Cara Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Mengatasi varises pada ibu hamil sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan secara alami. Varises merupakan penyakit yang dapat menyebabkan pembengkakan dan pembesaran pembuluh darah. Varises yang terjadi pada ibu hamil biasanya disebabkan karena hormon progesteron. Meskipun hal ini tidak membahayakan dan mengganggu perkembangan janin, akan tetapi varises yang terjadi pada daerah kewanitaan dapat menghambat proses persalinan. Sehingga hal ini dapat menyebabkan persalinan caesar. Sebelum membahas mengenai cara mengatasi varises, berikut adalah penyebab varises paling umum.

Penyebab Varises Pada Kaki dan Betis yang Perlu Diketahui

Seperti yang Anda ketahui, varises merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan pembuluh balik (vena) yang tidak dapat mengangkut darah sisa metabolisme kembali ke jantung. Biasanya varises disebabkan beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut.

Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

Varises Pada Ibu Hamil

Olahraga berlebihan

Olahraga berlebihan juga dapat menyebabkan varises. Olahraga yang menyebabkan varises biasanya dialami oleh seseorang yang selalu melipat dan menekuk kakinya setelah melakukan aktivitas olahraga. Olahraga tidak dapat membuat sirkulasi darah menjadi naik, baik arteri ataupun vena. Jika sirkulasi darah tersebut terhambat di kaki karena ditekuk, tentunya hal ini menyebabkan pembulu vena mengalami pembengkakan. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu meluruskan kaki selama 30 menit setelah berolahraga.

Kehamilan

Yang kedua adalah kehamilan. Pada saat hamil tubuh seseorang akan mengalami peningkatan volume darah. perubahan sirkulasi darah inilah yang dapat membuat pertumbuhan janin lebih baik. akan tetapi hal ini tidak baik untuk pembuluh vena. Sehingga sirkulasi darah dalam vena mengalami hambatan ketika menuju ke jantung. Namun Anda jangan khawatir, karena varises selama kehamilan dapat sembuh dengan sendirinya.

Menopause

Penyebab varises pada kaki dan betis berikutnya adalah karena menopause. Menopause merupakan suatu kondisi seseorang yang sudah tidak produktif lagi dalam menghasilkan sel telur. Umumnya menopause dapat dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari mengonsumsi pil KB, suntik KB dan juga implan. Seseorang yang mengonsumsi obat-obatan dari KB, baik pil ataupun suntik, hormon esterogen dan progesteron pada obat tersebut akan menumpuk pada pembuluh darah. sehingga dapat menyebabkan pembuluh vena menjadi membesar serta memiliki potensi untuk melemahkan sirkulasi darah.

Faktor usia

Selain itu, faktor usia juga dapat membuat seseorang mengalami varises. Karena seiring dengan bertambahnya usia maka pembuluh vena akan mengalami penurunan kelenturan. Penurunan kelenturan pembuluh vena inilah yang menyebabkan vena mudah membesar dan melebar. Tak hanya itu saja, memasuki usia tua katup ven ajuga mengalami penurunan kinerja. Hal inilah yang menyebabkan pembuluh vena menjadi melebar dan munculah varises.

Seorang wanita yang mengalami kehamilan pada usia 40 ke atas memiliki resiko yang lebih tinggi terserang penyakit ini. Hal ini dikarenakan, pada usia tersebut terjadi penebalan dinding pembuluh darah yang menyebabkan terhambatnya aliran vena sehingga memudahkan varises untuk muncul. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasi varises pada ibu hamil.

Tips Mengatasi Varises pada Ibu Hamil

Mengonsumsi Makanan Sehat

Seperti yang Anda ketahui makanan berserat sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Namun tak hanya itu, makanan berserat juga dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada varises yang Anda derita. Selain itu mengonsumsi buah seperti, blueberry dan blackberry kandungan pigmen pada buah tersebut berguna untuk menguatkan dinding pembuluh darah. sebaiknya hindarilah mengonsumsi makanan olahan ataupun makanan instan. Karena makanan tersebut dapat membuat varises yang Anda derita dapat semakin parah.

Hindari Penggunaan Sepatu High Heels

Sepatu hak tinggi memiliki dampak buruk bagi kesehatan  terutama bagi ibu hamil. Bagi ibu hamil sebaiknya menghindari jenis sepatu yang satu ini. Karena sepatu hak tinggi dapat menghambat pembuluh darah pada area kaki. Dampak negatif penggunaan high hells lainnya adalah resiko terjadi keguguran.  Namun jika Anda diharuskan untuk menggunakannya, memilih sepatu hak tinggi dengan tinggi hak maksimal 5 cm adalah hal yang sangat dianjurkan.

Memenuhi Cairan Tubuh

Untuk melepas dahaga sebaiknya pilihlah air mineral. Air mineral yang Anda konsumsi dapat membantu Anda untuk meningkatkan metabolisme serta melancarkan pencernaan. Hindarilah minuman seperti cola, kopi dan juga teh. Karena minuman tersebut dapat membuat varises lebih menyakitkan dan juga dapat memicu sembelit. Mulailah untuk mengonsumsi air putih 8 gelas sehari agar tubuh tetap terhidrasi dan juga tetap bugar.

Jangan Memijat di Atas Varises

Cara mengatasi varises pada ibu hamil selanjutnya adalah dengan cara menghindari memijat di atas varises Anda. Pijatan secara langsung dan kuat dapat membuat pembuluh darah semakin buruk dan tentunya menyakitkan. Untuk mengatasinya Anda dapat meregangkan otot dengan cara menggunakan air dingin. Selain itu Anda juga dapat mengompresnya dengan mencelupkan kain ke dalam air yang sudah dicampurkan dengan cuka dan sari apel.

Mengonsumsi Makanan Mengandung Vitamin E

Selain sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, vitamin E juga berguna untuk menurunkan reiki varises yang Anda derita. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E ataupun dengan menggunakan suplemen vitamin E. Namun sebelum mengosumsi suplemen sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi varises pada ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

loading...
Tags:apakah memijat kaki saat hamil bikin farises?, cara alami mengobati varises saat hamil, gambar varises pada kaki ibu hamil, varises pada ibu hamil, varises saat hamil/bisa sembuh