Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Tepat dan Alami

By Categories : Kecantikan

Cara mengatasi wajah berminyak secara alami yang tepat dan alami merupakan salah satu hal yang sering ditanyakan oleh hampir setiap orang. Jika Anda memiliki jenis kulit wajah yang berminyak, cobalah untuk melakukan cara berikut ini agar wajah bebas kilap dan pastinya dapat lebih cerah dan sehat.

Selain untuk menjaga keremajaan kulit dan menjadikan kulit lebih kenyal, minyak yang diproduksi oleh kulit juga berfungsi sebagai pelindung kulit dari debu dan juga polusi yang akan masuk ke dalam pori-pori kulit. Sehingga bagi Anda yang memiliki kulit berminyak harus bersyukur akan hal ini. Namun, bagaimana kalau kulit kita memproduksi minyak yang berlebih? Hal ini tentunya akan menambah masalah baru bagi kulit kita. Kulit wajah yang berminyak akan lebih mudah berjerawat dan berkomedo. Hal ini dikarenakan minyak berlebih pada wajah akan mengendapkan debu dan kotoran di wajah, sehingga pori-pori wajah tertutup dan terjadi penyumbatan kotoran.

Tak hanya itu saja, kulit wajah yang berminyak pastinya dapat membuat Anda tampil tak percaya diri serta dapat mengganggu penampilan. Maka jangan heran jika banyak wanita yang akan melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi masalah yang satu ini. Sebelum membahas mengenai bagaimana cara merawatnya, tak ada salahnya jika Anda mengetahui apa saja penyebab kulit berminyak. Kulit wajah yang berminyak  umumnya disebabkan oleh faktor keturunan, sering mengonsumsi makanan yang berlemak, hormon yang tidak seimbang dan juga salah pilih kosmetik.

cara mengatasi wajah berminyak

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi dan merawat kulit wajah yang berminyak, mulai dari membersihkan wajah secara teratur, menggunakan produk kecantikan khusus kulit bemrinyak, melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan ataupun melakukan perawatan wajah dengan menggunakan bahan alami. Dari beberapa pilihan tersebut, menggunakan bahan alami adalah pilihan yang paling tepat untuk mengatasi masalah yang satu ini. Selain harganya yang terjangkau, menggunakan bahan alami juga bebas dari efek samping. Nah untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Inilah Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Bahan Alami

Mencuci Wajah Secara Teratur

Hal paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah mencuci wajah secara teratur yaitu 2 kali sehari. Mencuci wajah dapat mengurangi minyak yang berlebih pada wajah Anda. Saat mencuci wajah gunakan cairan pembersih wajah yang memiliki tekstur lembut dan tidak mengakibatkan iritasi. Sebaiknya, gunakan pembersih wajah dari tanaman herbal agar lebih aman. Pastikan pembersih wajah yang digunakan sesuai dengan kondisi kulit yang miliki. Seminggu sekali tak ada salahnya untuk menggunakan pembersih yang mengandung scrub, dengan begitu sel kulit mati pada wajah dapat dengan mudah terangkat.

Baca juga cara make up natural untuk wajah berminyak

Mentimun

Kandungan air pada mentimun sangat baik untuk menyegarkan mata. Selain itu, mentimun juga sangat baik untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya yaitu dengan memanfaatkan mentimun sebagai masker wajah alami. Cara membuat masker wajah dari mentimun sangat mudah, yaitu haluskan mentimun kemudian aplikasikan masker tersebut pada wajah selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah bebas dari minyak dan jerawat. Agar hasil lebih optimal, Anda bisa menambahkan sedikit madu.

Air Garam

Cara mengatasi wajah berminyak secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan air garam. Garam tak hanya untuk menyedapkan rasa pada masakan, garam ternyata dapat digunakan untuk perawatan wajah. Caranya sangat mudah yaitu campurkan garam dengan air hangat kemudian pakailah air tersebut untuk mencuci muka Anda. Lakukan hal ini secara teratur agar kulit Anda terhindar dari minyak yang berlebih.

Madu dan Jeruk Lemon

Berikutnya adalah dengan menggunakan madu dan jeruk lemon. Kandungan vitamin C pada jeruk lemon dapat mengatasi kulit wajah berminyak. Namun tak hanya itu saja, vitamin C juga sangat ampuh dalam mencerahkan kulti wajah, oleh karena itu jangan ragu untuk memanfaatkan kedua bahan alami ini. Cara membuatnya pun sangat mudah, siapkan 3 sendok makan madu dan perasan air jeruk nipis, campurkan kedua bahan alami tersebut hingga merata lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit Anda bisa membilasnya sampai bersih.

Putih Telur

Selain nikmat dikonsumsi telur juga bermanfaat untuk kecantikan wajah. Putih telur dapat Anda sajikan sebagai masker untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya pisahkan antara putih dan kuning telur. Ambil putih telur dan letakkan pada mangkok kemudian kocok putih telur hingga berbusa. Setelah itu oleskan pada wajah. Diamkan hingga kering kemudian bilas dengan air hangat.

Baca juga manfaat putih telur untuk kecantikan wajah

Nah itulah beberapa cara mengatasi wajah berminyak secara alami. Selain itu untuk jangan lupa minum 2 liter air putih sehari, karena ini sangat bermanfaat untuk mengurangi minyak yang berlebih pada wajah serta dapat membuat wajah lebih segar dan lembab.

loading...
Tags:khasiat mentimun bagi wajah berminyak dan berjerawat