Cara Ampuh Membersihkan Karang Gigi

By Categories : Kesehatan

Membersihkan karang gigi memang harus dilakukan secara rutin agar kesehatan mulut tetap terjaga. Meskipun rutin menggosok gigi, pada umumnya permukaan gigi sebetulnya tidak pernah bersih sepenuhnya. Hal ini dikarenakan adanya lapisan biofilm pada gigi. Biofilm merupakan lapisan di mana terdapat banyak sekali mikroorganisme jahat, yang kemudian akan bergabung dengan sisa makanan yang disebut dengan plak gigi. Jika plak tersebut tidak dibersihkan dengan terataur maka plak akan mengeras sehingga membentuk karang gigi. Selain dapat membuat gigi tampak tidak sehat, karang gigi juga dapat menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap.

Sebelum membahas mengenai cara membersihkan karang gigi, ada baiknya Anda mengetahui penyebab dari karang gigi ataupun plak pada gigi. Penyebab utama dari hal ini adalah tidak rutin menggosok gigi. Sisa makanan yang masih berada di sela-sela gigi dapat menyebabkan karang gigi. Oleh karena itu, setelah makan dan sebelum tidu pastikan Anda menggosok gigi terlebih dahulu agar sisa makanan tidak membusuk di dalam mulut dan menyebabkan karang gigi,

Selain karena jarang membersihkan gigi, terlalu sering mengonsumsi makanan manis juga dapat menyebabkan hal ini. Bagi Anda yang sering makan makanan yang mans-manis, sangat berisiko menimbulkan karang gigi. Karena makanan manis yang Anda konsumsi sangat mudah melekat di gigi Anda.

Membersihkan Karang Gigi

Membersihkan Karang Gigi

Berikutnya adalah karena tidak rajin berkumur. Meskipun hal yang sangat sepele, akan tetapi berkumut juga sangat efektif untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih bersembunyi di dalam gigi. Oleh karena itu bagi Anda yang tak ingin memiliki karang gigi, biasakanlah berkumur setelah makan.

Merokok. Perokok berat memiliki risiko yang besar mengalami karang gigi. Namun tak hanya itu saja, asap rokok dan tembakau dapat membuat gigi terlihat lebih kuning dan tidak sehat.

Nah itulah beberapa penyebab dari karang gigi, lantas bagimana cara mengatasi hal ini? Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara ampuh membersihkan karang gigi yang dapat Anda coba.

Cara  ampuh dan alami membersihkan karang gigi

Menyikat gigi secara rutin

Cara yang pertama adalah dengan cara menyikat gigi secara rutin. Meskipun tidak sepenuhnya mampu membersihkan karang pada gigi, menyikat gigi secara rutin merupakan cara ampuh untuk mencegah terbentuknya plak pada gigi yang menyebabkan terbentuknya karang gigi dan bau mulut. Pilihlah pasta gigi yang mengandung flouride atau tartar control. Ini karena zat tersebut dapat terbukti dapat mengatasi karang gigi.

Menggunakan benang gigi

Cara yang kedua adalah dengan cara menggunakan benang gigi atau dental floss. Anda dapat membelinya di apotik terdekat dengan harga yang terjangkau. Penggunaan benang gigi secara rutin juga merupakan cara ampuh untuk membersihkan karang gigi. Gunakanlah benang gigi secara rutin  setelah menggososk gigi, caranya pun mudah  yaitu  bersihkanlah sela-sela gigi dengan gerakan menarik dari atas ke bawah.

Mengonsumsi melon

Cara membersihkan karang di gigi selanjutnya adalah dengan mengonsumsi melon. Tak usah repot-repot pergi ke dokter untuk membersihkannya, Anda dapat memanfaatkan buah yang satu ini. Kandungan air yang melimpah pada buah melon berguna untuk memproduksi air liur. Seperti yang Anda ketahui air liur berguna untuk membersihkan sisa makanan dan plak yang terdapat di permukaan gigi secara alami.

Mengonsumsi apel

Selain melon, Anda juga dapat memanfaatkan buah lainnya yaitu apel. Selain dapat membantu menjaga kesehatan gigi, mengonsumsi apel secara rutin juga berguna untuk membersihkan karang yang terdapat pada gigi. Hal ini dikarenakan apel kaya akan vitamin yang mampu mengurangi karang gigi. Oleh karena itu tidak ada salahnya mengonsumsi buah ini dalam setiap harinya.

Air putih

Cara ampuh membersihkan karang gigi Berikutnya adalah dengan menggunakan air putih.  Mengonsumsi air putih juga dapat mengangkat serta membersihkan kotoran yang ada di sela-sela gigi. Sehingga ini akan membuat plak gigi akan terkikis sedikit demi sedikit yang pada akhirnya hal ini akan mencegah terbentuknya karang gigi. Mulailah mengonsumsi air putih 2 liter atau setara dengan 8 gelas dalam setiap harinya. Selain bermanfaat untuk kesehatan, air putih yang Anda minum pun dapat mencegah terbentuknya karang gigi.

Berkumur setelah makan

Seperti yang Anda ketahui, tidak pernah berkumur setelah makan merupakan salah satu penyebab dari terbentuknya karang gigi. Oleh karena itu jika Anda tak ingin karang gigi terbentuk rajinlah berkumur setelah makan. Berkumur merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengikis sisa makanan yang menempel di gigi.

Periksakan gigi setiap 6 bulan sekali

Banyak dari orang yang hanya mengunjungi dokter gigi ketikaterjadi masalah pada giginya. Namun tahukah Anda memeriksakan gigi secara teratur adalah hal dianjutkan. Hal ini sangat berguna agar gigi selalu sehat dan ketika plak gigi sudah mulai muncul dokter bisa dengan mudah membersihkannya.

Baca juga  cara memutihkan gigi secara alami

Demikianlah ulasan mengenai cara ampuh membersihkan karang gigi.

Tags:wanita ini mempunyai karang gigi