Cara Jitu Mencegah Obesitas pada Wanita

By Categories : Kesehatan

Obesitas atau kegemukan menjadi hal yang mengerikan bagi setiap orang. Kebanyakan orang tentu tidak ingin mengalami kegemukan entah itu pria maupun wanita. Apalagi untuk kalangan wanita, mereka akan berusaha untuk diet ketika berat badan naik secara tidak normal. Selain kurang ideal pada penampilan, kegemukan juga bisa menyebabkan permasalahan bagi kesehatan di antaranya seperti resiko terkena penyakit jantung, stroke, bahkan diabetes.

Adapun penyebab dari obesitas misal seperti terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, jarang berolahraga, dan juga sering ngemil di malam hari. Nah untuk itu pada kesempatan kali ini membahas mengenai 5 cara jitu mencegah obesitas pada wanita. Langsung saja berikut pembahasannya!

Mencegah Obesitas pada Wanita

Berikut 5 Cara Mencegah Obesitas pada Wanita yang Perlu Anda Ketahui

Mengonsumsi Daging Tanpa Lemak

Bagi Anda yang bukan vegetarian dan suka mengonsumsi daging sebaiknya mulai sekarang memilih daging tanpa lemak. Cara yang satu ini dapat mencegah obesitas atau kegemukan pada tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa daging mengandung protein yang dibutuhkan wanita untuk mencegah kegemukan, daging yang dapat dipilih seperti daging ayam kampung, bebek yang tentunya sudah dipisahkan dengan lemaknya.

Mengonsumsi Kacang-kacangan

Mencegah obesitas pada wanita selanjutnya adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Selain untuk mencegah obesitas, kacang-kacangan juga merupakan makanan pembentuk otot tubuh. Lemak yang ada di dalam kacang-kacangan membantu Anda untuk merasa kenyang lebih, sehingga mencegah Anda untuk merasa lapar lebih yang dapat memicu obesitas. Di sisi lain berdasarkan studi yang dilakukan bahwa orang yang mengonsumsi kenis kacang-kacangan akan memiliki tubuh dengan berat yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali. Salah satu jenis kacang yang dapat dijadikan untuk mencegah obesitas adalah kacang almond.

Mencukupi Makanan yang Berserat

Makanan yang berserat baik untuk kesehatan sistem pencernaan tubuh. Untuk masalah sembelit dapat di atasi dengan mengonsumsi makanan berserat. Fakta lainnya bahwa makanan yang berserat berperan untuk mencegah obesitas. Ini dikarenakan makanan yang mengandung serat memiliki kandungan lebih sedikit kalori, banyak protein, dan sedikit lemak. Makanan berserat yang direkomendasikan untuk wanita adalah beras merah dan gandum yang merupakan pilihan terbaik.

Mengonsumsi Sayuran Hijau

Untuk Anda yang kurang suka mengonsumsi sayuran hijau, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsinya. Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi untuk tubuh yang berguna dalam mencegah obesitas pada tubuh wanita. Sayuran hijau yang bisa ditambahkan ke dalam menu makan harian seperti brokoli, sawi, bayam, dan kubis. Sayuran tersebut rendah akan kalori serta memiliki kadar air yang cukup tinggi.

Mengurangu Makanan Cepat Saji dan Alkohol

Tips yang terakhir untuk mencegah obesitas pada wanita adalah mengurangi makan makanan yang bersifat cepat saji serta minuman yang mengandung alkohol. Minuman beralkohol ditambah dengan makanan cepat saji atau dikenal dengan junk food akan mudah menyebabkan tubuh wanita mengalami kenaikan berat badan yang tak wajar. Untuk itu dalam mencegah sebaiknya menghindari minuman beralkohol serta mengurangi makanan cepat saji.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai 5 cara jitu mencegah obesitas pada wanita yang bisa Anda ketahui. Selain mengonsumsi makanan di atas, jangan lupa untuk tetap berolahraga. Baca juga artikel terkait mengenai Cemilan diet yang menyehatkan.