Cara Mengatasi Gatal Pada Kulit Akibat Alergi

By Categories : Kesehatan

Alergi merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan adanya rangsangan imun yang sangat kuat pada bahan pemicu alergi atau yang lebih sering disebut dengan alergen. Pada umumnya alergen tidak berbahaya bagi tubuh, akan tetapi karena sistem imun yang salah menangkap respon ini membuat alergen dianggap sebagai bahan asing yang berbahaya. Seperti yang Anda ketahui ada beberapa tanda dan gejala seseorang yang mengalami alergi salah satunya yaitu kulit kemerahan, bengkak, biduran, bengkak dan tentunya gatal-gatal.

Cara Mengatasi Gatal

Selain menggunakan obat ataupun bedak tabur yang berguna untuk meringankan alergi, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami berikut ini untuk mengatasinya. Berikut adalah cara mengatasi gatal pada kulit akibat alergi.

Cara ampuh mengatasi gatal-gatal secara alami

Menggunakan air kelapa hijau

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan air kelapa hijau. Seperti yang Anda ketahui alergi yang timbul biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti udara dingin dan juga makanan. Oleh karena itu, menggunakan kelapa hijau untuk mengatasi alergi adalah hal yang tepat. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi pada kelapa hijau mampu membunuh dan melawan toksin penyebab alergi di dalam tubuh. Anda juga dapat menambahkan madu agar hasil lebih maksimal.

Daun salam

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan daun salam. Selain digunakan untuk penambah citarasa masakan daun salam juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat tradisional mengatasi gatal-gatal. Caranya pun mudah yaitu cuci dan haluskan beberapa lembar daun salam kemudian tempelkan pada kulit yang mengalami gatal-gatal. Lakukan hal ini secara teratur 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Minyak goreng dan garam

Sama halnya dengan daun salam, garam juga berfungsi untuk menambah citarasa masakan. Akan tetapi jika garam dicampurkan dengan minyak goreng akan memiliki khasiat untuk mengatasi gatal akibat alergi. Caranya, campurkan minyak goreng dengan garam hingga rata. kemudian oleskan campuran tersebut pada kulit yang terasa gatal.

Jahe

Cara mengatasi gatal karena alergi selanjutnya adalah dengan cara menggunakan jahe. Caranya rebuslah beberapa ruas jahe, cuka beras putih dan juga gula merah dengan menggunakan 400 cc air. Setelah mendidih, saring rebusan tersebut kemudian minum secara teratur. Selain berguna untuk mengobati gatal karena alergi, jahe juga bermanfaat untuk mengatasi masuk angin secara alami.

Kunyit dan temu hitam

Selanjutnya adalah dengan cara menggunakan kunyit dan temu hitam. Cara membuat ramuannya pun sangat mudah yaitu haluskan kunyit dan juga temu hitam setelah itu oleskan bahan tersebut pada kulit yang gatal. Lakukan dan ulangi hal tersebut 3 kali sehari untuk meringankan rasa gatal dan mencegah ruam pada kulit.

Cuka sari apel

Cara mengobati gatal pada kulit karena alergi selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Sejak zaman dahulu cuka sari apel memang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit kulit. Hal ini dikarenakan cuka sari apel memiliki sifat antiseptik, anti bakteri dan juga anti jamur. Cara menggunakannya pun sangat mudah yaitu Anda bisa menerapkan secara langsung dengan menggunakan kapas ataupun mencampurkan cuka tersebut ke bak air untuk digunakan mandi.

Daun kemangi

Berikutnya adalah dengan menggunakan daun kemangi. Daun kemangi seringkali digunakan untuk lalapan. Namun tak hanya itu saja daun kemangi juga dapat mengatasi gatal-gatal. Hal ini dikarenakan daun kemangi mengandung thymol yang sangat ampuh untuk menghilangkan gatal-gatal. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menghancurkan daun tersebut lalu menggosokkannya ke area yang gatal.

Daun peppermint

Cara mengatasi gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan peppermint. Selain daun kemangi, daun peppermint juga salah satu jenis tanaman obat yang dapat Anda gunakan untuk mengatasinya. Kandungan zat baik dalam daun peppermint mampu mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga ataupun karena alergi. Sensasi dingin yang ditimbulkan olehdaun ini dapat menenangkan kulit yang bermasalah.

Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera juga sering digunakan untuk mengatasi penyakit kulit, mulai dari herpes, jerawat, gatal-gatal dan masih banyak lagi. Tanaman kaya manfaat ini dapat mengatasi oleskan gel atau dagingnya ke seluruh area yang teriritasi. Selain untuk mengatasi penyakit kulit, lidah buaya juga dapat Anda gunakan untuk merawat rambut.

Petai Cina

Tak hanya digunakan sebagai bahan makanan, petai cina juga digunakan sebagai obat kulit gatal karena alergi. Caranya, siapkan 60 gram petai cina dan 10 lembar daun sirih. Setelah itu rebus kedua bahan tersebut pada 600 cc air hingga mendidih. Kemudian gunakanlah air rebusan petai cina dan daun sirih  tersebut sebagai obat gatal dengan cara dioleskan pada bagian kulit yang gatal.

Petroleum jelly

Meskipun tidak termasuk obat alami, akan tetapi petroleum jelly ini cukup ampuh untuk mengatasi gatal-gatal. Anda bisa mendapatkan obat ini di apotek ataupun di supermarket.

Nah itulah beberapa cara mengatasi gatal pada kulit akibat alergi secara alami.

loading...
Tags:khasiat air garam untuk kulit gatal, manfaat garam untuk kulit gatal, manfaat air garam untuk kulit gatal, manfaat jahe untuk kulit gatal, mandi air garam menghilangkan gatal, menghilangkan gatal dengan air garam, air kelapa obat alergi gatal, manfaat garam untuk obat gatal, khasiat minyak goreng campur garam, manfaat air laut untuk kulit gatal, manfaat garam untuk gatal, garam obat gatal, minyak dan garam obat gatal, air kelapa untuk alergi, air garam untuk gatal