Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Banyaknya pilahan rasa dan jenis minuman bersoda pastinya kita ingin mencoba semua varian rasanya. Minuman bersoda, sangat nikmat untuk dikonsumsi saat cuaca sedang terik. Namun, sebaiknya Anda mulai menjauhi minuman ini. Dibalik rasanya yang menyegarkan, minuman bersoda mengandung berbagai zat yang tidak baik bagi kesehatan.

Minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi oleh karena itu, minuman ini dapat memicu kegemukan. Tak hanya itu, minuman ini juga dapat memicu resiko penyakit jantung hingga ginjal kronis.

minuman-bersoda

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan.

Diabetes

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association menyatakan bahwa, wanita yang minum minuman bersoda lebih dari 2 kaleng dalam sehari akan beresiko menderita diabetes dalam kurun waktu 4 tahun. Ini disebabkan karena minuman bersoda memiliki kadar gula yang tinggi. Jika dikonsumsi terus menerus, akibatnya gula darah akan meningkat dan ini akan membahayakan bagi tubuh.

Osteoporosis

Asam fosfat yang terkandung dalam minuman bersoda dapat menyebabkan penyakit rapuh pada tulang. Ini dikarenakan saat minum soda, tulang dan gigi akan melepaskan kalsium untuk menyeimbangkan asam fosfor. Jika hal ini dilakukan berkelanjutan maka kalsium yang berguna bagi tulang akan berkurang. Dan jika tulang kekurangan asupan kalsium maka tulang dapat dengan mudah keropos.

Gangguan jantung

Seorang peneliti dari University of Miami, Hanah Gardener menyatakan bahwa, mengonsumsi minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan resiko penyakit serangan jantung dan stroke sebesar 48 persen dari pada seseorang yang menghindari minuman yang satu ini.

Gangguan ginjal

Menurut para ahli, yang membahayakan dari minuman bersoda adalah kandungan di dalamnya yaitu asam fosfat, pemanis buatan, kafein, dan pewarna buatan. Sebuah penelitian dari Amerika Serikat menunjukkan bahwa dari 3000 perempuan yang mengonsumsi minuman bersoda lebih dari kaleng sehari beresiko mengalami penurunan fungsi ginjal dan  gagal ginjal.

Obesitas

Kadar gula yang sangat tinggi dalam minuman bersoda dapat memicu resiko obesitas. Di Amerika serikat, anak-anak mengonsumsi minuman bersoda layaknya minum air putih. Akibatnya, banyak anak-anak di sana yang mengalami obesitas. Tak hanya itu, obesitas adalah salah satu penyakit yang dapat memicu penyakit yang lain yaitu diabetes hingga penyakit jantung.

Jika Anda adalah salah satu orang penggemar minuman ini, sebaiknya Anda mulai mengganti minuman ini dengan air putih saja. karena air putih sangat dipercaya berbagai kalangan sebagai minuman yang paling menyehatkan.

loading...
Tags:bersoda, pro dan kontra minuman bersoda, pro kontra soft drink bagi kesehatan, pro mengkonsumsi soft drink bagi kesehatan