Cara Mengatasi Flu dan Batuk Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Melihat kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini sangat berpotensi dapat menyebabkan terjadinya penyakit flu dan batuk. Selain karena faktor cuaca, kedua penyakit tersebut juga bisa disebabkan oleh kondisi daya tahan tubuh yang menurun. Penyakit flu dan batuk ini tentu saja sangat mengganggu dalam akitivitas sehari-hari terutama bagi mereka yang bekerja. Selain itu, penyakit ini juga mudah menular ke orang lain dengan daya tahan tubuh rendah. Adapun jenis virus dapat menular tersebut adalah RNA yang merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit flu dan batuk.

cara mengatasi flu dan batuk

Tanda-tanda yang biasa dirasakan oleh penderita adalah tubuh mengalami peningkatan suhu (panas), sering bersin-bersin, sakit tenggorokan dan rasa gatal pada area hidung dan area tenggorokan. Nah jika Anda mengalami tanda-tanda yang telah disebutkan di atas tadi maka Anda telah terserang virus RNA yang merupakan virus penyebab penyakit flu dan batuk. Nah berikut ini terdapat cara yang paling tepat dan efektif untuk mengatasi masalah penyakit flu dan batuk. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

Cara Mengatasi Flu dan Batuk Secara Tepat

  • Minum Air Hangat
    Ketika flu dan batuk menyerang tentu saja tubuh banyak mengeluarkan cairan melalui hidung, ludah dan keringat. Maka untuk itu, sangat disarankan sekali bagi Anda untuk mengatasinya dengan cara mengonsumsi banyak air yang memiliki suhu hangat atau sedikit panas. Hal ini dikarenakan air hangat selain dapat meredakan flu dan batuk juga dapat menghindari terjadinya dehidrasi karena kekurangan cairan dari dalam tubuh.
  • Mengonsumsi Makanan Pedas atau Cabai
    Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa dalam cabai memiliki senyawa kimia yang sangat terbukti untuk membantu membersihkan dan melancarkan ingus yang menggumpal pada rongga hidung. Semakin tidak terjadinya penyumbatan maka proses penyembuhannya pun akan lebih cepat.
  • Berkumur
    Selain cara yang di atas, Anda juga bisa dengan cara berkumur. Mengapa demikian? Hal ini karena berkumur dapat mencegah virus berbahaya bersarang pada area mulut penyebab flu dan batuk. Untuk hasil yang efektif Anda bisa berkumur dengan menggunakan air hangat dengan dicampur sedikit garam, cuka, kunyit dan jahe.
  • Menggunakan Aroma Mint
    Cara yang sering dilakukan oleh semua orang ketika sedang mengalami sakit flu dan batuk adalah dengan menggunakan aroma mint. Cara tersebut memang sangat baik untuk dilakukan selain hasilnya lebih efektif, juga tidak memiliki resiko berlebihan bagi kesehatan tubuh lainnya.

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi flu dan batuk secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Baca juga artikel mengenai Makanan yang perlu dihindari saat batuk.

loading...
Tags:cara ampuh mengobati gatal alergi, mengatasi flu