Cara Diet Sehat Alami untuk Remaja Paling Mudah

By Categories : Kesehatan

Cara diet sehat alami untuk remaja tentu banyak dicari karena pada usia tersebut penampilan menjadi hal yang sangat penting. Memiliki bentuk tubuh yang ideal menjadi cara terbaik untuk mendapatkan penampilan yang cantik. Selain itu, pada usia remaja biasanya orang akan menunjukkan jati diri mereka untuk bersosialisasi terhadap lingkungan. Seperti yang kita ketahui bahwa memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah keinginan semua orang. Namun, untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal tidak semudah yang kita bayangkan. Bagi remaja yang memiliki bentuk tubuh gemuk, menurunkan berat badan biasanya akan terasa susah karena usia remaja masih dalam tahan pertumbuhan.

Meski demikian, jika memiliki berat badan berlebih pada usia remaja sebaiknya harus berusaha lebih keras agar tubuh menjadi ideal. Selain merubah pola hidup sehat, salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet. Cara diet sehat alami untuk remaja perlu dilakukan agar terhidar dari obesitas. Obesitas tentu akan tidak baik untuk kesehatan dan dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, obesitas juga dapat menurunkan rasa percaya diri bagi anak remaja.

cara diet sehat alami untuk remaja

diet sehat alami

Di dunia ini banyak remaja putri yang melakukan diet ketat untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Namun pada kenyataannya, cara diet yang mereka lakukan justru salah dan membahayakan kesehatan. Banyak remaja yang menjadikan tubuh langsing menjadi patokan untuk mendapatkan penampilan yang menarik. Padahal, yang perlu mereka ketahui adalah memiliki tubuh yang sehat serta mengetahui kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Inilah Cara Diet Sehat Alami untuk Remaja yang Baik

Melakukan diet yang salah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada remaja karena biasanya mereka tidak memperhatikan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu, bagi remaja pria maupun putri, menurunkan berat badan dengan cara yang sehat sangat dianjurkan. Hindari melakukan diet ektrim tanpa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Berikut beberapa cara sehat untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal yang dapat dilakukan.

Cukup Tidur

Berat badan berlebih pada anak remaja tidak hanya disebabkan karena makanan, melainkan juga dapat dikarenakan tidak cukupnya waktu tidur. Menurut beberapa penelitian, seseorang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup dapat menyebabkan berat badan berlebih. Untuk itu, mulai saat ini Anda harus memiliki waktu tidur paling tidak 8 jam sehari.

Mengonsumsi Banyak Air Putih

Cara diet sehat alami untuk remaja selanjutnya adalah dengan mengosumsi banyak air putih. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar maka seseorang dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Selain itu, cara tersebut juga dapat membuat Anda terindar dari dehidrasi. Untuk remaja yang ingin menurunkan berat badan maka disarankan untuk meminum air putih setidaknya 2 gelas sebelum mengonsumsi makanan. Cara ini dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan hingga 2,5 kg dibanding mereka yang tidak minum air putih sebelum makan.

baca juga : manfaat minum air hangat di pagi hari

Minum Teh Hijau

Seperti yang kita ketahui bahwa teh hijau memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah menurunkan berat badan secara efektif. Teh hijau mengandung carechin serta antioksidan yang dapat membantu memperceat pembakaran kalori tubuh. Jika rutin mengonsumsi teh hijau maka berat badan akan lebih cepat berkurang.

Mengonsumsi Sayur dan Buah-buahan

Cara diet sehat alami untuk remaja selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan segar. Perlu kita ketahui bahwa saur dan buah-buahan mengandung serat alami yang dapat mengurangi banyak lemak. Hal ini membuat feses akan mudah membesar karena serat memiliki sifat menyerap air. Untuk orang dewasa membutuhkan 21 gram serat per hari. Dan bagi remaja yang sedang melakukan diet maka disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah sekitar 5 mangkuk per hari. Sayuran terbaik yang dapat dikonsumsi adalah sayuran hijau. Sedangkan untuk buah, Anda dapat memilih buah berry.

Atur Pola Makan

Agar cepat mendapatkan berat badan ideal maka harus mengatur pola makan yang baik. Mulailah dengan sarapan dengan 300-400 kalori dan hindari makanan yang berlemak tinggi. Sarapan yang bisa Anda pilih adalah roti gandum yang dipanggang serta telur dadar dan 1 mangkuk salad. Selain itu, Anda juga dapat memilih menu 100 grm nasi dan 1 potong ikan yang ditambah 1 mangkuk sayuran.

Olahraga

Selain makanan, hal yang dapat dilakukan saat diet sehat untuk remaja adalah dengan melakukan olaraga. Semua orang tentu percaya bahwa olahraga merupakan cara terbaik untuk membakar lemak di tubuh. Lakukan olahraga secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa olahraga yang dapat Anda lakukan adalah bersepeda, jogging, senam, renang, dan sebagainya. Selain mempercepat pembakaran lemak, olahraga tersebut juga baik untuk kesehatan jantung dan bagian organ tubuh lainnya.

baca juga : makanan pengganti nasi saat diet

Itulah beberapa cara diet sehat alami untuk remaja yang dapat Anda coba di rumah.

loading...
Tags:style ke kampus hijab syari, style ngampus syari/, Foto tampil modìs dengan hijab, cara pakaian anak kuliahan untuk wanita berhijab, tips agar cepat gemuk, Model berbusana dan merias muka yang pas untuk kepesta pernikahan remaja berhijab, Pakaian kuliah muslim, obat telat datang bulan alami, Muslimah cantik dan syari, Gambar wanita hijab syari, foto hijab syari, Fashion syari ke kampus, Wanita cantik dengan hijab syari, cara cpt bikin gemuk, Cara membuat kerudung syari jubah