Cara Melembutkan Rambut Secara Alami

By Categories : Kecantikan

Cara melembutkan rambut secara alami menjadi langkah penting untuk membuat rambut lebih indah dan sehat. Rambut merupakan mahkota wanita yang wajib dijaga kesehatannya. Hal ini karena memiliki rambut yang indah dan lembut tentunya dapat menambah rasa percaya diri serta dapat membuat penampilan menjadi lebih menarik. Selain perawatan wajah, para wanita pun rela merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan berbagai macam serangkaian perawatan rambut. Namun jika Anda tidak memiliki banyak biaya pergi ke salon untuk melakukan perawatan, Anda dapat melakukan serangkaian perawatan sendiri di rumah.

Selain sangat mudah dilakukan, perawatan yang Anda lakukan di rumah juga sangatlah murah dan dapat Anda lakukan di sela-sela pekerjaan rumah tangga Anda. Nah berikut adalah cara melembutkan rambut secara alami yang dapat Anda lakukan.

cara melembutkan rambut secara alami

ramput panjang alami

Cara Melembutkan Rambut Secara Alami dengan Mudah

Madu dan pisang

Cara yang pertama adalah dengan cara menggunakan madu dan pisang. Manfaat madu untuk kecantikan memang sudah dikenal sejak dahulu. Selain dapat mencerahkan kulit wajah dan mengatasi jerawat, madu bermanfaat untuk melembutkan rambut. Caranya pun mudah yaitu campurkan madu dengan pisang yang sudah dilumatkan. Setelah itu, oleskan bahan tersebut pada rambut yang sudah dikeramas kemudian diamkan hingga 30 menit lalu bilas hingga bersih. Selain melembutkan rambut, perawatan ini juga akan membuat rambut tampak hitam dan berkilau.

Gel aloe vera

Cara melembutkan rambut secara alami yang kedua adalah dengan cara menggunakan gel aloe vera. Untuk mendapatkan rambut yang halus dan teratur, Anda tidak perlu mengeluarkan budget. Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang dapat Anda temui dengan mudah yaitu lidah buaya. Sampai saat ini lidah buaya masih digunakan untuk merawat rambut. Bahkan ada pula perusahaan kosmetik yang menggunakan ekstrak lidah buaya untuk campuran. Kandungan enzim pada lidah buaya bermanfaat untuk melembutkan rambut. Caranya, oleskan batang lidah buaya pada rambut Anda hingga merata. Diamkan dan kemudian bilas. Penggunaan secara teratur dapat membantu Anda untuk mendapatkan rambut lembut dan tebal.

Masker alpukat dan mayonaise

Selanjutnya adalah dengan cara menggunakan masker alpukat dan mayonaise. Alpukat sangat nikmat jika dinikmati sebagai jus ataupun hidangan lainnya. akan tetapi selain memiliki manfaat untuk mengenyangkan perut, alpukat juga dapat Anda manfaatkan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Caranya membuatnya pun sangat mudah dan sederhana, yaitu campurkan alpukat dengan mayonaise kemudian oleskan pada rambut. Setelah itu bungkus rambut dengan menggunakan shower cup selama beberapa jam. Lalu Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Masker alpukat

Berikutnya adalah dengan menggunakan masker alpukat. Alpukat juga kaya akan vitamin yang dapat membuat rambut tampak halus.  Caranya, oleskan masker alpukat selama 1 jam dan gunakan handuk atau shower cup. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan rambut yang satu ini secara teratur agar rambut selalu lembut dan sehat.

Menggunakan minyak jarak

Tak hanya biji jarak saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Minyak jarak juga mengandung bahan-bahan yang baik untuk menjaga kelembaban rambut dan membuatnya lebih lembut. Caranya, pijat lembut kulit kepala Anda dengan menggunakan minyak jarak yang sudah dihangatkan. Lalu sisir rambut dengan menggunakan tangan dan bungkus rambut dengan menggunakan handuk panas selama 30 menit. Setelah itu, keramaslah hingga bersih.

Yoghurt dan telur

Cara melembutkan rambut secara alami Caranya campurkan telur dengan enam sendok makan yoghurt. Aduk hingga rata lalu oleskan pada rambut dan pijat rambut selama beberapa menit agar kandungan yang ada di dalam yoghurt dan telur meresap dalam rambut. Bungkus dengan handuk dan diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Minyak gandum dan cuka sari apel

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan minyak gandum dan cuka sari apel. Tak usah menggunakan buah alpukat cukup mencampurkan minyak gandum dan cuka sari apel. Masker rambut alami tersebut sangat ampuh untuk mengatasi rambut rusak dan melembutkan rambut yang kasar. Caranya, campurkan kedua bahan alami tersebut lalu oleskan pada rambut setelah  keramas secara.

Gunakan minyak alami

Minyak alami juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Minyak alami yang dapat Anda gunakan adalah minyak kelapa, minyak almond ataupun minyak bunga matahari. Menggunakan minyak alami lebih efektif jika dibandingkan dengan menggunakan produk-produk jel rambut dan lainnya. Karena produk-produk tersebut jika sering digunakan dapat membuat rambut menjadi lengket.

Gunakan teknik blow drying

Terkadang menggunakan teknik blow drying justru dapat merusak rambut Anda. Akan tetapi penerapan teknik blow drying yang dilakukan dengan benar dapat membuat rambut tampak lembut. Dan pastikan rambut Anda beristirahat secara berkala agar tetap sehat dan lembut.

Nah itulah beberapa cara melembutkan rambut secara alami. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami lainnya seperti minyak zaitun ataupun minyak kemiri yang banyak dijual di pasaran.

Tags:Busana syar\i ibu muda yang pas, Tampil modis syar\i