Buah-buahan Penambah Darah Terbaik untuk Mengatasi Anemia

By Categories : Kesehatan

Buah-buahan penambah darah merupakan makanan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi anemia. Anemia merupakan sebuah penyakit dimana kondisi tubuh kekurangan hemoglobin. Normalnya hemoglobn dalam darah adalah 13,5-18 gram/dl untuk pria dan 12-16 gram/dl untuk wanita. Seseorang yang menderita anemia akan sering merasa badan mudah lelah, rambut rontok, sakit kepala konjungtiva mata pucat, ujung jari berwarna putih ketika ditekan, sesak nafas, jantung berdebar-debar, dan kekebalan tubuh menurun.

Menderita penyakit anemia tentu sangat mengganggu kesehatan serta kenyamanan karena dapat menurunkan produktifitas bekerja. Untuk mengobati anemia dapat dilakukan dengan menggunakan cara-cara alami, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan penambah darah. Berbagai jenis buah memiliki nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan zat hemoglobin darah.

Ada banyak faktor penyebab anemia, diantaranya adalah kurangnya asupan nutrisi pembentuk sel darah merah faktor genetik, stress, pendarahan, atau karena penyakit tertentu yang menyebabkan penurunan sel darah merah. Selain itu, faktor hormonal juga dapat menyebabkan terjadinya sel darah merah seperti tag terjadi pada wanita hamil. Jika dibiarkan maka anemia dapat berakibat fatal sehingga harus segera dilakukan penanggulangan sejak dini agar tidak bertambah parah.

Aneka Buah-buahan Penambah Darah yang Efektif

buah-buahan

Buah memiliki sumber vitamin dan berbagai macam mineral yang baik untuk tubuh sebagai zat pengatur. Vitamin dan mineral ini memiliki peranan yang penting untuk mengatur metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja enzim dan hormon, serta berperan penting dalam pembentukan sel dalam jaringan tubuh, salah satunya adalah pembentuk sel darah merah. Berikut berbagai macam buah-buahan yang baik untuk penambah darah.

Jambu Biji

Jambu biji menjadi buah yang sering di olah menjadi jus karena rasanya yang enak. Buah ini memiliki daging berwarna merah dan ada juga yang berwarna putih. Untuk meningkatkan sel darah merah, Anda disarankan untuk mengonsumsi jambu biji yang berwarna merah. Jambu biji mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B1, serta zat besi yang memiliki peran penting dalam pembentukan hemoglobin sehingga baik untk penambah darah. Buah jambu juga baik untuk meningkatkan trombosit sehingga baik untuk penderita demam berdarah.

Mangga

Buah-buahan penambah darah yang dapat dikonsumsi selanjutnya adalah mangga. Buah mangga kaya akan serat alami dan sangat nikmat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus. Kandungan buah yang tersimpan pada buah mangga antara lain berbagai macam vitamin, asam folat, berbagai mineral seperti magnesium, zat besi, kalsium, tembaga, seng, dan mangan. Semua unsur vitamin dan mineral tersebut memiiki peran penting dalam pembentukan serta penyerapan sel darah merah di jaringan tubuh. Hal ini membuat mangga menjadi buah yang efektif untuk mengatasi anemia.

Jeruk

Buah jeruk dapat digunakan untuk penambah darah karena mengandung nutrisi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah seperti magnesium, asam folat, kalsium, zat besi, fosfor, serta berbagai macam vitamin. Selain itu, jaruk juga memiliki mengandung zat antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah jeruk selain dapat mengobati anemia, juga dapat untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Buah jeruk juga dapat menyegarkan tubuh serta mempercantik kulit.

Buah Naga

Buah naga mengandung zat besi, kalsium, fosfor, vitamin C, B1, B3 serta berbagai mineral penting lainnya. Buah naga juga terkenal ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Untuk mengatasi anemia, disarankan untuk mengonsumsi buah naga yang memiliki daging berwarna merah. Buah naga merah memiliki zat pembentuk sel darah merah serta menurt beberapa penelitian, buah ini memiliki kandugan zat antioksidan yang tinggi.

Apel

Buah-buahan penambah darah yang efektif selanjutnya adalah apel. Buah ini dapat dikonsumsi secara rutin bagi penderita anemia. Kandungan nutrisi pada buah apel antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin C, megnesium, zat besi, natrium, kalium, seng, asam folat, dan fosfor. Apel juga buah yang mengandung serat tinggi sehingga baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, buah apel juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Anggur

Di dalam buah anggur mengandung zat penting seprti zat besi, kalsium, mangan, magnesium, fosfor, aklium, seng, dan natrium. Selain dapat mengatasi anemia, buah anggur juga berkhasiat untuk mencegah jantung koroner, mengatasi insomnia, mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi, mengatasi diabetes, menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah osteoporosis, serta menjaga kesegaran kulit.

baca juga : tips mengatasi anemia pada ibu hamil

Itulah buah-buahan penambah darah yang perlu Anda ketahui. Anda dapat mengonsumsi buah-buahan di atas secara langsung atau dibuat jus. Bagi penderita anemia selain rutin mengonsumsi buah juga harus banyak beristirahat dan jauhi begadang. Hindari kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, serta jauhi stress. Penderita juga disarankan untuk rutin melakukan olehraga agar sistem peredaran darah menjadi lancar. Selain itu, banyak mengonsumsi air putih juga baik untuk menjaga kesimbangan cairan di dalam tubuh.

loading...
Tags:kumpulan buah buahan penambah darah, buah buahan penambah darah, kumpulan buah penambah darah, gambar buah buahan