Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Kulit Berjerawat

By Categories : Kecantikan

Seseorang yang memiliki kulit berjerawat pastinya harus melakukan perawatan lebih ekstra untuk mengatasi jerawat tersebut. Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab wajah berjerawat seperti aktivitas yang membuat kulit wajah berminyak, kulit wajah yang kotor dan juga malas mencuci wajah. Jika seseorang malas dalam mencuci muka hal ini tentunya dapat membuat berbagai macam kotoran dan debu menumpuk di wajah. Akibatnya ini akan membuat wajah semakin semakin berminyak, tampak kusam, pori-pori membesar dan tentunya dapat menyebabkan jerawat dan komedo.

cara mencuci muka

Pada umumnya ada beberapa cara mengatasi jerawat. Selain menggunakan krim penghilang jerawat dan menggunakan masker bahan alami, Anda juga dapat melakukan perawatan yaitu dengan cara memperhatikan cara mencuci muka. Dengan mencuci muka secara teratur ini akan membantu untuk meminimalisir jerawat akan muncul kembali. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara mencuci muka yang benar untuk kulit berjarawat!

Cara mencuci muka berjerawat dengan benar dan tepat

Pastikan tangan Anda bersih

Yang pertama adalah memastikan tangan Anda bersih. Meskipun terlihat seperti hal sepele, memastikan tangan bersih dari kotoran sebelum mencuci muka adalah hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan tangan akan bersentuhan langsung dengan muka. Jika tangan dalam keadaan kotor tentunya ini akan membuat bakteri yang ada di tangan dengan mudah berpindah tempat ke wajah Anda.

Gunakan pembersih wajah yang cocok

Cara mencuci muka yang kedua adalah dengan cara menggunakan pembersih wajah yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit Anda. pada umumnya hal ini merupakan masalah pribadi yang harus Anda perhatikan. Karena salah memilih pembersih wajah justru akan membuat wajah Anda semakin berjerawat dan tidak sehat. Jika Anda memiliki dana yang lebih, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit jenis pembersih apa yang cocok dengan jenis kulit Anda.

Gunakan air hangat dan air dingin

Seseorang yang bermasalah dengan jerawat biasanya memiliki masalah juga dengan wajah berminyak dan komedo yang ada di dalam pori-pori. Oleh karena itu untuk mengatasi hal ini sebelmu mencuci muka gunakanlah air hangat untuk membasuh wajah. Air hangat yang Anda gunakan bermanfaat untuk membuka pori-pori dan membersihkan kotoran yang menumpuk di dalam pori-pori. Sedangkan air dingin berguna untuk kembali pori-pori wajah tersebut.

Jangan terlalu sering mencuci wajah

Mencuci wajah secara teratur memanglah hal yang sangat dianjurkan, akan tetapi mencuci wajah secara terus menerus justru akan dapat membuat kulit wajah semakin kering dan iritasi. Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, mencuci wajah yang berlebihan akan membuat wajah semakin berminyak. Sebaiknya Anda mencuci wajah hanya dua kali dalam sehari.

Nah itulah beberapa cara mencuci muka yang benar untuk kulit wajah berjerawat. Baca juga artikel tentang Cara menghilangkan sel kulit mati pada wajah.

loading...
Tags:cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat, cara cuci muka yang benar buat menghilangkan jerawat