Cara Mengatasi Anemia

By Categories : Kesehatan

Setiap orang tentunya ingin memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Suatu penyakit dapat menyerang setiap orang jika ia tidak memperhatikan makanan dan pola hidup mereka. Salah satu penyakit tersebut adalah anemia. Anemia disebabkan karena kurangnya hemoglobin dalam sel darah merah dan juga kurangnya volume darah pada tubuh. Baca juga makanan untuk menambah tekanan darah.

Seseorang yang terkena anemia biasanya menunjukkan gejala seperti, kurang aktif, letih, lesu, lemah, mudah capek dan lelah, pucat dan juga kurang konsentrasi saat melakukan berbagai macam aktifitas. Namun Anda jangan khawatir, Anda dapat mengatasi penyakit anemia dengan cara berikut ini!

obats-akit-kepala

Cara Mengatasi Anemia

Mengonsumsi buah dan sayur

Cara yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi buah dan sayur. Anda dapat mengonsumsi buah seperti anggur, semangka dan apel. Buah tersebut dipercaya dapat membantu meningkatkan darah. Selain mengonsumsi buah, Anda juga harus memenuhi asupan sayur pada tubuh.  Sayuran  yang bewarna hijau sangat baik untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh. Anda dapat menemukannya pada sayuran seperti, kol, brokoli, bayam, kubis dan juga bayam.

Mengonsumsi daging dan seafood

Jika Anda merasa terserang anemia, mulailah untuk mengonsumsi daging dan juga seafood. Daging dan seafood mengandung berbagai nutrisi seperti, vitamin B12, asam folat, dan juga zat besi yang sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Konsumsilah makanan tersebut secara teratur agar darah kembali normal dan anemia dapat teratasi.

Mengonsumsi kacang-kacangan

Selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi kacang-kacangan. Kandungan zat besi pada kacang-kacangan dapat meningkatkan produksi hemoglobin  dalam tubuh. Mulailah untuk mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin. Karena ini akan dapat membantu Anda untuk terlepas dari penyakit anemia.

Mengonsumsi bawang merah dan telur

Selain ketiga pengobatan di atas, anemia juga dapat diatasi dengan cara mengonsumsi bawang merah dan telur. Carany mudah, yaitu rebus daun bawang merah dengan campuran sebutir  kuning telur. Lakukan pengobatan ini secara rutin dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih baik

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi penyakit anemia. Meskipun masih ada berbagai macam  cara untuk menyembuhkan penyakit tersebut, namun setidaknya cara di atas dapat membantu Anda untuk mengobati anemia. Selain cara di atas, menerapkan pola dan gaya hidup yang sehat adalah cara untuk memiliki tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit. Semoga bermanfaat :)

Baca juga artikel terkait  manfaat brokoli bagi kesehatan.

loading...
Tags:penyakit anemia tak teratasi