Cara Mengatasi Alergi Kulit Wajah Akibat Kosmetik

By Categories : Kecantikan

Cara mengatasi alergi kulit wajah akibat kosmetik merupakan salah satu hal yang sering ditanyakan oleh hampir setiap wanita. Karena alergi yang terjadi akibat kosmetik yang digunakan seringkali dialami oleh mereka yang tidak cocok menggunakan kosmetik tersebut.

Seperti yang Anda ketahui saat ini banyak sekali produk kecantikan serta kosmetik yang dijual bebas di pasaran. Jika kita tidak teliti dan berhati-hati dalam memilih produk kecantikan tersebut pastinya hal ini dapat menyebabkan kulit Anda alergi dan bahkan iritasi. Alergi merupakan salah satu jenis hipersenivitas yang disebabkan oleh reaksi yang berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu atau benda-benda asing yang berpotensi membuat tubuh alergi. Alergi sendiri bukanlah penyakit yang berbahaya, melainkan hanyalah sebuah respon tubuh terhadap kondisi disekitar.

Cara Mengatasi Alergi Kulit Wajah Akibat Kosmetik

Bagian tubuh yang sering kali mengalami iritasi adalah bagian kulit wajah. Hal ini dikarenakan kulit wajah  sangat sensitif dibandingkan kulit dibagian kulit tubuh lainnya. Alergi pada wajah dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kesalahan menggunakan kosmetik, pemakaian kosmetik yang sudah kadarluwarsa ataupun kosmetik yang mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Menurut ahli penata rias, Amri Mukhi yang di kutip di India of times mengatakan bahwa reaksi alergi pada kulit wajah akibat kosmetik memang sangat wajar dan bukanlah hal yang membahayakan jika cara mengatasinya dengan benar. Nah berkaitan dengan hal itu, berikut ini akan kami sajikan ulasan mengenai bagaimana cara yang tepat mengatasi alergi kulit wajah akibat kosmetik. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut!

Cara Mengatasi Alergi Kulit Wajah Akibat Produk Perawatan Wajah

Memperbanyak Antioksidan Alami

Yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan alami. Seperti memeprbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung antioksidan di dalamnya. Adapun jenis buah dan sayuran yang banyak mengandung antioksidan yaitu pisang, apel, tomat dan wortel. Kandungan antioksidan yang ada dalam buah dan sayur yang Anda konsumsi memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan wajah, mulai dari mencegah wajah dari radikal bebas serta mencegah terjadinya penuaan pada kulit.

Baca juga manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan

Mengonsumsi Teh Hijau

Yang kedua adalah dengan memanfaatkan teh hijau. Teh hijau kaya akan kandungan zat anthistamin yang dapat dapat membantu mengatasi alergi kulit wajah. Oleh karena tidak heran jika banyak yang menyarankan ketika mengalami alergi untuk mmengonsumsi tte hijau yang berguna untuk meminimalisir alergi pada tubuh. Selain mengonsumsinya, Anda juga bisa mengaplikasikan kantung rebusan teh hijau langsung ada wajah yang mengalami alergi. Lakukan hal ini secara rutin agar kulit terhindar dari alergi dan pastinya agar kulit senantiasa lebih sehat.

Menggunakan Bahan Alami

Reaksi alergi yang terjadi oleh setiap individu memang berbeda-beda tergantung dari kondisi kulitnya. Nah untuk lebih amannya Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang merupakan cara mengatasi alergi kulit wajah akibat kosmetik. Adapun bahan alami yang dapat dimanfaatkan adalah madu. Madu memang telah terkenal sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya ampuh untuk mengatasi alergi pada kulit wajah.

Hal ini dikarenakan masu memiliki kandungan serbuk sari yang dapat bermanfaat melawan reaksi alergi dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh. Selain menggunakan madu, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami berikut ini untuk mengatasi alergi. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

1. Lidah Buaya

Menggunakan lidah buaya juga merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, yaitu ambil beberapa batang lidah buaya lalu belah menjadi dua bagian. Setelah itu Anda bisa mengambil gel lidah buaya dan oleskan pada wajah sampai merata. Lidah buaya memiliki sifat mendinginkan, melembabkan serta dapat menyembuhkan kulit yang mengalami alergi.

2. Air Mawar

Yang kedua adalah dengan menggunakan air mawar. Saat ini sudah banyak produsen yang menjual air mawar, namun air mawar yang dijual di pasaran tidak semuanya mengandung bahan alami, ada beberapa air mawar yang sudah dicampur dengan bahan kimia. Untuk menghindari hal ini tak ada salahnya jika Anda membuat air mawar sendiri.  Caranya rendamlah kapas di air mawar lalu tempelkan pada wajah, pijat perlahan agar air mawar tersebut meresap. Kandungan senyawa baik dalam air mawar dapat meredakan radang serta ruam pada kulit yang terkena alergi.

Baca juga  Cara Mengatasi Alergi Kulit Akibat Alergi.

Nah itulah beberapa cara mengatasi alergi kulit wajah akibat kosmetik yang dapat Anda lakukan. Selain itu terdapat juga perilaku yang dapat mencegah alergi diantaranya adalah memperhatikan sirkulasi udara, hal yang dapat menyebabkan alergi salah satunya adalah karena faktor udara. Oleh karena itulah menjaga dan memperhatikan sirkulasi udara sangat penting, menggunakan masker dan jug selalu memperhatikan setiap kali menggunakan kosmetik.

Tags:cara menghilangkan gatal di wajah akibat kosmetik, mry paio bht kly ho gy ha us ka koy hl bty jyoti ki wajah alergi hoy the, madu untuk alergi wajah, apakah madu dapat mengobati alergi kosmetik pada wajah, cara cepat mengobati ruam kulit wajah akibat kosmetik, gambar kulit wajah yang beruntusan akibat kosmetik, cara merawat kulit yang alergi kosmetik, cara menyembuhkan wajah bruntusan akibat kosmetik, cara menyembuhkan alergi kulit wajah karna teh hijau, cara menyembuhka n gatal di wajah akibat salah kosmetik, cara mengobati wajah alergi akibat kosmetik, wajah bruntusan karena kosmetik, apakah madu busa mengobati ruam akibat kosmetik, cara menghilangkan bruntus yang gatal diwajah dengan teh, cara menghilangkan alergi kosmetik