Berikut 5 Menu Buka Puasa yang Sehat untuk Dikonsumsi

By Categories : Kesehatan

Menjalani puasa selama 30 hari penuh menjadi salah satu tantangan bagi umat muslim di seluruh dunia. Rasa lapar tentu akan menghampiri sampai tiba waktunya untuk berbuka puasa dengan makanan lezat. Namun sebagian orang masih melupakan betapa pentingnya memikirkan konsumsi makanan serta minuman yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

Menu Buka Puasa yang Sehat

Nah untuk itu sebaiknya disarankan untuk memperhatikan menu buka puasa yang sehat. Hal ini bertujuan untuk menjaga dan membantu tubuh untuk mendapatkan nutrisi cukup. Makanan-makanan di bawah ini dapat Anda jadikan sebagai makanan sehat yang bisa disantap saat berbuka puasa. Di samping itu bisa juga dikombinasikan dengan menu makanan kesukaan Anda.

Berikut Menu Buka Puasa yang Sehat untuk Dikonsumsi

Sayuran Hijau

Setelah waktu berbuka puasa tiba Anda dapat mengonsumsi menu makanan yang berasal dari sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin maupun serat. Maka dari itu sayuran hijau mudah untuk dicerna oleh tubuh. Namun hal yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi sayuran hijau adalah cara masak yang tidak membutuhkan waktu lama. Ini dikarenakan ketika sayuran dimasak dalam waktu lama justru membuat kandungan nutrisi menghilang.

Beras Merah

Menu buka puasa yang sehat selanjutnya adalah beras merah. Beras merah dapat dijadikan sebagai menu buka puasa berikutnya. Beras merah dapat Anda jadikan juga sebagai pengganti untuk beras putih. Pasalnya beras merah mengandung kandungan serat serta rendah gula dibandingkan dengan nasi putih. Di samping itu ketika mengonsumsi beras merah akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama serta mampu mengontrol kadar gula agar lebih stabil. Nasi merah baik dikonsumsi saat waktu berbuka maupun saat sahur.

Buah-Buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga perlu Anda konsumsi saat buka puasa tiba. Buah kaya akan vitamin yang mampu membuat tubuh menjadi lebih segar. Adapun buah yang dapat Anda konsumsi diantaranya seperti buah jeruk, semangka, lemon, atau buah pisang yang kaya akan karbohidrat. Buah-buahan juga dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan pada tubuh.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein yang juga dibutuhkan oleh tubuh terlebih lagi sangat cocok untuk dijadikan menu dalam buka puasa. Anda dapat mengkombinasikan antara kacang-kacangan dengan sayuran sehat ke dalam menu buka puasa. Sumber makanan seperti kacang-kacangan yang kaya akan protein membantu untuk penyesuaian tubuh sebelum mengonsumsi makanan berat lainnya.

Oat

Bagi Anda yang bosan mengonsumsi nasi putih atau nasi merah, Anda dapat mencoba oat. Oat akan lebih lezat ketika sudah dicampur dengan buah-buahan. Oat juga mengandung serat sehat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh. Makanan kaya akan serat ini lebih baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

Demikianlah tadi seputar ulasan mengenai menu buka puasa yang sehat untuk dikonsumsi yang dapat Anda jadikan sebagai referensi saat berbuka puasa. BAca juga artikel terkait Tips sehat menjalankan ibadah puasa.

loading...
Tags:menu saat buka puasa, makan buah sebagai menu buka puasa, makanan buka puasa yang baik bagi tubuh, menu buka puasa yang menyehatkan, menu buka puasa yang tahan dari pagi, minuman yg sehat di pagi hari