Cara Mengatasi Bau Kaki yang Tidak Sedap

By Categories : Kesehatan

Bau kaki adalah permasalah yang sering dialami seseorang. Hal ini tentunya sangat mengganggu diri sendiri dan orang-orang yang ada disekitarnya. Bau kaki yang dialami seseorang tersebut terjadi karena kaki tidak mendapatkan cukup udara sehingga kaki mudah berkeringat dan merupakan tempat yang baik bagi bakteri untuk berkembangbiak. Namun sebelum Anda mengetahui cara mengatasi bau kaki, terlebih dahulu Anda  mengetahui bakteri apa saja yang dapat menyebabkan bau pada kaki? Berikut adalah bakteri penyebab bau kaki.

Hiperdrosis

Hiperdrosis adalah bakteri jahat yang menyebabkan seseorang memproduksi keringat yang berlebih pada tubuh seseorang salah satunya yaitu keringat pada kaki. Sehingga jika Anda salah satu orang yang terkena hiperdrosis, keringat yang Anda hasilkan akan 2 kali lipat lebih banyak dari pada seseorang yang normal pada umumnya.

Bromhidrosis

Bakteri jahat yang kedua adalah bromhidrosis. Bakteri ini memproduksi aroma bau yang tidak sedap yang biasanya menyerang pada sela-sela kuku kaki dan selah jari kaki.

Cara Mengatasi Bau Kaki

Jika kedua bakteri tersebut bercampur, maka akan menimbulkan bau yang menyengat dan bau tidak sedap pada daerah kaki Anda. Lantas bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Simak ulasan berikut!

Cara Mengatasi Bau Kaki Secara Alami

Menggunakan Air Garam

Manfaat garam selain untuk kecantikan dan bumbu masakan, garam juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi bau pada kaki. Caranya siapkan baskom kecil kemudian campurkan air hangat dengan beberapa sendok garam. Garam yang Anda gunakan bermanfaat untuk menetralkan bau tak sedap yang disebabkan oleh bakteri. Tak hanya itu, merendam kaki dengan air hangat dan garam juga dapat merileksasikan tubuh. Lakukan hal ini secara rutin setelah Anda melakukan aktivitas sehari-hari.

Menggunakan Air Lemon

Cara yang tepat mengatasi bau kaki selanjutnya adalah menggunakan air lemon. Sama seperti menggunakan air garam, dalam memanfaatkan air lemon hal utama yang harus dipersiapkan adalah baskom, air hangat dan juga 3-5 buah jeruk lemon. Jika bahan sudah siap Anda tinggal mencampurkan air hangat yang ada pada baskom dengan perasan air lemon. Kemudian rendamlah kaki Anda di dalamnya selama 15 hingga 20 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan hal ini 3 kali dalam seminggu.

Kaos Kaki dan Sepatu

Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab dari bau kaki adalah keringat. Maka dari itu sebaiknya Anda menggunakan kaos kaki yang mudah menyerap keringat dan menggantinya setiap hari. Hal ini dikarenakan keringat yang menumpuk pada kaos kaki dan sepatu dapat menyebabkan bau yang sangat tidak sedap. Jika Anda hanya memiliki jumlah sepatu yang minim, Anda dapat melakukan cara seperti menjemurnya di bawah sinar matahari agar bau tak sedapnya dapat menguap.

Menggunakan Baking Soda

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Jika memiliki waktu luang, tak ada salahnya untuk merendam kaki dengan menggunakan baking soda. Selain digunakan untuk pembuatan kue, manfaat baking soda lainnya adalah untuk mengurangi kadar keringat yang keluar serta meminimalisir jumlah bakteri yang menyebabkan bau kaki. Caranya, campurkan beberapa sendok baking soda ke dalam air hangat lalu gunakan campuran tersebut untuk merendam kaki.

Gunakan Sabun Anti Bakteri

Cara mengatasi bau kaki selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun anti bakteri. Seperti yang Anda ketahui bakteri merupakan salah satu penyebab dari bau kaki. Oleh karena itu, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan sabun anti bakteri. Saat ini sudah banyak beredar sabun anti bakteri yang dapat digunakan. Jika Anda rutin menggunakannya, pastinya masalah bau kaki akan dapat teratasi.

Perhatikan Kondisi Kuku Jari Kaki

Ketika kuku kaki sudah mulai panjang, pastikan Anda selalu memotongnya. Hal ini dikarenakan di bawah kuku kaki pastinya terdapat banyak kotoran yang membuat bakteri berkembang biak. Agar tidak sakit, jangan terlalu dalam ketika menggunting kuku, karena dapat menyebabkan daging pada kaki ikut terluka.

Gunakan Kopi Hitam

Hampir setiap orang pastinya menyukai minuman yang satu ini. Namun tak hanya itu saja, kopi juga dapat digunakan untuk mengatasi bau kaki. Caranya, taburi kopi hitam pada kaki secara merata dan diamkan selama 20 menit lalu bersihkan dan bilas hingga bersih. Selain itu, ampas kopi juga dapat digunakan sebagai srcub tubuh alami untuk memutihkan kulit.

Cara Mencegah Bau Kaki Secara Alami

  1. Pastikan Anda mencuci semua sepatu dan kaos kaki secara berkala.
  2. Sebelum dan sesudah menggunakan sepatu, cucilah kaki agar tetap steril dan bersih.
  3. Jika sepatu dan kaos kaki basah terkena air, pastikan Anda mencopotnya, cuci dan jemur kaos kaki dan sepatu sampai benar-benar kering.

Nah itulah beberapa cara mengatasi bau kaki yang tidak sedap lengkap dengan cara mencegahnya. Baca juga artikel penting lainnya mengenai Cara mengatasi bau mulut dengan cepat.

loading...
Tags:ampas teh untuk menyerap bakteri yang menyebabkan bau tak sedap, cara menghilangkan bau kaki dengan garam