Cara Mengatasi Diare Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Diare adalah penyakit yang mungkin setiap orang pernah mengalaminya entah itu orang dewasa maupun pada anak-anak. Penyakit ini memang tidak mengenal usia, selain itu diare juga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Diare itu sendiri banyak disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya karena makanan dan cuaca udara dingin. Di antara faktor tersebut yang sering banyak mendominan adalah faktor makanan pedas dan makanan yang tidak hygienis sangat berpotensi besar memicu terjadinya diare.

Jangan pernah Anda menyepelekan jika sedang mengalami diare, karena jika penanganannya terlambat akan terjadi beberapa hal fatal akan Anda alami. Maka untuk itu sangat penting jika Anda mengetahui cara mengatasi diare secara alami. Adapun penjelasannya adalah berikut ini!

Cara Mengatasi Diare

Cara Mengatasi Diare yang bisa Anda Coba

Minum Air Putih

Ketika mengalami diare seseorang akan mengalami banyak cairan karena kondisi tersebut seseorang banyak mengeluarkan cairan. Supaya kondisi tubuh tidak semakin memburuk karena kekurangan cairan maka harus diimbangi dengan minum air putih yang sebanyak-banyaknya. Baca juga Akibat kurang minum air putih.

Oralit

Oralit merupakan cairan elektrolit yang memiliki manfaat untuk mengatasi kekurangan cairan yang banyak dikeluarkan ketika saat diare. Oralit merupakan cairan campuran garam elektrolit seperti nahtrium clorida (Nacl), kalium, dan trisodium sitrat hidrat. Cara ini sangat mudah untuk mengatasi masalah diare, selain itu Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan cara menggunakan larutan garam dan guram kemudian larutkan kedalam satu gulas air hangat. Minumlah setiap kali Anda selesai buang air besar, karena cairan tersebut berfungsi selain mengatasi kekurangan cairan ketika diare juga dapat menambah energi dalam tubuh.

Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rampah tradisional yang sudah banyak terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan salah satunya untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Salah satu cara mengobati diare secara alami adalah dengan menggunakan kuyit. Cara untuk mudah di antaranya dengan mencampurkan 1 sendok teh kunyit dengan satu gelas air hangat. Kemudian minum secara teratur sampai dengan diare dirasa sudah berhenti. Selain untuk diare, kunyit juga baik dijadikan obat batuk untuk ibu hamil.

Istirahat

Untuk tips yang terakhir mengatasi diare adalah dengan melakukan istirahat yang cukup. Ketika orang yang mengalami diare sangat dianjurkan untuk melakukan istirahat, karena dengan istirahat sistem pencernaan dapat memulihkan dalam kondisi yang normal. Maka dengan begitu secara tidak langsung diare akan berhenti dengan sendirinya. Oleh karena itulah dengan istirahat merupkan cara mengobati diare secara alami.

Gunakan Biji Fenugreek

Selanjutnya adalah dengan cara mengatasi diare  dengan menggunakan biji fenugreek. Salah satu manfaat fenugreek adalah untuk mengatasi diare. Caranya rebus biji fenugreek lalu minumlaj air rebusan tersebut secara teratur yaitu tiga kali dalam sehari.

Hindari Makanan Penyebab Diare

Ketika diare sebaiknya Anda pun menghindari beberapa makanan penyebab diare. Hal ini dikarenakan jika dikonsumsi dapat menyebabkan diare semakin bertambah parah. Beberapa makanan penyebab diare yang perlu dihindari adalah beberapa olahan susu (kecuali yoghurt), makanan berminyak, makanan asam, minuman berkafein serta makanan yang mengandung gula tinggi.

Mengonsumsi Obat Tradisional untuk Diare

Seperti yang Anda ketahui, alam telah menyediakan beberapa jenis tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati diare. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa obat tradisional diare paling ampuh dan mujarab yang dapat Anda coba.

  • Minyak Kelapa dan Daun Sirih

Ramuan yang pertama adalah dengan menggunakan  satu sendok makan minyak kelapa dan 6 lembar daun sirih, Anda juga bisa menambahkan lada agar hasil lebih baik. Caranya, haluskan ketiga bahan alami tersebut lalu oleskan pada bagian perut. Ramuan alami ini dipercaya sangat ampuh untuk mengurangi rasa sakit di dalam perut serta dapat meringankan seseorang yang terkena diare.

  • Kulit Manggis

Tak hanya bisa digunakan untuk mengobati kanker, kulit manggis juga dapat mengatasi diare. Cara membuatnya pun sangat mudah, cuci bersih kulit manggis lalu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih.  Tunggu hingga air menjadi setengahnya dan saring. Agar lebih enak, tambahkan madu dan aduk hingga rata. Setelah itu minumlah secara teratur.

Nah itulah beberapa cara mengatasi diare secara alami. Cara yang sudah dijelaskan di atas dapat dilakukan untuk mengatasi masalah diare pada anak-anak maupun orang dewasa. Jika ada salah satu anggota keluarga Anda mengalami diare maka segeralah Anda melakukan cara seperti yang sudah dijelaskan di atas agar menghindari hal yang justru akan memperparah keadaan.

Seperti yang kita ketahui diare merupakan salah satu penyakit yang tidak boleh dianggap enteng. Karena diare dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Dehidrasi sendiri merupakan kurangnya cairan di dalam tubuh yang dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Tags:apakah pakaian ketat menyebakan diare?, cara alami atasi diare anak