Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Siapa yang tidak mengetahui penyakit ini. Asam urat merupakan kondisi di mana seseorang yang memiliki kandungan purin yang berlebih pada tubuhnya. Purin merupakan zat yang terkandung dalam makanan dan juga makluk hidup seperti, jeroan, babat, daging, hati, seafood dan makanan lainnya. Jika dalam tubuh terdapat purin yang berlebih, maka seseorang tersebut pun memiliki kadar asam urat yang tinggi pada tubuhnya. Hal ini menyebabkan ginjal tidak dapat mengeluarkan zat tersebut. Akibatnya menumpuk menjadi kristal di persendian. Baca juga tips menjaga kesehatan ginjal.

Seseorang yang menderita asam urat biasanya memiliki gejala seperti, sendi terasa ngilu,  bengkak dan juga radang. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasi asam urat secara alami.

asammmm

Cara mengatasi asam urat secara alami

Mengurangi atau menghindari makanan yang mengandung zat purin

Seperti yang Anda ketahui asam urat terjadi disebabkan karena zat purin yang terlalu tinggi pada tubuh. Maka dari itu sebaiknya Anda mengurangi hingga menghindari makanan yang mengandung zat purin yang tinggi seperti makanan kaleng, seafood, dendeng, abon, daging dan juga jeroan.

Minum air putih

Selain dapat menghilangkan dahaga, air putih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah untuk mengobati asam urat. Mulailah untuk minum air putih setiap hari secara rutin 8 sampai 9 gelas. Hal ini bertujuan untuk memecah purin dan membantu mengeluarkannya lewat urine. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk melancarkan proses metabolisme tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Mengonsumsi buah ceri

Selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi buah ceri. Kandungan antosianin pada buah ceri dapat mengurangi peradangan dan juga mencegah asam urat kambuh kembali. Tak hanya itu, rasa masam pada buah ceri juga dapat membantu mengatasi asam urat dan membersihkan ginjal karena buah ceri kaya akan antioksidan yang tinggi.

Diet

Obesitas merupakan salah satu penyebab seseorang terkena asam urat. Maka dari itu, jika Anda memiliki berat badan yang berlebih sebaiknya mulailah berdiet untuk mengembalikan bentuk badan ideal Anda. Selama diet, sebaiknya Anda menghindari makanan yang harus dihindari saat diet seperti makanan yang mengandung gula, makanan berkalori tinggi dan juga minuman berkarbonasi.

Nah itulah beberapa cara mengatasi asam urat secara alami. Selain hal di atas, Anda juga harus menerapkan pola makan dan juga gaya hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit lain. Semoga bermanfaat :)

loading...