Cara Mengobati Amandel Paling Ampuh Tanpa Operasi

By Categories : Kesehatan

Amandel atau tonsil merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling mengganggu. Seseorang yang mengalami masalah ini akan membuatnya mengalami masalah pada pernapasan dan kesulitan saat akan menelan makanan. Hal ini karena amandel akan membentuk sebuah benjolan yang memiliki ukuran relatif besar pada saluran pernapasan. Jika tidak segera diatasi, amandel akan semakin fatal dan menjadi amandel kronis atau akut, jika sudah begini amandel akut atau kronis dapat mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa dan biasanya akan mengeluarkan nanah pada lekukan amandel.

Cara Mengobati Amandel

Pada umumnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan mengobati amandel tanpa operasi. Lalu bagaimana caranya? Berikut adalah cara mengobati amandel paling ampuh tanpa operasi yang bisa Anda coba.

Berikut adalah cara mengobati amandel secara alami

Jeruk nipis

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jika biasanya jeruk nipis dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat, kali ini Anda juga dapat menggunakannya sebagai obat untuk mengobati amandel. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat mengatasi peradangan dan infeksi yang terjadi. Caranya, campurkan air perasan jeruk nipis dengan menggunakan air kapur sirih. Lalu minumlah ramuan tersebut secara teratur, kira-kira 3 kali sehari.

Bawang merah

Tahukah Anda jika bawang merah merupakan salah satu makanan yang mengandung antibiotik alami. Oleh karena itu tak ada salahnya jika menggunakan bumbu dapur yang satu ini sebagai obat amandel. Caranya pun mudah yaitu hanya dengan mengunyahnya lalu ditelan. Bawang merah memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan, sehingga hal ini akan membantu Anda untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi akibat amandel.

Buah mengkudu

Cara mengobati amandel selanjutnya adalah dengan menggunakan buah mengkudu. Meskipun memiliki rasa dan bau yang tidak enak, kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam buah ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit radang amandel. Caranya, peraslah buah mengkudu yang sudah matang, saring lalu tambahkan madu murni setelah itu minumlah ramuan tersebut secara teratur untuk mengobati amanel yang Anda derita.

Jahe

Sejak zaman dahulu jahe sudah dimanfaatkan sebagai obat. Sama seperti bawang merah, jahe juga memiliki sifat anti inflamasi. Caranya pun sangat mudah, yaitu geprek jahe kemudian seduh dengan air hangat agar memiliki rasa, Anda dapat menambahkan gula atau madu. Minumlah secara teratur hingga radang amandel sembuh.

Kulit manggis

Bahan alami ini juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi hal ini. Dalam memanfaatkan kulit manggis sebagai obat caranya yaitu hanya dengan merebusnya hingga mendidih. Kemudian saring lalu gunakan air rebusan tersebut untuk obat kumur.

Selain menggunakan bahan-bahan alami tersebut Anda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi, konsumsilah makanan yang memiliki tekstur lembut agar tenggorokan tidak sakit, hindari makanan yang memiliki rasa pedas dan panas serta istirahat yang cukup dan minum air putih adalah paling efektif untuk mempercepat penyembuhan amandel.

loading...