Cara Menghilangkan Luka Bakar Secara Alami

By Categories : Kecantikan

Luka bakar merupakan sejenis cedera pada kulit yang desebabkan karena terkana api, panas, listrik, zat kimia dan lain sebagainya. Luka bakar memiliki sifat yang berbeda-beda di antaranya ringan dan hingga yang parah. Entah apapun itu jenisnya, memiliki luka bakar pada kulit tentunya sangat mengganggu penampilan. Hal ini dikarenakan luka bakar pada kulit membuat kesan tidak menarik, maka wajar saja banyak orang yang melakukan banyak cara menghilangkan luka bakar tersebut.

cara menghilangkan luka bakar

Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang memiliki luka bakar, Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena berikut ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara untuk mengatasi luka bekar secara alami. Maka dengan begitu Anda tidak perlu melakukan operasi plastik dengan mengeluarkan biaya yang cukup banyak lebih baik menggunakan cara yang lebih alami saja. Mengapa demikain? Cara alami selain tidak memerlukan biaya yang banyak, bahan alami juga cenderung lebih aman tanpa perlu kita memikirkan efek jangka panjangnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa bahan alami untuk mengatasi bekas luka.

Cara Menghilangkan Luka Bakar Secara Alami

Mentimun

Buah yang memiliki bahasa latin Cucumis sativus ini sangat dipercaya sekali manfaatnya yang dapat menghilalangkan luka bakar. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan potasium yang terdapat dalam mentimun. Menurut Joel Schlessinger,MD, ahli kulit dari Omaha, Nebraska, mengatakan bahwa mentimun juga memiliki kandungan kolagen dan dimana dapat mencegah kemunculan keriput dan menghilangkan bekas luka bakar. Adapun cara menggunakan cukup dengan mengoleskan mentimun yang sudah dihaluskan pada luka bakar Anda. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Madu

Menurut James F Balch dan Phyllis A. Balch, dalam Prescription for Nutritional Healing, mengatakan bahwa madu memiliki manfaat yang baik untuk membantu menghilangkan luka bakar dengan cepat. Hal ini dikarenakan madu memiliki zat yang berfungsi untuk merangsang regenerasi sel kulit baru. Selain itu juga dapat mengurangi rasa nyeri karena luka bakar tersebut. Adapun caranya adalah dengan mengoleskan madu pada luka bakar Anda dan diamkan 20-30 menit. Setelah itu Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Daun Pare

Tananama yang dikenal dengan buahnya yang memiliki rasa sangat pahit ini, ternyata daunnya menyimpan manfaat yang luar biasa yaitu untuk menghilangkan bekas luka bakar. Adapun caranya adalah cukup dengan menghaluskan daun pare lalu ambil air perasan tersebut dan campur air perasan tersebut dengan tepung beras. Kemudian aduk rata hingga teksturnya seperti lation, balurkan pada luka bakar Anda dan biarkan sampai kering lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Teh hijau

Cara menghilangkan luka bakar selanjutnya adalah dengan menggunakan teh hijau. Menurut penelitian, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG). Jika dibandingakan dengan vitamin E, kandungan antioksidan yang ada di teh hijau ini memiliki 200 kali lebih hebat dan sudah terbukti dapat mengurangi peradangan pada kulit, menontrol prosukduksi minyak serta menghilangkan bekas luka. Selain dapat dikonsumsi sebagai minuman, teh hijau juga dapat dijadikan toner. Caranya basahi kapas dengan air teh hijau lalu usapkan handuk kecil pada luka.

Lidah buaya

Berikutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Jenis tanaman obat yang satu ini memang digunakan sebagai perawatan kulit. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung zat lignin dan asam amino sehingga dapat melembabkan dan meregenerasi sel kulit.  Untuk mengatasi bekas luka, caranya pun sangat mudah yaitu oleskan gel lidah buaya pada bekas luka.

Daun mint

Tanaman yang memiliki nama latin Mentha Piperita ini seringkali digunakan sebagai obat kumur, odol ataupun minyak angin. Namun tak hanya itu saja, daun mint juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Daun mint sering digunakan untuk membantu mengatasi jerawat, luka bakar dan juga bekas luka. Caranya, ambil beberapa daun mint cuci bersih dan haluskan hingga membentuk scrub. Setelah itu, oleskan pada area bekas luka.

Jus lemon

Selain menyegarkan, jus lemon juga merupakan salah satu bahan alami untuk menghilangkan bekas luka. Kandungan dalam jus lemon dapat menghilangkan sel kulit mati sehingga dapat mengatasi bekas luka.  Caranya gunakan cutton bud untuk mengoleskan jus lemon  pada bekas luka. Diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Minyak biji pangkal bunga mawar

Anda juga dapat menggunakan minyak biji pangkal bunga mawar. Caranya teteskan minyak biji pangkal bunga mawar selama kurang lebih 15 menit pada area bekas luka dengan melakukan pijatan-pijatan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan minyak biji pangkal bunga mawar secara rutin.

Nah itulah cara menghilangkan luka bakar secara alami yang bisa Anda lakukan. Baca juga artikel terkait lainnya  cara menghilangkan bekas cacar secara alami.

loading...