Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Semua orang Indonesia pastinya sudah mengetahui jenis makanan cepat saji yang satu ini. Ya, mie instan merupakan salah satu makanan andalan bagi orang Indonesia khususnya para anah kos. Ini karena selain rasanya enak, mie instan juga merupakan salah satu makanan yang dapat dimasak secara cepat dan praktis. Saat ini ada banyak inovasi dalam mengembankan mie instan, sehingga ini membuat makanan cepat saji ini semakin diminati setiap orang.

bahaya mie instan bagi kesehatan tubuh

Meskipun memiliki rasa enak dan proses memasaknya yang sangat cepat, mengonsumsi mie instan secara berlebihan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Lantas apa saja bahaya mie instan bagi kesehatan tubuh? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya!

Bahaya Mie Instan yang Perlu Diwaspadai

Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang. Karena selain tidak memiliki gejala awal yang signifikan, kanker juga dapat menyebabkan kematian jika tidak dideteksi secara dini. Kandungan zat aditif seperti MSG pada mie instan memiliki efek negatif bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara terus menerus salah satunya yaitu kanker. Maka dari itu, mulailah untuk menghindari makanan yang satu ini untuk menurunkan resiko terserang penyakit yang mematikan ini.

Menyebabkan Penyakit Jantung

Menurut para ahli, mie instan merupakan salah satu makanan penyebab penyakit jantung. Hal ini dikarenakan mie instan kaya akan sodium. Jika dikonsumsi secara berlebihan, zat sodium tersebut dapat menyebabkan penyakit kronis seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke dan juga gagal ginjal.

Obesitas

Bagi seseorang yang sering mengonsumsi makanan cepat saji ini salah satu resiko yang sering dialami oleh pecinta mie instan adalah obesitas. Kandungan lemak dan sodium yang tinggi pada mie instan dapat menyebabkan penumpukan lemak pada setiap bagian tubuh. oleh karana itu, sebaiknya Anda mulai menerapkan pola dan gaya hidup yang sehat agar tubuh tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

Menghambat Nutrisi

Jika Anda memiliki anak balita, jangan sampai Anda membiarkan si kecil terlalu sering mengonsumsi mie instan. Bagi anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun, mengonsumsi mie instan dapat menyebabkan terhambatnya nutrisi yang ia konsumsi. Sehingga si kecil lebih mudah terserang penyakit, mengahmbat pertumbuhan, menurunkan kinerja otak dan juga anak menjadi kurang gizi.

Masalah Pencernaan

Efek negatif dari mie instan selanjutnya adalah dapat menyebabkan masalah pada pencernaan seperti susah buang air besar dan bahkan dapat menyebabkan usus bocor. Selain itu, mie instan juga dapat memicu keguguran pada ibu hamil. Oleh karena itu, jika Anda merupakan pecinta mie instan hindarilah mengonsumsi makanan yang satu ini. Kandungan pengawet dan bahan kimia lainnya pada mie sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Demikianlah ulasan tentang bahaya mie instan bagi kesehatan tubuh.

loading...