Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Saat Puasa

By Categories : Kesehatan

Saat menjalankan kewajiban ibadah puasa, pastinya kita menginginkan agar ibadah kita yang lakukan selalu lancar dan tanpa hambatan. Namun saat berpuasa, tubuh pastinya akan kekurangan asupan air. Tak hanya dehidrasi, kekurangan asupan air setiap harinya dapat memicu penyakit lain seperti radang tenggorokan. Saat tenggorokan kering dan tubuh kekurangan cairan, ini akan memudahkan bakteri ataupun virus masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan pembengkakan pada saluran tenggorokan. Pembengkkan pada tenggorokan tersebut juga dikenal sebagai radang. Seseorang yang terkena radang biasanya memiliki ciri seperti berikut:

  • Suhu badan naik atau demam.
  • Tenggorokan terasa sakit saat digunakan unutk menelan.
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher.
  • Dinding tenggorokan berwarna merah diserati dengan bercak putih.

Nah itulah beberapa ciri seseorang yang terkena radang tenggorokan. Untuk mengatasinya, selain menghindari makanan pemicu sakit tenggorokan. Anda dapat mengatasinya dengan cara berikut ini.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Tips mengatasi sakit tenggorokan saat berpuasa

  • Berkumur dengan air garam

Tips yang pertama untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan cara berkumur dengan menggunakan air garam. Anda dapat melakukan hal ini saat berbuka puasa ataupun saat sahur. Garam mengandung sifat anti peradangan yang dapat mengatasi sakit tenggorokan Anda. Caranya, masukkanlah garam ke dalam air hangat, agar hasil lebih maksimal, Anda juga dapat menambahkan madu. Melakukan hal ini secara teratur, dapat mengatasi pembengkakan pada saluran tenggorokan Anda.

  • Mengonsumsi vitamin C

Cara mengatasi radang tenggorokan yang kedua adalah dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin C. Vitamin C yang Anda konsumsi dapat melawan dan membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Tak hanya itu saja, vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sumber makanan yang kaya akan vitamin C adalah buah jeruk, anggur, jambu biji merah, stroberi, kiwi dan lainnya.

  • Minum air putih

Seperti yang Anda ketahui saat berpuasa tubuh akan kekurangan cairan. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat minum air putih dengan cara menerapkan sistem 2-4-2. 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas saat malam hari dan juga 2 gelas saat sahur. Air putih merupakan cairan yang sangat dibutuhkan penderita sakit tenggorokan. Hal ini karena saat tenggorokan terasa kering ini akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada tenggorokan.

  • Mengonsumsi sup

Cara yang selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi sup. Hal ini karena saat radang tenggorokan pastinya kiat akan sulit untuk menelan makanan. Untuk menyiasatinya, Anda dapat membuat sup ayam dengan campuran asam jawa. Selain nikmat, kandungan asam pada asam jawa sangat berguna unutk melawan peradangan dan membunuh segala bakteri yang ada di dalam tubuh.

Nah itulah beberapa cara mengatasi radang tenggorokan saat puasa. Baca juga artikel terkait mengenai Makanan yang harus dihindari saat sakit tenggorokan.

loading...
Tags:sakit tenggorokan saat puasa, radang tenggorokan saat puasa, tenggorokan sakit saat puasa, cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa, kenapa saat puasa tenggorokan sakit