Bahaya Menyalakan Lampu Saat Tidur

By Categories : Kesehatan

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan oleh setiap orang. Karena tidur dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks setelah beraktivitas padat di siang harinya. Selain itu, saat tidur tubuh juga akan melakukan proses metabolisme untuk mengeluarkan racun yang tidak berguna dalam tubuh, regenerasi sel serta mendukung fungsi otak untuk mengisi energi dalam tubuh. Saat tidur sebagian orang ada yang suka dengan mematikan lampu, tetapi ada juga yang tidur dengan lampu menyala. Namun tahukah Anda menyalakan lampu saat tidur memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh?

Bahaya Menyalakan Lampu Saat Tidur

Selain itu, ada juga sebuah kasus di London yaitu seseorang yang terlalu sering menyalakan lampu saat tidur, memiliki resiko yang lebih tinggi terkena kanker dari pada seseorang yang mematikan lampu. Untuk lebih jelasnya berikut adalah bahaya menyalakan lampu saat tidur.

Dampak Menyalakan Lampu Saat Tidur Untuk Kesehatan

Menghambat Produksi Melatonin

Tahukah Anda apa itu hormon melatonin? Hormon melatonin adalah salah satu hormon yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu saja, hormon ini juga berperan dalam menghambat dan mencegah perkembangan dan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh seseorang. Sehingga jika seseorang selalu menyalakan lampu saat tidur, tentunya hal ini akan menghambat produksi melatonin dalam setiap harinya. Maka dari itu mulailah untuk membiasakan diri tidur dengan lampu mati. Selain dapat meningkatkan produksi hormon melatonin, tidur dengan lampu mati juga dapat membuat tidur semakin pulas.

Memicu Kanker

Para ilmuan menyatakan bahwa suasana gelap sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi zat kimia pencegah kanker, yaitu melatonin. Namun jika tubuh kekurangan melatonin, tentunya sistem kekebalan tubuh akan menurun. Sehingga hal ini menyebabkan seseorang lebih rentan terhadap serangan leukimia pada anak dan jenis kanker lainnya.

Mengancam Kesehatan Tubuh

Selain kedua hal tersebut dampak lain akibat menyalakan lampu saat tidur adalah efek buruk pada kesehatan seperti gangguan tidur, diabetes, mengganggu sistem metabolisme tubuh, penyakit jantung dan gangguan kesehatan tubuh lainnya. Seperti yang Anda ketahui, jenis gangguan tersebut merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, mulailah untuk mematikan lampu saat akan pergi tidur.

Depresi

Sebuah penelitian yang dilakukan di Ohio State University yaitu melakukan percobaan terhadap hamster. Hamster yang setiap harinya terpapar cahaya lampu, hamster sebut menunjukkan tanda-tanda depresi. Namun depresi tersebut dapat menghilang dalam 2 minggu ketika hamster tersebut tidur dengan lampu mati saat malam hari.

Nah itulah beberapa bahaya menyalakan lampu saat tidur. Selain itu, tidur dengan lampu menyala juga dapat membuat kenaikan berat badan, hal ini karena lampu dapat mempengaruhi ritme tidur alami tubuh.

loading...