Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Bahaya minuman bersoda harus Anda ketahui agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Tentu kita semua tahu bahwa minuman bersoda bukanlah minuman yang baik untuk kesehatan. Efek negatif dari minuman bersoda memang sudah menjadi rahasia umum. Meski demikian, minuman bersoda tetap sulit untuk dihindari. Minuman ini memiliki rasa yang manis sehingga sering dinikmati ketika sedang santai, berkumpul bersama teman atau sekedar untuk menghilankan dahaga.

Banyaknya pilahan rasa dan jenis minuman bersoda pastinya kita ingin mencoba semua varian rasanya. Minuman bersoda, sangat nikmat untuk dikonsumsi saat cuaca sedang terik. Namun, sebaiknya Anda mulai menjauhi minuman ini. Dibalik rasanya yang menyegarkan, minuman bersoda mengandung berbagai zat yang tidak baik bagi kesehatan. Minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi sehingga minuman ini dapat memicu kegemukan. Tak hanya itu, bahaya minuman bersoda lainnya bagi kesehatan adalah dapat memicu resiko penyakit jantung hingga ginjal kronis.

bahaya minuman bersoda

bahaya minuman bersoda

Inilah Bahaya Minuman Bersoda untuk Tubuh

Diabetes

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association menyatakan bahwa, wanita yang minum minuman bersoda lebih dari 2 kaleng dalam sehari akan beresiko menderita diabetes dalam kurun waktu 4 tahun. Ini disebabkan karena minuman bersoda memiliki kadar gula yang tinggi. Kandungan gula dalam satu kaleng minuman bersoda setara dengan 10 sendok teh gula. Jika dikonsumsi terus menerus, akibatnya gula darah akan meningkat dan menyebabkan reaksi insulin di dalam tubuh. Hal ini tentu akan membahayakan bagi tubuh.

Osteoporosis

Bahaya minuman bersoda selanjutnya adalah menyebabkan osteoporosisi. Asam fosfat yang terkandung dalam minuman bersoda dapat menyebabkan penyakit rapuh pada tulang. Ini dikarenakan saat minum soda, tulang dan gigi akan melepaskan kalsium untuk menyeimbangkan asam fosfor. Jika hal ini dilakukan berkelanjutan maka kalsium yang berguna bagi tulang akan berkurang. Dan jika tulang kekurangan asupan kalsium maka tulang dapat dengan mudah keropos.

Gangguan jantung

Seorang peneliti dari University of Miami, Hanah Gardener menyatakan bahwa, mengonsumsi minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan resiko penyakit serangan jantung dan stroke sebesar 48 persen dari pada seseorang yang menghindari minuman yang satu ini.

Gangguan ginjal

Menurut para ahli, bahaya minuman bersoda adalah kandungan di dalamnya yaitu asam fosfat, pemanis buatan, kafein, dan pewarna buatan. Sebuah penelitian dari Amerika Serikat menunjukkan bahwa dari 3000 perempuan yang mengonsumsi minuman bersoda lebih dari kaleng sehari beresiko mengalami penurunan fungsi ginjal dan  gagal ginjal.

Obesitas

Kadar gula yang sangat tinggi dalam minuman bersoda dapat memicu resiko obesitas. Di Amerika Serikat, anak-anak mengonsumsi minuman bersoda layaknya minum air putih. Akibatnya, banyak anak-anak di sana yang mengalami obesitas. Tak hanya itu, obesitas adalah salah satu penyakit yang dapat memicu penyakit yang lain yaitu diabetes hingga penyakit jantung.

Pemicu kanker

Banyak mengonsumi minuman bersoda yang mengandung kafein sering dikaitkan dengan beberapa penyakit kanker. Selai itu juga dapat membuat jantung berdebat lebih cepat atau tidak beraturan dan beberapa masalah lainnya.

Memicu depresi

Menurut penelitian dari American Academy of Neurology, seseorang yang sering mengonsumsi minuman bersoda ;ebih dari 3 kaleng sehari lebih berpotensi besar mengalami depresi klinis hingga 30% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Jika Anda adalah salah satu orang penggemar minuman ini, sebaiknya Anda mulai mengganti minuman ini dengan air putih saja. Karena air putih sangat dipercaya berbagai kalangan sebagai minuman yang paling menyehatkan. Selain air putih, berikut beberapa alternatif lain yang lebih sehat. Berikut di antaranya.

  • Infused water, atau air yang mengandung buah segar alami.
  • Ketika pagi hari, Anda dapat mengganti soda dengan menggunakan teh lemon atau kopi dengan sedikit gula.
  • Di siang hari atau ketika maka siang tiba, Anda dapat mengonsumsi limun buatan atau dapat menggantinya dengan es teh.
  • Untuk sore harinya Anda dapat membuat jus buah dengan pilihan buah segar.
  • Jika Anda ingin minuman yang menyehatkan di malam hari, Anda dapat mencoba mengonsumsi minuman tradisional seperti wedang jahe. Atau jika Anda ingin lebih praktis Anda dapat minum susu.

baca juga : cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami

Itulah beberapa hal mengenai bahaya minuman bersoda untuk kesehatan serta cara alternatif untuk menghindari kebiasaan tersebut.

loading...
Tags:khasiat minuman bersoda, Minuman yg bersoda adalah: