Bahaya Pola Tidur Tidak Teratur yang Perlu Diketahui

By Categories : Kesehatan

Sering begadang dapat mengakibatkan resiko serius pada kesehatan. Pasalnya begadang merupakan aktivitas yang mengurangi jumlah waktu tidur setiap harinya. Pada umumnya waktu tidur normal setiap orang adalah 8 jam sehari. Namun dengan begadang, secara otomatis waktu tidur akan berkurang. Orang yang biasa begadang sampai larut malam dapat tidur hanya 6 jam sehari.

Bahaya Pola Tidur Tidak Teratur

Akibatnya adalah mereka merasa ngantuk dan lemas ketika menjalankan aktivitas di keesokan harinya. Selain rasa kantuk, ternyata banyak hal yang timbul akibat dari pola tidur yang tidak teratur terutama pada hal kesehatan tubuh. Agar Anda mengetahui apa saja bahaya dari pola tidur tidak teratur akibat sering begadang, berikut beberapa informasi yang bisa Anda ketahui yang sudah dirangkum dari beberapa sumber.

Berikut Bahaya Pola Tidur Tidak Teratur

Resiko Terkena Obesitas

Semakin lama Anda terjaga dan begadang, maka semakin tinggi juga tubuh merangsang hormone ghrelin. Hormon tersebut merupakan hormone yang dapat memicu rasa lapar, akibatnya tubuh ingin mengonsumsi makanan. Padahal mengonsumsi makanan di malam hari dapat memicu resiko kenaikan berat badan berlebih. Untuk menghindari hal tersebut mulailah untuk tidur selama 8 jam setiap malamnya.

Menimbulkan Resiko Depresi

Bahaya pola tidur tidak teratur berikutnya adalah resiko depresi. Hal ini diperjelas dengan adanya penelitian yang dilakukan pada tahun 1997 bahwa ketika seseorang tidur kurang dari 8 jam dapat menyebabkan resiko stress, depresi, sedih, dan juga lelah mental. Oleh sebab itu bagi mereka yang terbiasa dengan begadang sampai larut malam, sebaiknya mengurangi kebiasaan tidak sehat tersebut mulai sekarang. Kurang tidur hanya akan memperparah kondisi di mana seseorang saat depresi.

Sering Mengalami Kelupaan

Sering mengalami kelupaan akan sesuatu menjadi hal yang tidak diinginkan setiap orang. Hal tersebut tentu menjadi hal yang menjengkelkan ketika seseorang sulit untuk mengingat akan sesuatu hal yang pernah dilakukan. Pola tidur kurang teratur ternyata menjadi salah satu hal yang dapat memicu seseorang menjadi pelupa. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan tidur setiap harinya untuk mengistirahatkan tubuh dari aktivitas seharian.

Mempengaruhi Kesehatan pada Kulit

Kesehatan pada kulit menjadi salah satu bahaya berikutnya yang diakibatkan pola tidur tidak teratur. Dalam keadaan kurang tidur dapat menyebabkan permasalahan pada kulit di antaranya seperti munculnya lingkaran hitam bagian bawah mata, serta resiko kulit menjadi kusam. Cara mengatasinya cukup sederhana, yaitu dengan memenuhi waktu tidur setiap harinya.

Penurunan Konsentrasi

Hal ini terlihat jelas bagi mereka yang mengalami kurang tidur di malam hari. Susah berkonsentrasi di pagi hari sangat terlihat jelas. Ini dikarenakan ketika mereka kurang tidur, rasa kantuk akan datang di pagi hari. Akibatnya adalah penurunan konsentrasi yang disertai dengan rasa kantuk. Penurunan konsentrasi dapat mempengaruhi kinerja bagi mereka yang sudah bekerja, sedangkan untuk pelajar akan mempengaruhi nilai dari pelajaran mereka.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa bahaya pola tidur tidak teratur. Adapun bahaya lainnya yang ditimbulkan seperti resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan banyak lagi.

loading...
Tags:tidur tidak teratur, akibat tidur tidak teratur, efek tidur tidak teratur, penyebab tidur tidak teratur, pola tidur efek, bahaya tidur tidak teratur, efek pola tidur tidak teratur, Akibat tidur yang tidak teratur, akibat tidur tidak teratut, apa yang terjadi jika tidur tidak teratur jelek?, bahaya pola tidur yg kurang, bahaya tidak tidur twratur, akibat tidur malam tidak teratur, dampak negatif dari tidur yg tidak teratur, dampak negatif tidur tidak teratur