan mengonsumsi makanan pedas terlalu sering.

Dapat Menyebabkan Penyakit Maag

Mungkin Anda akan sedikit bingung mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan penyakit maag? Ini dikarenakan dalam jangka waktu yang lama seseorang mengonsumsi makanan pedas terlalu sering dapat menyebabkan penyakit karena luka pada lambung atau disebut dengan Gastric Ulcer. Gejala penyakit maag di antaranya seperti rasa mual yang berlebihan, perut menjadi kembung, sampai dengan nyeri pada sekitar perut.

Menyebabkan Seseorang menjadi Insomnia

Bahaya makanan pedas untuk kesehatan selanjutnya adalah menyebabkan seseorang menjadi susah tidur atau insomnia di malam hari. Susah tidur atau insomnia sering dialami kebanyakan orang yang dapat mengurangi kebugaran tubuh di pagi hari. Untuk mengatasi susah tidur cukup mudah yakni dengan menghindari makanan pedas ketika malam hari.

Sakit Kepala

Selanjutnya adalah dapat menyebabkan pusing atau sakit kepala. Sakit kepala dapat disebabkan karena terlalu sering mengonsumsi makanan terlalu pedas. Sakit kepala tidak bisa dianggap sebagai hal sepele, karena penderitanya merasa tidak nyaman dan tentunya sulit tidur akibat pusing.

Dapat Menyebabkan Sariawan

Terlalu sering mengonsumsi makanan pedas ternyata juga dapat menyebabkan sariawan pada mulut. Terlebih lagi ditambah dengan gaya hidup tidak sehat yang menambah rentan terhadap sariawan. Sariawan sangat mengganggu ketika proses makan berlangsung.

Nah itulah tadi beberapa bahaya makanan pedas untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui. Makanan pedas juga dapat menyebabkan tubuh menjadi kurus akibat dari nafsu makan yang berkurang. Makanan pedas boleh dikonsumsi asalkan tidak terlalu sering.