Cara Melindungi Mata dari Radiasi Komputer

By Categories : Kesehatan

Dengan adanya perkembangan zaman yang serba canggih seperti saat ini, kemunculan komputer sangatlah berharga. Karena dapat memberikan banyak informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hampir semua orang pada saat ini mencari informasi lewat internet, sehingga komputer menjadi barang yang sangat lumrah dalam kehidupan kita. Tidak sedikit orang yang seharian hanya duduk di depan komputer untuk melakukan pekerjaan ataupun sekedar bermain. Komputer memang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan seseorang yang dimana dengan adanya komputer semua kerjaan akan dengan cepat diselesaikan, banyak menambah pengetahuan dan informasi dan lain sebagainya, namun pakah Anda tahu jika komputer juga sangat berbahaya bagi kesehatan mata yang dikarenakan oleh radiasi pada komputer. Baca juga Jenis penyakit akibat radiasi handphone.

Saat ini banyak sekali anak muda yang terkena penyakit ketegangan mata akibat radiasi komputer. Hal itu biasanya dikarenakan oleh kecerahan komputer yang tidak sesuai, menantap layar dengan terlau lama hingga mengubah bentuk retina. Itulah salah satu faktor umum yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada mata akibat radiasi komputer. Jika dibiarkan terus menerus, maka tentunya tidak baik untuk kesehatan. Ada beberapa cara melindungi mata dari radiasi komputer yang bisa Anda coba di rumah. Simak ulasan berikut ini.

Cara Melindungi Mata dari Radiasi Komputer

Beberapa Cara Melindungi Mata dari Radiasi Komputer

  • Menggunakan pelindung layar komputer untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan oleh komputer.
  • Selain menggunakan pelindung layar komputer, Anda juga bisa menggunakan kacamata dengan lensa khusus untuk komputer. Maka dengan bagitu tingkat keamanan dalam kesehatan mata akan semakin terjaga.
  • Sesuaikan pencahayaan monitor Anda sesuai dengan intensitas kenyamanan mata. Pencahayaan yang terlalu terang dan terlalu buram sangat tidak baik untuk kesehatan mata. Lebih baiknya sesuaikan brightness dan contrast monitor hingga mata Anda bisa melihat dengan nyaman, biasanya cukup 30-50 saja.
  • Sering mengedipkan mata sesekali agar menghindari mata menjadi kering. Biasanya orang yang sedang asyik di depan komputer membuat mata ini melotot atau tidak berkedip dalam waktu yang lama. Hal itu akan membuat mata kering dan menyebabkkan iritasi pada mata. Maka untuk menghindari hal tersebut sesekali Anda mengedipkan mata untuk melembabkan mata kembali.
  • Hindari melihat dua fokus yang berbeda dalam satu pandangan, karena itu tidak baik untuk kesehatan mata. Bahaya yang akan terjadi adalah mata Anda akan bisa mempunyai gerakan reflek yang berbeda artinya akan terjadi kelainan pada kornea mata Anda.

Nah itulah cara untuk melindungi mata dari radiasi komputer. Mengingat mata merupakan bagian tuvuh yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, maka kesehatan mata pun harus selalu dijaga setiap saat agar terhindar dari berbagai penyakit mata. Baca juga Tips menjaga kesehatan mata.

loading...