Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Memiliki rambut yang indah, lebat dan tanpa ketombe merupakan impian para wanita. Ketombe adalah mengelupasnya sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Ketombe pun sangat umum dialami oleh semua orang karena sel kulit kepala akan terus mengalami regenerasi. Salah satu penyebab utama ketombe pada rambut adalah keringat berlebih, kulit kepala berminyak, jamur serta tidak cocok dengan produk perawatan rambut yang sedang Anda gunakan. Jika Anda mengalami hal ini, Anda jangan khawatir berikut adalah cara mengatasi ketombe secara alami yang dapat Anda coba.

Cara Mengatasi Ketombe

Cara Mengatasi Ketombe Dengan Mudah

Soda Kue

Cara yang pertama adalah dengan cara menggunakan soda kue. Soda kue yang Anda gunakan dapat menyeimbangkan minyak di kulit kepala dan menghambat munculnya ketombe. Untuk menggunakan soda kue carnya sangat mudah, yaitu hanya dengan mencampurkan soda kue dengan air, kemudian gunakan seperti halnya Anda sedang keramas. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Minyak Almond

Cara mengatasi ketombe selanjutnya adalah minyak almound. Kandungan nutrisi minyak almond sangat bermanfaat untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala. Gunakan minyak almond setelah Anda keramas. Caranya, keringkan rambut kemudian oleskan minyak almond pada kulit kepala hingga rata tutupi dengan menggunakan handuk kering kemudian biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan menggunakan air hangat. Anda juga dapat mencampurkan minyak zaitun untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering.

Biji Fenugreek

Fenugreek merupakan tanaman yang pada umumnya digunakan sebagai bumbu. Selain itu, fenugreek juga dapat Anda manfaaatkan untuk mengatasi ketombe. Kandungan asam amino dan protein pada biji fenugreek dapat membuat rambut menjadi lebih sehat. Caranya rendam biji fenugreek dalam segelas air dalam semalam. Keesokan harinya giling biji tersebut menjadi pasta hingga halus kemudian oleskan pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat hingga 30-45 menit. Lalu bersihkan dengan menggunakan shampo hingga bersih.

Minyak Zaitun

Cara selanjutnya adalah dengan cara menggunakan minyak zaitun. Seperti yang Anda ketahui minyak zaitun kaya akan vitamin untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan vitamin pada minyak zaitun dapat membuat rambut Anda menjadi lebih sehat dan bebas ketombe. Caranya pun mudah oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut hingga merata dengan melakukan pijatan kecil. Bungkus rambut dengan menggunakan handuk lebih dari satu jam. Kemudian bilas hingga bersih.

Cuka Putih

Cuka putih merupakan salah satu bahan tradisional yang sudah dikenal masyarakat sebagai bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Caranya pijat ringan kulit kepala dengan menggunakan campuran cuka dengan air, lakukan hal ini secara rutin setiap seminggu ataupun dua minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi ketombe secara alami. Baca juga artikel terkait Vitamin merawat rambut rontok.