Cara Mengatasi  Kaki Bengkak Saat Hamil

By Categories : Kesehatan

Kaki bengkak saat hamil merupakan salah satu kondisi yang sering dialami para ibu hamil. Pembengkakan kaki biasanya terjadi pada usia kehamilan 4 hingga  8 bulan. Bahkan ada pula ibu hamil yang mengalami hal ini saat usia kandungan menginjak 9 bulan.

Sudah menjadi rahasia umum jika ibu hamil sering mengalami pembengkakan pada kaki. Kaki yang mengalami pembengkakan. Bagi Anda yang sudah pernah hamil pastinya Anda tidak terlalu kaget mengenai kondisi yang satu ini. Namun bagaimana dengan seorang wanita yang baru pertama kali mengandung? Pastinya ia akan kaget dan akan melakukan berbagai macam cara untuk mengatasinya.

Tenang, jangan khawatir kaki bengkak yang dialami saat hamil merupakan hal wajar yang sering terjadi pada ibu hamil. Tak hanya pembengkakan pada kaki saja, ketika hamil, mata, wajah dan leher juga sering mengalami hal ini. Lantas apa yang menyebabkan hal tersebut? Ini dikarenakan kondisi berat badan yang semakin berat, sehingga kaki pun  mengalami pertambahan berat badan.

kaki bengkak saat hamil

Umumnya, kaki bengkak yang dialami oleh ibu hamil terjadi karena adanya penumpukan cairan berlebih di kaki ibu. Hormon kehamilan yang dihasilkan oleh ibu ketika hamil akan membuat tubuh mengumpulkan dan menahan cairan lebih banyak. Dan biasanya pembengkakan pada kaki ataupun wajah akan dialami ibu hamil saat bangun tidur ataupun pada sore hari setelah ibu beraktivitas. Meskipun tidak berbahaya dan dianggap wajar, kaki bengkak  selama hamil juga dapat menyebabkan rasa nyeri dan  tidak nyaman. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya.

Inilah Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil yang Tepat

Posisikan Kaki Lebih Tinggi dari Jantung

Cara yang pertama adalah dengan cara memposisikan kaki lebih tinggi dari jantung. Hal ini berguna untuk membantu dan mengatur sirkulasi darah.  Saat tidur, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan bantal sebagai ganjalan kedua kaki. Hal ini berguna agar posisi kaki lebih tinggi dari kepala dan juga jantung.

Baca juga cara mengatasi varises pada ibu hamil yang benar dan tepat 

Hindari Berdiri Terlalu Lama

Yang kedua adalah menghindari berdiri terlalu lama, apalagi jika usia kandungan Anda sudah 32 minggu ke atas. Berdiri yang terlalu lama dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki, pembengkakan tersebut terjadi karena dalam posisi berdiri jantung akan lebih mudah memompa darah  ke kaki. Namun darah tersebut akan sulit untuk kembali lagi ke jantung karena pembuluh darah balik jantung tertekan oleh beban janin. Oleh karena itu, untuk menghindari pembengkakan sebaiknya Anda menghindari berdiri yang terlalu lama.

Tidur Dengan Posisi Miring ke Kiri

Cara mengatasi pembengkakan pada kaki saat hamil selanjutnya adalah dengan cara tidur dengan posisi miring ke kiri. Sebenarnya, tidur dengan posisi ini sangat dianjurkan bagi umat muslim karena memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Bagi ibu hamil sendiri tidur dengan posisi miring ke kiri dapat membantu pembuluh darah balik terbebas dari tekanan janin. Sehingga darah yang ada di kaki dapat kembali ke jantung dengan lebih mudah.

Hindari Sepatu Kekecilan

kaki bengkak saat hamil berikutnya adalah dengan menghindari sepatu kekecilan. Jika Anda sering menggunakan sepatu atau sandal yang sempit atau pas di kaki sebaiknya hindari hal ini. Sepatu atau sandal yang kekecilan dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki. Ini karena, hal tersebut dapat menghambat peredaran darah di kaki. Oleh karena itu sebaiknya gunakanlah sandal  atau yang memiliki ukuran lebih besar dengan kaki.

Olahraga Secara Teratur

Pada umumnya ada beberapa olahraga yang tepat bagi ibu hamil, mulai dari berenang, jalan kaki dan lainnya. Olahraga tak hanya dapat mengatasi pembengkakan kaki saat hamil, akan tetapi olahraga juga  sangat baik untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil. Jika Anda sering olahraga berenang usahakan untuk berjalan di dasar kolam, daya apung dari kolam akan mengangkar bayi sehingga mampu mengatur peredaran darah secara normal pada ibu hamil. Selain berolahraga, pastikan Anda selalu mengatur pola makan dengan baik, seperti menghindari asupan garam yang berlebih dan rutin minum air putih.

Usahakan Selalu Aktif

Selalu aktif dengan gerakan yang ringan juga dapat menghindarkan kaki dari pembengkakan. Beberapa gerakan ringan yang dapat Anda coba dalam setiap harinya antara lain duduk serta menggerakkan pergelangan kaki dengan cara ditekuk dan melingkar. Meskipun sangat sederhana, namun gerakan-gerakan tersebut akan sangat membantu Anda.

Konsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Kaki bengkak yang Anda alami juga dapat Anda cegah dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Konsumsilah makanan sehat yang terdiri dari protein, lemak, karbohidrat serta vitamin dan mineral yang cukup dengan porsi yang seimbang dan tak berlebihan.

Baca juga gerakan senam ibu hamil untuk melancarkan persalinan

Nah itulah beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang dapat Anda coba.

loading...
Tags:bumil 8 bulan kaki bengkak bahaya tidak