Cara Mengatasi Rematik Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Penyakit rematik atau yang sering disebut dengan arthritis merupakan penyakit yang menyerang pada persendian dan anggota gerak terutama pada sendi, tulang bekang, dan juga otot. Penyakit ini tentunya sangat mengganggu para penderitanya karena rematik menyebabkan rasa nyeri pada setiap bagian tubuh yang diserang. Pada umumnya ada beberapa faktor penyebab dari rematik salah satunya yaitu kebiasan hidup yang tidak teratur, keturunan, adanya peradangan sendi akibat infeksi dan juga kelebihan asam urat dalam tubuh. Baca juga tips ampuh mengatasi asam urat.

Seseorang yang terkena penyakit rematik biasanya memiliki gejala seperti, terjadinya pembengkakan dan nyeri pada sendi, kaku pada sendi, mudah lelah, sering berkeringat dingin dan biasanya sakit rematik dapat berpindah-pindah tempat dan bergantian. Jika Anda mengalami gejala seperti di atas, Anda harus segera mengatasinya, karena jika diabaikan ini akan membuat kondisi kesehatan Anda semakin parah. Berikut adalah cara mengatasi rematik secara alami!

Kenali-Gejala-rematik-Sejak-dini-4

Cara ampuh mengatasi rematik

Kulit buah manggis

Cara yang pertama adalah dengan cara menggunakan kulit buah manggis. Kulit buah manggis kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Tak hanya itu, kulit buah manggis juga mengandung xanthone. Xanthone dapat membantu tubuh untuk meregenerasi sel yang telah rusak yang ada dalam tubuh agar normal kembali. Sifat anti inflamasi yang dimiliki oleh xanthone juga bermanfaat untuk mengobati penyakit rematik yang disebabkan oleh peradangan. Mulailah untuk mengonsumsi kulit manggis dengan cara merebusnya dengan air kemudian Anda bisa meminum air rebusan tersebut.

Belimbing wuluh

Siapa yang tidak mengenal belimbing wuluh? Buah ini memiliki rasa yang masam ketika dimakan. Kandungan zat dan juga vitamin pada belimbing wuluh dipercaya dapat menghilangkan rasa nyeri pada penderita rematik. Untuk menggunakan belimbing wuluh, Anda dapat memanfaatkannya sebagai ramuan tradisional. Yaitu haluskan belimbing wuluh kemudian campurkan dengan kapur sirih. Jika sudah tercampur, Anda dapat mengolekannya pada bagian tubuh yang nyeri. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan hal tersebut secara rutin 2-3 kali sehari. Baca juga khasiat belimbing wuluh untuk kesehatan.

Daun sirsak

Selain buahnya yang nikmat untuk dikonsumsi, daun sirsak juga terbukti ampuh untuk mengatasi penyakit rematik. Ini dikarenakan daun sirsak mengandung berbagai macam vitamin. Tak hanya dapat mengatasi penyakit rematik saja, daun sirsak juga berguna untuk melancarkan sirkulasi darah, melawan sel jahat dalam tubuh, menagkal radikal bebas, menormalkan fungsi organ,mengatasi asam urat. Caranya mudah, yaitu resbuslah daun sirsak hingga mendidih. Kemudian saring hingga air dan daunnya terpisah. Setelah itu, Anda dapat meminum ramuan dari daun sirsak tersebut.

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi rematik secara alami. Gunakan bahan-bahan alami tersebut secara rutin dan juga teratur agar penyakit rematik Anda dapat segera diatasi.