Cara Mengatasi Demam Pada Anak pada Pertolongan Pertama

By Categories : Kesehatan

Secara umum obat demam pada anak dapat mudah ditemukan di apotik. Demam pada anak tidak bisa dianggap sepele, karena adanya peningkatan suhu pada anak. Sebenarnya tidak hanya pada anak saja yang dapat mengalami demam, melainkan juga pada orang dewasa. Namun pada pembahasan kali ini membahas mengenai cara mengatasi demam pada anak untuk pertolongan pertama.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Demam memang tidak begitu berbahaya namun tetap diwaspadai karena dapat menimbulkan berbagai efek berbahaya seperti dehidrasi, maupun demam berdarah. Untuk demam berdarah biasanya ditandai dengan bintik pada tangan, atau juga demam yang tak wajar. Sedangkan untuk dehidrasi atau kekurangan cairan dikarenakan terlambat mengatasinya. Nah lalu bagaimana saja cara mengatasi demam pada anak? Yuk ikuti pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara Mengatasi Demam pada Anak

Kompres dengan Menggunakan Air Hangat

Cara mengatasi demam pada anak untuk pertolongan pertama dapat dilakukan dengan cara kompres dahi anak dengan menggunakan air hangat. Cara ini dapat dilakukan untuk membantu, sebelum membawanya ke dokter jika demam pada anak tidak kunjung sembuh 1 sampai 2 hari. Jika demam disebabkan oleh virus dapat ditandai dengan batuk, pilek, dan bisa juga diare. Air hangat untuk kompres berfungsi untuk menurunkan suhu secara perlahan.

Memberikan Obat Penurun Demam

Ketika anak mengalami demam, sebaiknya jangan dianggap sepele terlebih lagi jika demam tersebut tidak kunjung turun dalam beberapa hari. Sebaiknya berikan obat penurun demam khusus untuk anak atau sesuai dengan resep dokter. Biasanya akan diberikan parasetamol yang merupakan obat untuk penurun panas. Namun perlu diketahui juga tetap perhatikan petunjuk dalam minumnya.

Berikan Asupan Cairan pada Anak

Seperti penjelasan di atas, bahwa salah stau efek yang terjadi ketika demam pada anak adalah dehidrasi atau kurangnya cairan pada tubuh. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh apalagi untuk seorang anak kecil. Untuk itu ketika anak sedang demam, Anda dapat memberikan asupan cairan berupa air putih yang cukup atau bisa juga dengan teh herbal yang sudah dicampur dengan jahe maupun dengan madu.

Memberikan Makanan Bergizi

Ketika demam secara otomatis imun atau sistem kekebalan akan menurun. Untuk cara ini Anda sebagai orang tua dapat memberikan asupan nutrisi berupa makanan bergizi. Asupan nutrisi berupa makanan bergizi seperti sayuran hijau, daging ayam, ikan salmon, maupun buah-buahan. Nutrisi-nutrisi yang terdapat pada makanan tersebut mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Periksakan ke Dokter

Cara terakhir ketika demam pada anak tidak kunjung sembuh sebaiknya periksakan ke dokter untuk diperiksa. Jika diperlukan dapat mengecek darah pada anak di laboratorium untuk mengetahui apakah si anak terkena demam berdarah atau tidak. Pasalnya demam berdarah merupakan penyakit yang sulit untuk dibedakan dengan demam biasanya. Maka dari itu jangan sampai terlambat dalam penangannya.

Nah demikianlah tadi ulasan mengenai cara mengatasi demam pada anak untuk pertolongan pertama. Baca juga artikel tentang Makanan yang baik untuk otak anak.

loading...
Tags:Pertolongan pertama pada sakit demam, cara mengatasi demam pd bayi sebelum ke dokter, cara mengobati demam pada bayi, cara menurunkan panas pada anak pertolongan pertama, Langkah pertama menurunkan panas anak