Cara Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Mata ikan adalah penyakit sejenis kutil yang biasanya terjadi dibagian telapak kaki dan juga telapak tangan. Mata ikan sendiri adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus Human Pappiloma (HPV). Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah pengerasan dan penebalan pada bagian kulit tertentu. Selain itu, penyakit ini juga menyebabkan adanya benjolan-benjolan kecil seperti mata ikan.

Cara Menghilangkan Mata Ikan

Dalam dunia medis, penyakit mata ikan dikenal dengan istilah Clavus merupakan suatu penebalan kulit karena tekanan dan daya gesek yang sering terjadi. Dalam salah satu kondisi penyakit ini membutuhkan operasi kecil untuk menyembuhkannya. Namun Anda tak usah khawatir, Anda dapat mengobati penyakit ini dengan cara alami. Akan tetapi, sebelum membahas cara menghilangkan mata ikan, berikut adalah penyebab penyakit mata ikan yang perlu Anda ketahui.

Penyebab penyakit mata ikan

  • Virus
  • Kurangnya menjaga kebersihan pada sepatu dan kaos kaki
  • Adanya gesekan secara terus menerus pada area kaki atau tangan
  • Penggunaan sepatu yang terlalu sempit

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya!

Cara mengobati mata ikan secara alami

Getah kamboja

Cara menghilangkan mata ikan yang pertama adalah dengan cara menggunakan getah kamboja. Sejak zaman dahulu, getah dari pohon ini sering dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit kulit salah satunya yaitu mata ikan. Caranya yaitu bersihkan terlebih dahulu bagian tubuh yang terkena mata ikan. Setelah itu, oleskan getah pohon kamoja secara merata. Lakukan hal ini secara rutin agar mata ikan cepat menghilang.

Cuka apel

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan cuka apel. Salah satu manfaat cuka apel bagi kesehatan adalah untuk mengobati mata ikan. Caranya, tambahkan beberapa sendok makan pada satu wadah air hangat. Kemudian gunakanlah air campuran tersebut untuk merendam kaki hingga 30 menit. Setelah itu, gosoklah bagian tubuh yang terkena mata ikan, lalu bungkus dengan menggunakan perban yang sudah dibasahi dengan cuka apel. Lakukan pengobatan ini secara rutin selama seminggu berturut-turut.

Getah pepaya

Cara mengatasi  mata ikan selanjutnya adalah dengan cara menggunakan getah pepaya. Kandungan zat pada getah pepaya dipercaya dapat mengobati penyakit ini. Caranya, rendamlah bagian mata ikan pada air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Setelah itu, angkat, keringkan dan oleskan getah pepaya pada bagian tubuh yang terkena mata ikan.

Lemon

Sampai saat ini lemon memang dikenal sebagai salah satu buah yang dapat menjaga kesehatan kulit. Salah satunya yaitu menghilangkan jerawat, flek hitam, menghaluskan kulit kasar serta mengobati mata ikan. Mulailah untuk menggosok kulit yang terkena mata ikan dengan menggunakan lemon. Perawatan yang teratur akan membuat kulit menjadi semakin halus sehingga mudah untuk digosok dengan menggunakan batu apung.

Daun Dewa

Cara mengatasi mata ikan selanjutnya adalah dengan menggunakan daun dewa. Seperti yang kita ketahui daun dewa merupakan jenis tanaman obat yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan serta berguna untuk menyembuhkan penyakit, salah satunya yaitu penyakit mata ikan. Cara mengobati minyak ikan dengan daun dewa pun sangat mudah yaitu ambilah 5 helai daun dewa lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu oleskanlah pada area kulit yang terkena mata ikan secara merata. Agar tetap steril, balutlah dengan menggunakan perban.

Bawang putih

Cara menghilangkan mata ikan  tanpa obat berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Tak hanya berguna sebagai bumbu dapur saja, bawang putih juga kaya senyawa yang sangat baik untuk mengatasi penyakit mata ikan. Caranya ambilah satu siung bawang putih lalu tumbuk hingga halus. setelah itu oleskan pada permukaan kulit yang terkena penyakit mata ikan. Lakukan pengobatan secara rutin untuk mempercepat proses pengobatan. Selain ampuh untuk mengobati penyakit mata ikan, kandungan antibiotik pada bawang putih sangat ampuh untuk mengatasi herpes.

Kapur sirih dan sabun

Cara menggunakan kedua bahan ini untuk mengatasi mata ikan pun sangat mudah, yaitu campur sabun colek dengan kapur sirih dan tambahkan air hingga mengental. Lalu oleskan pada bagian mata ikan dan biarkan hingga kering. Setelah kering, Anda bisa mengelupasnya hingga mata ikannya ikut terkelupas.

Tips mencegah mata ikan

Seperti yang kita ketahui penyakit mata ikan sangat erat kaitannya dengan kebersihan. Oleh karena itu untuk mencegahnya gunakanlah kaos kaki dan sepatu yang bersih agar terhindar dari mata ikan yang menyerang pada kaki. Jika kebasahan akibat hujan, segeralah cuci  dan jemur agar tidak lembab dan biasakan untuk mengganti kaos kaki secara rutin agar tidak menjadi sarang bakteri.

Cara mencegah penyakit mata ikan selanjutnya adalah jangan menggunakan sepatu sempit. Hal ini dikarenakan penggunaan sepatu dan alas kaki yang sempit juga dapat memicu terjadinya mata ikan. Oleh karena itu sebaiknya gunakan sepatu yang pas di kaki. Jika sepatu kekecilan segeralah mengganti dengan sepatu yang baru agar lebih nyaman di kaki.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan mata ikan paling ampuh dan secara alami.