Buah Penurun Darah Tinggi

By Categories : Kesehatan

Hipertensi atau sering disebut darah tinggi merupakan tekanan darah di arteri meningkat. Tekanan darah yang meningkat ini menyebabkan jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Sehingga ini akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti sakit kepala, vertigo hingga pingsan selain itu tekanan darah tinggi juga dapat memicu penyakit kronis lainnya seperti gagal jantung dan juga stroke.

Darah tinggi bisanya disebabkan karena keturunan, faktor usia dan juga pola makan yang tidak sehat. Ada beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satunya yaitu mengonsumsi buah penurun darah tinggi berikut ini!

acaf69a47291143b36612c5b483fc572_XL

Daftar Buah penurun hipertensi paling ampuh

Jeruk

Buah penurun hipertensi yang pertama adalah buah jeruk. Selain sangat enak untuk dikonsumsi buah jeruk juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama dalam menurunkan darah tinggi.  Ini karena kandungan potasium pada buah jeruk dapat  menstabilkan tekanan darah. Tak hanya itu, vitamin C dan serat juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

Tomat

Sama seperti jeruk, sayur dan juga buah tomat kaya akan vitamin C, serat, potasium dan sedikit mengandung sodium. Sehingga buah tomat merupakan salah satu buah yang efektif untuk menurunkan tekanan darah. Namun sebaiknya pilihlah tomat segar untuk dijus. Karena olahan tomat yang dijual diberbagai supermarket biasnya mengandung sodium tinggi yang tidak baik bagi kesehatan Anda.

Buah berry

Pada umumnya ada beberapa jenis buah yang termasuk dalam kategori buah berry. Apa saja? raspberry, strawberry, blackberry dan juga blueberry. Tahukah Anda dalam satu mangkuk buah berry mengandung 200 mg potasium? Sedangkan seorang yang menderita darah tinggi setidaknya membutuhkan 4.700 mg potasium per hari. Dalam pengolahannya Anda dapat langsung memakannya atau juga bisa diolah menjadi jus. Selain mengandung potasium, buah berry juga mengandung serat dan juga vitamin C.

Mengkudu

Biasanya setiap orang tidak menyukai buah mengkudu karena rasa dan baunya yang tidak enak. Namun siapa yang menyangka bahwa buah ini kaya akan manfaat yang baik bagi tubuh. Kandungan nutrisi pada mengkudu dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, buah mengkudu juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Baca juga manfaat mengkudu bagi kesehatan.

Pisang

Buah penurun darah tinggi selanjutnya adalah buah pisang. Pisang merupakan salah satu buah yang paling populer dan banyak diminati masyarakat. Selain memiliki rasa yang enak, buah pisang juga kaya akan kalium yang sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun tak hanya itu saja manfaat pisang untuk kesehatan, kandungan potasium dalam buah ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Alpukat

Sama seperti buah lainnya, alpukat juga memiliki banyak sekali nilai gizi seperti vitamin C, vitamin E, kalsium dan juga serat. Kandungan bahan-bahan alami tersebut dapat membantu tubuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi. Vitamin E yang terkandung dalam buah alpukat juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

Kiwi

Berikutnya adalah dengan memanfaatkan buah kiwi. Selain vitamin C, buah kiwi juga kaya akan serat dan kalsium yang sangat tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, buah kiwi juga terbukti untuk menyembuhkan hipertensi. Selain dapat mengatasi tekanan darah tinggi, buah yang berasal dari Cina ini juga memiliki manfaat untuk mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan kulit.

Blewah

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? buah blewah seringkali dimanfaatkan oleh hampir setiap orang untuk es buah ataupun jenis minuman lainnya. Dikatakan sebagai buah penurun darah tinggi paling mujarab karena blewah kaya akan potasium yang sangat ampuh untuk menstabilkan tekanan darah agar lebih normal.

Cokelat

Selain buah, ada juga makanan yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi salah satunya yaitu cokelat. Cokelat kaya akan antioksidan  yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui antioksidan yang terkandung didalamnya mampu menurunkan tingginya tekanan darah dalam tubuh. Namun yang perlu diingat, jenis cokelat yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah cokelat hitam ataupun jenis cokelat murni yang memiliki rasa pahit tanpa tambahan pemanis dan bahan lainnya.

Ikan salmon

Sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi ikan sesuai dengan jumlah yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Salah satu manfaat ikan salmon adalah menurunkan tekanan darah. tTak hanya itu saja, ikan salmon juga kaya akan asam folat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat yang terkandung di dalamnya memiliki manfaat untuk mencegah bayi lahir prematur serta kelainan.

Itulah beberapa buah penurun darah tinggi alami dan paling ampuh. Selain mengonsumsi buah tersebut Anda juga harus tetap menerapkan pola hidup yang sehat dan berolahraga secara rutin agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

loading...
Tags:buah pir obat darah tinggi, sawo bagi penderita hipertensi, buah pir pa bisa nurun kan darah tinggi, Buah pir buat darah, buah pir bisakah utk menurunkan darah, buah pir bisa menurunkan darah tinggi, boleka darah tnggi makan buah per, bisakah buah pir turunkan darah tinggi, apakahbuah pepaya bisa menurunkan darah tinggi, Apakah sawo menurunkan darah, apakah makan buah fear bisa mengurangi darah, apakah buah pir termasuk obat penurun darah tinggi, apakah buah pir menurunkan tekanan darah, apakah buah per dapat menurunkan tekanan darah, apajah buah pir baik untuk kurang darah