Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami

By Categories : Kecantikan

Cara mengatasi rambut bercabang tentu banyak dicari orang untuk membuat rambut mereka kembali sehat. Rambut merupakan bagian dari tubuh yang membutuhkan perawatan khusus. Bagi setiap wanita penampilan adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi salah satunya yaitu rambut. Para wanita biasanya akan melakukan apa saja bagi kecantikan rambut mereka meskipun mereka harus melakukan perawatan yang cukup mahal.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk perawatan rambut. Di antaranya adalah dengan menggunakan shampo khusus, penggunaan bahan kimia atau krim rambut, serta menggunakan bahan-bahan alami. Pilihan yang terakhir ini yang mungkin menjadi pilihan banyak orang. Ini karena bahan alami dipercaya lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Perlu Anda ketahui bahwa perawatan rambut yang menggnakan bahan kimia atau perawalat kecantikan lainnya justru menjadi salah satu yang dapat menyebabkan rambut bercabang. Untuk itu, Anda yang terbiasa melakukan perawatan menggunakan bahan kimia lebih baik meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Pada dasarnya kulit rambut terdiri dari 3 lapisan yang berbeda. Yang pertama adalah lapisan dalam, cortex yang mengelilingi lapisan dalam, serta lapisan luar yang berfungsi untuk melindungi lapisan di dalam rambut.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang dengan Bahan Alami

Cara Merawat Rambut Bercabang

Penggunaan bahan alami untuk perawatan rambut terbukti lebih efektif dan efisien. Cara tradisional ini juga mudah untuk dilakukan serta jauh lebih terjangkau. Berikut beberapa cara mengatasi rambut yang bercabang yang perlu Anda ketahui.

Alpukat

Selain sangat nikmat untuk dibuat jus atau sekedar dimakan lalu dicampur dengan gula. Alpukat ternyata sangat membantu untuk mengatasi rambut bercabang. Caranya mudah Anda bisa menggunakan alpukat untuk menjadi masker rambut. Caranya sangat mudah, haluskan alpukat kemudian oleskan pada rambut diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Mayonies

Cara mengatasi rambut bercabang yang kedua yaitu dengan menggunakan mayonies. Mayonies biasanya digunakan untuk bahan pendamping saus pada makanan junkfood misalnya burger. Namun tak hanya enak untuk dinikmati, mayonies juga dapat berperan sebagai conditioner.  Mayonies sudah terbukti untuk melembabkan kulit kepala dan menjauhkan rambut dari rambut bercabang.

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak yang kaya akan manfaat baik untuk kecantikan kulit maupun rambut. Untuk mengatasi rambut bercabang dengan minyak zaitun caranya sangat mudah yaitu panaskan terlebih dahulu minyak zaitun dan gunakan untuk memijat rambut kemudian bungkus rambut dengan shower cap selama setengah jam kemudian bilas. Minyak zaitun yang dioleskan pada rambut berguna untuk melembabkan kulit dan mencegah rambut bercabang.

Madu

Selain digunakan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat pada  wajah. Madu juga dapat digunakan untuk masker rambut agar terhindar dari rambut bercabang dan rambut terlihat lebih sehat. Jika digunakan untuk perawatan rambut, caranya hanya mengoleskan madu pada rambut terutama pada ujung rambut yang biasanya terjadi kerusakan. Diamkan selama 20-25 menit kemudian bilas hingga bersih.

Hindari menggunakan alat panas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penggunakan peralatan kecantikan seperti alat panas tidak baik untuk kesehatan rambut. Kebiasaan wanita untuk menata rambut mengunakan alat-alat seperti alat catok, blow dring, dan alat pengeriting rambut labih baik Anda tinggalkan. Jika pun Anda terpaksa menggunakan alat tersebut maka gunakanlah dengan tidak terlalu lama dan sering.

Memotong ujung rambut

Cara ini mungkin paling mudah untuk Anda lakukan. Jika Anda malas untuk memotong rambut satu per satu maka Anda dapat pergi ke salon dan memotong rambut di bagian ujungnya saja. Jika rambut yang bercabang dibiarkan terlalu lama maka akan menimbulkan kerusakan rambut yang semakin parah. Anda dapat memotong rambut secara rutin selama 6-8 minggu sekali.

baca juga : manfaat yogurt untuk perawatan rambut

Itulah beberapa cara mengatasi rambut bercabang secara alami yang wajib Anda coba. Meskipun Anda telah melakukan perawatan dari luar, tidak ada salahnya jika Anda juga mengimbanginya dengan perawatan dari dalam. Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, sayuran dan buah-buahan akan memberikan nutrisi pada rambut Anda. Hal ini juga akan membuat rambut Anda menjadi sehat, kuat dan tidak bercabang.

loading...