Cara Membuat Masker Rambut Menggunakan Bahan Alami

By Categories : Kecantikan

Cara membuat masker rambut sebenarnya cukup mudah. Setiap orang tentu ingin memiliki rambut yang sehat, terutama para wanita. Bagi mereka, rambut merupakan mahkota yang wajib untuk dijaga. Rambut merupakan bagian dari tubuh yang sangat berpengaruh terhadap penampilan. Hal ini yang membuat rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang perlu perawatan khusus.

Permasalahan pada rambut memang sangat mengganggu dan membuat seseorang tidak nyaman. Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan tentu akan berisiko mengalami permasalahan rambut lebih besar. Hal ini karena rambut sering terkena sinar matahari atau polusi udara. Selain itu, penyebab rambut rusak lainnya adalah karena salah memilih shampoo, penggunaan alat catok, hairdryer, pewarnaan rambut, dan sebagainya.

Untuk menghindari hal tersebut maka dibutuhkan perawatan khusus, yakni menggunakan masker rambut. Meski sudah banyak masker rambut yang dijual di pasaran tetapi Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat masker rambut sangat mudah dan lebih terjangkau. Bahan yang digunakan adalah bahan alami. Ada banyak sekali bahan alami di sekitar kita yang dapat digunakan untuk perawatan rambut. Bisanya bahan alami tersebut berasal buah-buahan seperti pisang, pepaya, alpukat, dan sebagainya.

Bahan alami memang sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk perawatan rambut. Bahkan saat ini banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan alami sebagai bahan dasarnya.

Cara Membuat Masker Rambut yang Mudah

masker

Beberapa bahan alami di bawah ini selain baik untuk perawatan rambut juga baik untuk menutrisi kulit kepala. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat masker rambut.

Alpukat

Seperti yang kita ketahui bahwa alpukat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain dapat dijadikan sebagai minuman segar, alpukat juga dapat dijadikan sebagai masker rambut alami. Cara membuatnya juga cukup mudah, yakni dengan menyiakan 1 buah alpukat yang sudah matang, ½ gelas susu, dan 1 sendok the minyak zaitun.

Campurkan semua bahan di atas hingga benar-benar lembut atau berbentuk seperti pasta. Setelah lembut, oleskan ke seluruh bagian rambut hingga merata kemudian diamkan hingga 15 menit. Setelah masker benar-benar terserap ke kulit kepala maka Anda dapat membilasnya hingga bersih.

Telur

Cara membuat masker rambut selanjutnya adalah menggunakan telur. Telur mengandung vitamin A dan vitamin B12 yang baik untuk memperbaiki serta merawat rambut rusak. Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan 1 buah telur, 2 sendok makan minyak zaitun, secangkir susu, dan air perasan jeruk lemon. Campurkan semua bahan tersebut hingga merata lalu oleskan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Gunakan shower cap agar kandungan masker tersebut dapat meresap ke dalam kulit kepala.

Cara sederhana lainnya adalah dengan mencampurkan 2 butir telur yang sudah dikocok dengan menggunakan air panas. Setelah itu Anda dapat mengoleskannya ke kulit kepala dan pijat seara perlahan dan teratur. Diamkan hingga 15 menit agar masker dapat meresap kemudian bilas menggunakan air dingin.

Yogurt

Bahan alami yang dapat digunakan selanjutnya adalah dengan menggunakan yogurt. Yogurt yang biasa dikonsumsi dapat menjadi bahan alami yang efektif dalam perawatan rambut, salah satunya adalah membuat rambut menjadi lebih berkilau. Cara membuat masker rambut menggunakan yogurt juga cukup mudah. Langkah pertama adalah siapkan 1 butir telut serta 6 sendok yogurt. Ambil putih telur lalu kocok sehingga berbusa. Setelah itu tambahkan 6 sendok yogurt pada putih telur dan aduk hingga merata.

Oleskan campuran bahan tersebut pada rambut dan kulit kepala. Kemudian lakukan pijatan secara teratur dan perlahan. Anda dapat menggunakan shower cap agar masker dapat meresap dengan sempurna. Setelah 15 menit Anda bilas menggunakan shampoo dan air bersih.

Santan

Santan kelapa merupakan bahan yang sering digunakan sebagai camuran bumbu dapur. Namun ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk membuat masker rambut alami. Caranya adalah dengan menyediakan 50 l santan kelapa kental, lalu Anda dapat mengoleskan langsung ke bagian rambut. Setelah itu, bungkus rambut Anda menggunakan handuk hangat dan diamkan hingga 1 jam agar kandugan pada santan dapat meresap. Langkah terakhir adalah bilas rambut Anda menggunakan air hangat dan shampoo.

Pisang

Buah yang satu ini biasanya dijadikan sebagai buah penutup makanan. Selain memiliki rasa yang enak, buah ini juga memiliki manfaat untuk perawatan rambut. Membuat masker rambut alami menggunakan buah pisang cukup mudah, yakni dengan menyiapkan 2 buah pisang yang sudah masak kemudian campurkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun, 2 sendok minyak kelapa, dan 2 sendok makan madu murni.

Campurkan semua bahan tersebut hingga merata lalu oleskan ke seluruh bagian rambut hingga kulit kepala. Dimkan kurang lebih 10 menit lalu bilas rambut menggunakan air bersih.

baca juga : masker rambut kering dari bahan alami yang menyehatkan

Itulah beberapa cara membuat masker rambut alami yang perlu Anda ketahui.