Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Selain rambut rusak dan ketombe, kutu pada rambut merupakan salah satu hal yang sering dialami setiap orang. Adanya kutu pada kulit kepala ini membuat penderita sering kali merasakan gatal pada kulit kepala. Tak hanya itu saja, perkembangan kutu rambut juga sangat cepat sehingga ini akan menyebabkan kulit kepala Anda semakin gatal. Saat ini ada banyak obat pembasmi kutu rambut yang dijual di pasaran, akan tetapi tidak semua orang dapat cocok menggunakan obat tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara menghilangkan kutu rambut secara alami yang dapat Anda coba.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Cara alami menghilangkan kutu rambut

Minyak kelapa
Cara menghilangkan kutu rambut yang pertama adalah dengan cara menggunakan minyak kepala. Manfaat minyak kelapa untuk rambut memang sudah dipercaya dan digunakan sejak zaman dahulu. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mengandung zat anti bakteri dan anti jamur yang berguna untuk mengatasi hal tersebut. Namun tak hanya itu saja manfaat minyak kelapa, minyak kelapa juga berguna untuk melembabkan rambut, menutrisi rambut serta mencegah hilangnya protein rambut. Caranya pun mudah yaitu hanya mengoleskan minyak kelapa secara teratur dan diamkan semalaman.

Bawang merah
Cara yang kedua adalah dengan menggunakan bawang merah. Siapa sangka bahwa bumbu dapur ini dapat dijadikan sebagai baham alami pengusir kutu rambut. Kandungan sulfur pada bawang merah mampu menghilangkan binatang tersebut. Caranya, siapkan 5 butir bawang merah kemudian blender hingga membentuk pasta. Peras airnya dan tampung dalam mengkuk, setelah itu, Anda dapat mengoleskan air perasan tersebut pada rambut Anda. bungkus dengan menggunakan shower cup dan diamkan hingga 2 jam. Setelah itu, bersihkan rambut Anda dengan cara berkeramas.

Cuka putih
Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya adalah menggunakan cuka putih. Meskipun dapat membantu Anda untuk menghilangkan kutu serta menghancurkan telur kutu yang belum menetas, akan tetapi saat menggunakan bahan yang satu ini sebaiknya Anda berhati-hati. Karena menggunakan cuka putih berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang sangat merugikan. Oleh karena itu, saat menggunakan cuka putih sangat penting untuk menambahkan air secukupnya.

Mayonaise
Siapa yang tidak kenal dengan mayonaise? Setiap orang pasti mengenal pasta yang satu ini. Mayonaise sering digunakan sebagai pasta untuk hot dog, kebab, burger ataupun salad. Tak hanya itu saja, menurut Minnesota Health Departemet mayonaise juga bermanfaat untuk mengurangi kutu rambut. Caranya, oleskan mayonaise pada rambut secara merata dan bungkus rambut dengan menggunakan shower cup, diamkan hingga beberapa jam kemudian bilas hingga bersih. Selain untuk menghilangkan kutu rambut, mayonaise juga bermanfaat untuk melembabkan rambut serta menjaga rambut agar tetap sehat.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara alami.

Tags:mengatasi keringat dingin pada anak