Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Gusi merupakan jaringan yang sangat penting memiliki fungsi untuk membungkus rahang bagian atas ataupun bawah, maka apapun yang terjadi pada gigi akan berdampak pada kondisi gusi salah satunya adalah mengalami pembengkakan. Gusi yang bengkak tandanya telah terjadi peradangan atau inflamasi sehingga gusi akan berubah berwarna kemerahan dan menonjol. Selain itu juga ada yang berwarna kekuningan yang menujukkan terdapat cairan nanah di dalamnya. Gusi bengkak akan sangat sensitif dan terasa sangat sakit tergantung tingkat seberapa parah kondisinya.

cara mengatasi gusi bengkak

Berkaitan dengan gusi bengkak itu sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya karena sakit gigi, tumbuh gigi baru, kurangnya menjaga kebersihan mulut dan lain sebagainya. Tapi sekarang ini Anda tidak perlu khawatir lagi, karena berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasinya dengan menggunakan bahan alami. Lantas apa saja bahan alami tersebut ?

Berikut Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Menggunakan Air Garam

Cara mengatasi gusi bengkak yang pertama adalah menggunakan air garam. Selain digunakan sebagai cara meredakan radang tenggorokan, bahan alami yang satu ini memang sangat dipercaya keampuhannya dalam mengatasi gusi bengkak. Adapun caranya adalah cukup dengan melarutkan garam pada segelas air hangat, aduk hingga rata. Kemudian Anda bisa menggunakan air garam tersebut untuk berkumur-kumur. Untuk mendapatkan hasil yang cepat dalam proses penyembuhannya, lakukan setiap tiga kali dalam sehari dan bisa dipastikan gusi bengkak Anda akan sembuh dengan cepat.

Minyak Cengkeh

Cara yang kedua bisa dengan memanfaatkan minyak cengkeh untuk mengatasi masalah gusi bengkak. Minyak cengkeh ini dipercaya dapat mengatasi gusi bengkak karena memiliki zat antiseptik di dalamnya. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gusi yang bengkak. Lakukan secara rutin minimal 2 kali dalam sehari, dan bisa dipastikan dalam waktu cepat masalah gusi bengkak Anda akan kembali normal.

Bawang Merah

Selain menggunakan bahan alami di atas Anda juga bisa menggunakan bawang merah untuk mengatasi gusi bengkak. Di dalam kandungan bawang merah memiliki zat yang berfungsi meredakan pembengkakan. Adapun caranya adalah cukup dengan melembutkan bawang merah, setelah itu oleskan pada gusi yang bengkak tersebut. Meskipun banyak orang yang tidak suka menggunakan cara ini yang dikarenakan tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah, bisa dipastikan cara yang satu ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah gusi bengkak.

Pijatan Gusi

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara melakukan pijatan gusi. Caranya dengan menggunakan jari telunjuk yang berfungsi untuk memijat gusi yang bengkak secara perlahan. Untuk melakukannya pastikan kondisi tangan Anda bersih supaya tidak memicu timbulnya bakteri dalam mulut yang mungkin bisa semakin memperburuk kondisi kesehatan mulut dan gusi Anda.

Kulit Andong

Cara alternatif lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak secara alami adalah dengan menggunakan kulit andong. Kulit andong cukup ampuh dalam membantu menghilangkan masalah seperti karang gigi ataupun gusi bengkak. Untuk penggunaan dari kulit andong cukup mudah yakni dengan mengupas kulit andong terlebih dahulu. Setelah mengupasnya tambahkan sedikit garam lalu aduk sampai dengan tercampur rata. Setelah ramuan tercampur barulah tempelkan pada gusi yang bengkak atau sakit.

Lemon

Selain cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan dari buah lemon. Seperti yang kita ketahui bahwa buah lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sehingga mampu membantu menjaga daya tahan tubuh serta membantu mengatasi gusi bengkak. Untuk cara penggunaannya ambil ¼ buah lemon yang telah diperas untuk diambil sarinya. Setelah itu campurkan dengan sekitar ½ gelas air hangat dan aduk sampai tercampur rata. Setelah tercampur rata barulah gunakan air hangat yang telah dicampur dengan sari lemon sebagai obat kumur. Lakukan cara ini secara teratur 2 kali dalam sehari, untuk hasil yang maksimal.

Nutrisi yang Cukup

Untuk mengatasi gusi bengkak berikutnya adalah dengan mencukupi nutrisi yang cukup untuk tubuh. Nutrisi-nutrisi alami yang baik untuk tubuh bisa didapatkan melalui makanan-makanan sehat seperi buah-buahan dan sayura yang mengandung vitamin C, asam folat, dan juga kalsium. Nutrisi tersebut sangat berperan penting dalam mencegah serta mengatasi gusi bengkak ataupun peradangan lainnya. Sebagai contoh buah yang mengandung vitamin C tinggi seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, leci, dan banyak lagi. Sementara untuk sayuran yang mengandung kalsium dan asam folat seperti sayur bayam, kubis, brokoli, dan banyak lagi.

Jeruk Nipis

Cara lainnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan kehadiran dari jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan buah yang banyak ditemukan di pasaran dengan mudah. Jeruk nipis mengandung vitamin C cukup tinggi yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi gusi bengkak. Untuk penggunaannya cukup dengan campurkan sari jeruk nipis dengan air hangat. Setelah tercampur secara merata gunakan ramuan alami tersebut untuk mengatasi gusi bengkak. Lakukan cara ini secara rutin pada pagi dan malam hari sebelum menjelang tidur.

Madu

Cara yang terakhir pada pembahasan ini adalah dengan menggunakan madu. Madu memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membantu mengatasi gusi bengkak. Di dalam madu terdapat zat yang berguna dalam membantu meredakan pembengkakan secara alami. Untuk penggunaannya cukup dengan mengoleskan madu pada bagian gusi yang bermasalah. Oleskan madu selama 3 kali dalam sehari untuk hasil yang lebih maksimal. Gunakan madu asli tanpa campuran bahan pengawet yang bisa didapatkan langsung melalui peternak lebah madu.

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi gusi bengkak secara alami. Jika cara seperti yang sudah disebutkan di atas tidak berhasil mengatasi masalah gusi bengkak Anda, maka sebaiknya segera Anda untuk memeriksakan ke dokter guna mendapatkan perawatan lebih lanjut dan lebih baik. Baca juga artikel mengenai Jenis makanan yang merusak kesehatan gigi.