Cara Mengatasi Nyeri Otot Tanpa Obat

By Categories : Kesehatan

Dalam melakukann aktivitas sehari-hari pastinya hal tersebut tidak lepas dari peranan otot. Seperti yang Anda ketahui otot berfungsi untuk menggerakkan tubuh, maka jangan heran jika tubuh bekerja terus menerus ini akan menyebabkan kelelahan dan juga rasa nyeri pada otot. Nyeri otot yang biasa diderita oleh setiap orang adalah nyeri otot kaki, leher, lengan, betis dan lainnya. Jika tidak segera ditangani hal ini pastinya akan mengganggu Anda dalam melakukan pekerjaan. Selain menggunakan obat pereda nyeri dan juga balsem Anda juga dapat melakukan cara ampuh redakan nyeri otot berikut ini.

Cara mengatasi nyeri otot

Cara mengatasi nyeri otot secara alami

  • Cukupi asupan vitamin D
    Cara yang pertama adalah dengan cara memenuhi kebutuhan vitamin D. Tahukah Anda salah satu akibat kurang vitamin D dapat menyebabkan terjadinya nyeri otot kronis. Oleh karena itu sebaiknya Anda memenuhi asupan vitamin ini agar terhindar dari nyeri otot. Dalam setiap harinya, manusia wajib memenuhi nutrisi ini yaitu sekitar 200 IU. Sumber vitamin D terbaik adalah dari sinar matahari.
  • Gunakan air es
    Yang kedua adalah dengan cara menggunakan air es. Caranya celupkan handuk pada air es tersebut kemudian kompreskan pada bagian tubuh yang mengalami nyeri. Lakukan berulang-ulang setiap 15 menit sekali. Sensai dingin pada air es yang Anda gunakan bermanfaat untu mengurangi reaksi peradangan dan juga rasa nyeri. Tak hanya itu saja, cara ini merupakan cara paling efektif untuk mencegah bengkak .
  • Peregangan otot
    Setelah nyeri otot berkurang mulailah untuk melakukan peregangan otot. Hal ini bermanfaat untuk mempercepat pemulihan otot. Akan tetapi sebaiknya Anda menghindari pekerjaan berat yang dapat memicu terjadinya nyeri otot muncul kembali. Beberapa latihan yang dapat Anda coba untuk memperkuat otot dan menghindari timbulnya nyeri adalah berenang, jalan kaki ataupun bersepeda.
  • Istirahat
    Cara mengatasi nyeri otot selanjutnya adalah beristirahat. Cara ini merupakan salah satu cara paling mudah dan efektif untuk meredakan nyeri otot. Ketika tubuh beristirahat tentunya ini akan membuat otot beristirahat. Sehingga hal ini akan memberikan kesempatan bagi otot untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah nyeri datang kembali.
  • Pemijatan
    Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa teknik pemijitan pada tubuh dapat meringankan dan juga dapat meredakan nyeri otot yang sedang Anda derita. Hal ini dikarenakan pijat yang Anda lakukan bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah ke daerah otot tersebut sehingga hal ini akan mempercepat proses pemulihan.
  • Relaksasi
    Seperti yang Anda ketahui salah satu nyeri otot disebabkan karena menegangnya otot-otot dalam tubuh. Oleh karena itu, melakukan relaksasi adalah cara terbaik untuk mengatasinya. Relaksasi yang Anda lakukan juga dapat memberikan sinyal positif pada otak. Salah satu jenis relaksasi yang dapat Anda lakukan adalah relaksasi aroma terapi ataupun relaksasi pernapasan.

Nah itulah beberapa cara mengatasi nyeri otot secara alami. Baca juga artikel tentang Cara mengatasi Rematik secara alami.

loading...
Tags:balsem otot paling bagus, balsem paling ampuh, balsem nyeri otot, balsem otot paling ampuh, balsem yang paling manjur untuk kaki, cara ampuh mangatasi nyeri dibadan tanpa obat, makanan peghilang asam urat